Infertilitas Bersama Dr. dr. Mintareja Teguh, SpOG(K)

Hawa

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

 

tanya doc 1

 

 

173 HAWA-Infertilitas Bersama Dr. dr. Mintareja Teguh, SpOG(K)-4

 

            Di Indonesia tercatat 10-20% pasangan infertil.Semakin berkembang dan majunya ilmu dan teknologi kedokteran, kini sebagian besar penyebab infertilitas (ketidaksuburan) telah dapat diatasi dengan pemberian obat atau operasi. Sebagian lagi ternyata perlu ditangani dengan teknik rekayasa reproduksi atau yang dikenal sebagai teknik reproduksi yang dibantu (ART: Assisted Reproduction Techniques) yaitu inseminasi buatan, pembuahan buatan seperti tandur-alih gamet intra-tuba (TAGIT), tandur-alih zigot intra-tuba (TAZIT), tandur-alih pronuklei intra-tuba (TAPIT), In Vitro Fertilitation (IVF), suntik spermatozoa intra-sitoplasma (SSIS) atau dengan rekayasa reproduksi yang terbaru yaitu pertunasan (cloning). IVF (pembuahan dalam tabung) atau sering disebut sebagai bayi tabung merupakan salah satu teknik teknik hilir pada penanganan infertilitas.

Kesuburan (Fertilitas)

            Kesuburan (fertilitas) disebabkan oleh :

  1. Suami dapat menghasilkan sperma (spermatozoa, sel benih pria) dengan kualitas, kuantitas dan gerakan yang baik.
  2. Istri dapat menghasilkan sel telur yang sehat.
  3. Sperma dapat disampaikan ke dalam vagina pada waktu sanggama sehingga dapat membuahi sel telur yang baru dikeluarkan

Mengatur sanggama itu penting, karena sel telur hanya hidup selama 12-24 jam dan sperma dapat hidup dalam rahim selama 7 hari. Setelah sel telur dan sperma itu membentuk suatu senyawa (pembuahan), hasil persenyawaan itu akan tumbuh pesat menjadi banyak sel, yang pada waktu tertentu sudah sampai ke dalam rongga rahim untuk kemudian bertanam diri di dalam selaput lendir rahim (endometrium).

 

173 HAWA-Infertilitas Bersama Dr. dr. Mintareja Teguh, SpOG(K)-5

 

 

Kekurangsuburan (Infertilitas) Suami dapat disebabkan oleh:

  1. Ketidakmampuan suami untuk menyampaikan sel sperma ke depan mulut leher rahim akibat impotensi atau ejakulasi dini (cepat keluar) dan juga karena adanya kelainan bentuk penis.
  2. Sumbatan saluran yang sperma, yang dapat disebabkan oleh infeksi atau penyakit yang ditularkan lewat sanggama.
  3. Kelainan gerakan sperma, dapat disebabkan oleh infeksi kelenjar prostat menahun, air mani terlampau pekat atau terlalu encer, bahkan beberapa obat penenang
  4. Kelainan produksi dan pematangan sperma yang dapat disebabkan oleh infeksi pada masa remaja seperti gondongan, buah pelir tidak turun semestinya, faktor lingkungan seperti ; Kebiasaan mandi sauna (lingkungan panas yang menganggu produksi sperma), juga obat-obatan
  5. Faktor lain yang dapat mengganggu kesuburan suami adalah gizi kurang baik atau kesehatan umum kurang baik. (Kurang vitamin C, E, dan zat seng (Zn)
  6. Penyebab yang tidak dapat diterangkan.

 

173 HAWA-Infertilitas Bersama Dr. dr. Mintareja Teguh, SpOG(K)-3

 

 

Kekurangansuburan (Infertilitas) Isteri dapat disebabkan oleh:

  1. Kelainan lendir leher rahim.
  2. Kelainan bentuk rahim
  3. Sumbatan saluran telur yang menghambat bertemunya sel telur dengan sperma.
  4. Endometriosis (selaput lendir rahim yang tumbuh pada tempat yang tidak semestinya, yaitu di luar rongga rahim) dapat menimbulkan sumbatan atau perlengketan di sekitar saluran telur.
  5. Kelainan endokrin ; Ovulasi (pengeluaran/menetasnya sel telur) secara tidak teratur ,  datang bulan tidak teratur akibat gangguan indung telur, kelenjar anak ginjal (adrenal), kelenjar gondok (tiroid), kelenjar hipofisis atau hipothalamus.
  6. Adanya faktor-faktor lain, seperti terlampau kurus atau terlampau gemuk, keadaan gizi buruk, infeksi kuman mikoplasma dan klamidia.

 

173 HAWA-Infertilitas Bersama Dr. dr. Mintareja Teguh, SpOG(K)-2

 

 

Kekurangsuburan dapat juga disebabkan oleh ke dua belah pihak, seperti:

  1. Reaksi imunologi (kekebalan). Adanya zat anti sperma pada suami ataupun isteri dapat menyebabkan penggumpalan dan gangguan pergerakan sperma.
  2. Kurang pengetahuan, pasutri tidak tahu bagaimana melakukan sanggama, tidak tahu tentang hari-hari subur isteri, tidak tahu seberapa seringnya melakukan sanggama.

 

 

173 HAWA-Infertilitas Bersama Dr. dr. Mintareja Teguh, SpOG(K)-1

 

 

Mengetahui Infertilitas

Anda telah membaca pengetahuan tentang ketidaksuburan. Setelah mengetahui penyebabnya, Anda dapat lebih aktif dalam menganalisa penyebab ketidaksuburan atau dapat datang ke dokter dan menyampaikan keluhan dengan baik dan benar. Namun, seringkali masih terdapat berbagai pernyataan tentang infertilitas seperti ; siapa yang berisiko mengalami infertilitas, bagaimana mengatasi infertilitas, benarkah posisi senggama yang salah dapat menyebabkan infertilitas, benarkah makanan tertentu dapat menyebabkan infertilitas,  benarkah hamil di usia tua berisiko mengalami infertilitas, dan sebagainya.

Infertilitas seringkali menjadi ketakutan tersendiri yang dihadapi banyak pasangan di Indonesia dan meskipun telah disampaikan berbagai jenis pengetahuan terkait penyebabnya, tidak banyak hal bisa terjawab secara medis. Anda dapat menanyakan berbagai pengetahuan yang diketahui secara umum atau secara turun-temurun kepada saya.

 

tanya doc 1

 

Yuk buat kamu wanita indonesia yang ingin bertanya langsung ke dokter ahli mengenai masalah kamu, jangan mau ketinggalan ya. buruan unduh HAWA ke ponsel kamu.

 

 

Hawa

Dapatkan berbagai info tentang wanita dengan mengunduh HAWA SEKARANG!!!

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

Follow HAWA di Twitter @hawaapp ,Instagram @hawaku Dan @hawavideo ,Facebook Hawa – Aplikasi Wanita, website http://www.hawaku.com

Salam Cinta : HAWA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s