Tanya Jawab Bersama Dr. Meike: Penjelasan Pap Smear, HSG, dan IVA

Hawa

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

 

DR MEIKE

 

 

Bicara soal kesehatan perempuan dan menstruasi memang tidak ada habisnya ya Sahabat Hawa, begitu juga dengan informasi kesehatan yang satu ini, pap smear. Setelah HAWA memberikan beberapa artikel seputar pap smear yang ditinjau oleh dr. Meike. Nah, berikut ini adalah 3 jawaban yang dijawab oleh dr. Meike. Selamat menyimak!

 

 

  • Saya tahunya kalau pap smear dilakukan per-6 bulan sekali. Nah, bagaimana kalau melakukan pap smear tidak teratur dan lompat-lompat? (Misalnya, setelah 2 tahun):

Pap smear disarankan untuk perempuan berusia 21-65 tahun yang sudah melakukan aktivitas seksual. Pada saat ini di Indonesia masih disarankan untuk melakukan Pap Smear 1 tahun sekali, namun di beberapa negara maju seperti Amerika, Australia, dan beberapa negara di Eropa sudah mengeluarkan rekomendasi terbarunya yaitu setiap 3 tahun sekali atau jika Pap Smear dilakukan bersama HPV Test dan kedua hasilnya normal. Pap Smear bisa dilakukan setiap 5 tahun sekali untuk perempuan berusia 30-65 tahun. Penelitian mereka menemukan bahwa pemeriksaan setiap tahun terlalu berlebihan dan lebih mempunyai dampak negatif daripada positifnya.

 

 

169 HAWA-Tanya Jawab Bersama Dr. Meike Penjelasan Pap Smear, HSG, dan IVA-3

 

 

 

  • Apakah prosedur pap smear dan HSG sama? Apa perbedaannya ya dokter?

Pap smear adalah pemeriksaan apusan pada mulut rahim (serviks) yang tujuannya mendeteksi dini jika ada perubahan pada sel-sel yang disebabkan oleh kanker.

HSG (Histerosalfingografi) adalah pemeriksaan radiologi yg bertujuan untuk melihat bentuk rahim, saluran tuba dan melihat ada tidaknya sumbatan pada Tuba Fallopii yang akan dilewati oleh sel telur yang matang menuju rahim.

Keduanya adalah pemeriksaan yang berbeda dari mulai cara dan tujuanya.

 

169 HAWA-Tanya Jawab Bersama Dr. Meike Penjelasan Pap Smear, HSG, dan IVA-2

 

 

 

  • Apakah pemerikasaan IVA itu dok? Apakah sama dengan pap smear. Mohon dijelaskan lebih lengkap ya dokter. Terima kasih

IVA adalah test yang tujuannya sama dengan Pap Smear yaitu untuk melihat ada tidaknya lesi pre kanker di mulut rahim. Namun tes IVA ini jauh lebih sederhana yaitu hanya dengan meneteskan cairan cuka ke mulut rahim lalu dilihat ada tidaknya perubahan penampakan secara signifikan. Tes ini diperuntukkan untuk dilakukan di daerah-daerah terpencil dimana fasilitas untuk melakukan Pap smear tidak ada.

 

169 HAWA-Tanya Jawab Bersama Dr. Meike Penjelasan Pap Smear, HSG, dan IVA-1

 

Yuk buat Sahabat Hawa yang ingin bertanya langsung ke para dokter ahli join yuk di sosialita HAWA. yang belum memiliki HAWA, yuk buruan unduh ke handphone kamu masing-masing.

 

DR MEIKE

 

 

 

 

Hawa

Dapatkan berbagai info tentang wanita dengan mengunduh HAWA SEKARANG!!!

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

Follow HAWA di Twitter @hawaapp ,Instagram @hawaku Dan @hawavideo ,Facebook Hawa – Aplikasi Wanita, website http://www.hawaku.com

Salam Cinta : HAWA

Satu pemikiran pada “Tanya Jawab Bersama Dr. Meike: Penjelasan Pap Smear, HSG, dan IVA

  1. Mlm dok sy mau nanya temen sy pernah melakukan pap smear tp hasilnya tidak terditeksi dan harus melakukan pap smear ulang…apakah itu di bolehkan dan tidak berbahaya..?? Dan apa sebab tidak terditeksi..trimakasih sebelum nya dok

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s