Toksoplasmosis dan Kehamilan Bersama Dr. Mintareja Teguh, dr., SpOG(K)

Hawa

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

 

tanya doc 1

 

 

            Penyebab toksoplasmosis adalah Toxoplasma gondii, suatu spesies protozoa yang paling banyak ditemukan pada manusia. Parasit ini termasuk parasit zoonosis yang dapat hidup di dalam tubuh berbagai jenis hewan dan dapat menular ke manusia.

 

135 HAWA-Toksoplasmosis dan Kehamilan Bersama Dr. Mintareja Teguh, dr., SpOG(K)-2

 

Upaya pencegahan terhadap infeksi Toxoplasma gondii melibatkan sistem imun yang kompleks, spesifik dan non spesifik.  Pada sekitar tahun 1940 antibodi humoral yang ditemukan ternyata dapat membunuh takizoit Toxoplasma gondii yang berada ekstraseluler, tetapi tidak mampu memberantas takizoit yang intraseluler.

Terdapat tiga bentuk atau stadium Toxoplasma gondii, yaitu stadium takizoit, stadium bradizoit yang di dalam jaringan akan membentuk kista dan stadium sporozoit yang terbentuk di dalam ookista yang terdapat di dalam usus kucing dan hanya dikeluarkan oleh kucing melalui tinjanya. 

 

135 HAWA-Toksoplasmosis dan Kehamilan Bersama Dr. Mintareja Teguh, dr., SpOG(K)-4

 

Toksoplasmosis terjadi karena penderita tertelan kista Toxoplasma gondii yang terdapat di dalam daging hewan yang tidak dimasak dengan matang, makanan yang tercemar ookista atau terpapar langsung dengan tinja kucing yang mengandung ookista. Infeksi dengan Toxoplasma umumnya tidak menunjukkan gejala (asimtomatik), meskipun kadang-kadang sesudah melewati masa inkubasi selama 5-18 hari sebagian orang yang terinfeksi menunjukkan gejala atau keluhan mirip flu disertai adanya pembesaran kelenjar limfe atau mengeluh sakit otot dan nyeri berlangsung selama 1 bulan atau lebih. Toksoplasmosis yang berat umumnya terjadi pada penderita yang sistem imun tubuhnya lemah, meskipun pada orang dengan sistem imun yang normal dapat terjadi toksoplasmosis berat.

Sekitar sepertiga ibu hamil yang terinfeksi toksoplasmosis akan menularkan infeksinya (infeksi vertikal) pada janin yang dikandungnya. Jika infeksi terjadi pada trimester pertama kehamilan, sekitar 10-15% janin akan terinfeksi, 25% pada trimester ke dua dan infeksi toksoplasmosis pada trimester ke tiga akan menyebabkan penularan janin sekitar 60%.

 

135 HAWA-Toksoplasmosis dan Kehamilan Bersama Dr. Mintareja Teguh, dr., SpOG(K)-3

 

Makin dini terjadi infeksi toksoplasmosis pada kehamilan, makin berat infeksi yang diderita oleh janin akibat terjadinya gangguan pada proses organogenesis. Bayi yang dilahirkan oleh ibu yang mengalami infeksi toksoplasmosis pada trimester ke tiga pada umumnya menunjukkan gambaran kelahiran bayi normal dan baru sesudah beberapa bulan atau beberapa tahun kemudian terlihat manifestasi klinis akibat infeksi toksoplasmosis.

 

Pengobatan Ibu Hamil Penderita Toksoplasmosis

            Rekomendasi WHO untuk pengobatan ibu hamil dengan infeksi akut toksoplasmosis adalah:

  • Sampai akhir minggu ke-20 kehamilan , berikan 9 juta unit spiramisin oral per hari selama 4 minggu, sesudah 4 minggu regimen ini diulangi
  • Sesudah minggu ke-20 kehamilan, sulfadiazin dengan dosis 1000 mg/hari diberikan selama 4 minggu dikombinasi dengan pirimetamin 25 mg/hari dan asam folat 10 mg/minggu. Sesudah istirahat selama 4 minggu regimen ini diulangi.
  • Antara masa kehamilan minggu ke-20 sampai saat persalinan, sebanyak maksimum tiga siklus pengobatan dapat diberikan.

 

135 HAWA-Toksoplasmosis dan Kehamilan Bersama Dr. Mintareja Teguh, dr., SpOG(K)-1

 

Perempuan dan Toksoplasmosis

Setelah mengetahui tentang toksoplasmosis, anda dapat lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan agar tidak tertular. Bagi perempuan yang sedang mengandung, pemeriksaan dapat segera dilakukan. Namun, seringkali, masih terdapat pertanyaan, seperti : siapakah yang beresiko tinggi terkena toksoplasmosis, benarkah berdekatan dengan kucing berpengaruh terhadap toksoplasmosis, benarkah apabila sering bermain dengan kucing dan terinfeksi toksoplasma menyebabkan penurunan kemungkinan untuk hamil, benarkah toksoplasmosis menyebabkan peningkatan kemungkinan keguguran, adakah pencegahan toksoplasmosis yang direkomendiskan, dan sebagainya. Anda dapat menanyakannya kepada saya.

 

Buat wanita Indonesia yang belum memiliki HAWA, yuk segera unduh ke handphone kalian masing-masing.

 

tanya doc 1

 

 

 

Hawa

Dapatkan berbagai info tentang wanita dengan mengunduh HAWA SEKARANG!!!

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

Apabila Sahabat Hawa menyukai Artikel ini, Mohon di share!

Salam Cinta : HAWA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s