Keputihan (LEUKORE) Bersama Dr. Mintareja Teguh, dr., SpOG(K)

Scroll down to content

Hawa

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

 

 

tanya doc 1

 

 

Pengenalan Keputihan

Keputihan adalah suatu keluhan berupa pengeluaran cairan dari saluran kelamin wanita yang berlangsung lama, berulang, bernanah, berdarah sewaktu, berbau dan dirasakan sakit-nyeri serta gatal.

Seluruh permukaan saluran kelamin wanita mempunyai kemampuan untuk mengeluarkan cairan berupa lendir jernih, tidak berbau busuk dan tidak berwarna namun ketika jadi gangguan, dan mengeluarkan cairan yang tidak sesuai kriteria tersebut, terjadilah keputihan.

 

154 HAWA-KEPUTIHAN (LEUKORE) Dr. Mintareja Teguh, dr., SpOG(K)-2

 

Cairan ini mempunyai banyak kegunaan, diantaranya yang penting adalah:

  • Mempertahankan rongga saluran kelamin wanita dengan mencegah perlekatan.
  • Mencegah infeksi dengan berbagai cara seperti kekentalan, keasaman, aliran kekebalan.
  • Mendukung peristiwa pembuahan dan nidasi pada proses reproduksi manusia.
  • Mencegah perlukaan dan rasa nyeri pada sanggama.

 

 

Keputihan alamiah,

misalnya dapat ditemukan pada: bayi wanita selama sepuluh hari pertama, anak wanita sekitar awal haid (menarke), wanita dewasa bila mengalami pacuan emosi (terutama emosi seksual), pacuan fisik berupa penekanan dan getaran (sanggama, senam panggul dan lain-lain).

 

154 HAWA-KEPUTIHAN (LEUKORE) Dr. Mintareja Teguh, dr., SpOG(K)-3

 

Keputihan oleh penyakit

dikenal 4 jenis penyakit penyebab keputihan, yaitu: infeksi saluran kelamin wanita (cairan keputihan akan terdiri dari pengeluaran lendir yang berlebihan, mengandung jasad renik beserta bangkainya dan jaringan saluran kelamin yang rusak); perlukaan jalan lahir (cairan keputihan berupa pengeluaran lendir berlebihan, mengandung sel darah putih disertai bagian jaringan yang rusak); tumor/kanker saluran kelamin wanita (cairan keputihan merupakan pengeluaran lendir yang berlebihan, mengandung sel darah putih, jaringan yang rusak dan sel darah merah, perdarahan merupakan satu ciri kanker saluran kelamin wanita); kelainan bawaan saluran kelain wanita (cairan keputihan terdiri dari lendir berlebihan yang bercampur dengan air kemih atau kotoran/feses).

 

Pengenalan Cara Pemeriksaan Keputihan

            Pemeriksaan pada wanita degan keluhan keputihan tertuju kepada 3 penetapan yaitu:

  1. Menentuntukan jenis penyakit sebagai penyebab
  2. Lokalisasi saluran kelamin yang terkena penyakit disertai beratnya kerusakan jaringan terkena
  3. Pengaruh penyakit pada jaringan sekitarnya, keadaan umum dan perincian keluhan subjektif wanita tersebut.

 

154 HAWA-KEPUTIHAN (LEUKORE) Dr. Mintareja Teguh, dr., SpOG(K)-1

 

Penyebab Keputihan

Keputihan dapat ditimbulkan oleh hal-hal yang alamiah maupun oleh penyakit. Hal yang biasa bila sesudah sanggama, sebelum atau sesudah haid, timbul keputihan yang ringan, Keputihan ini akan hilang dalam beberapa jam atau hari tanpa keluhan apapun. Berbagai penyakit menahun atau kecapaian yang terus menerus, dapat melemahkan tubuh dan menyebabkan keluarnya keputihan, yang kadang-kadang banyak. Gadis dalam masa pertumbuhan karena pembentukan hormonnya sedang disesuaikan dengan pertumbuhan tubuhnya, dapat pula mengeluh keputihan, pemakaian alat kontrasepsi berupa IUD (spiral) juga dapat menyebabkan keputihan.

Kandidiasis merupakan penyebab keputihan paling sering (± 40%), cairan yang keluar biasanya kental berwarna putih seperti susu dan disertai rasa gatal yang hebat pada alat kelamin. Pengobatannya adalah nistatin dan ketokonazol yang diberikan selama 7-10 hari.

 

 

154 HAWA-KEPUTIHAN (LEUKORE) Dr. Mintareja Teguh, dr., SpOG(K)-4

 

 

Keputihan yang disebabkan parasit (Trichomonas vaginalis) cairan keputihan yang keluar biasanya banyak, menyerupai air sabun dan berbau apak, rasa gatal yang timbul tidak seberapa, akan tetapi liang vagina biasanya tampak merah dan nyeri bila ditekan, warnanya mungkin menjadi abu-abu atau hjau muda sampai kuning. Untuk pengobatan trikooniasis vagina diberikan metronodazol selama 7 hari.

 

Setelah mengetahui keputihan, anda telah mengetahui penyebab dan jenis penyebab keputihan. Namun, seringkali banyak pengetahuan yang beredar di tengah-tengah masyarakat dan seringkali belum tentu benar. Ada kepercayaan yang beredar seperti tentang makanan tertentu dapat menyebabkan keputihan, kegiatan tertentu dapat menyebabkan keputihan, keputihan adalah tanda ketidaksuburan, dan sebagainya. Anda dapat menanyakan kepada saya hal-hal terkait keputihan

 

tanya doc 1

 

Buat kamu yang belum memiliki HAWA di handphone kamu dan ingin bertanya langsung ke para dokter, yuk segera unduh HAWA ke handphone kamu msing-masing.

 

 

 

Hawa

Dapatkan berbagai info tentang wanita dengan mengunduh HAWA SEKARANG!!!

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

Follow HAWA di Twitter @hawaapp ,Instagram @hawaku Dan @hawavideo ,Facebook Hawa – Aplikasi Wanita, website http://www.hawaku.com

Salam Cinta : HAWA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: