Tanya Jawab Seputar Mertua Bersama Ria Miranda

Scroll down to content

Hawa

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

 

181 HAWA-Tanya Jawab Seputar Mertua Bersama Ria Miranda-1

 

  1. Saya mau tanya kalau mertua selalu ikut campur bagaimana?

Jawab:

Ikut campurnya dalam hal apa dulu? Jika itu dalam urusan internal keluarga, ada baiknya dikomunikasikan kepada suami, dan menjelaskan bahwa sebaiknya hanya kita dan suami yang handle, langkah itu bisa dilakukan jika kamu merasa tidak enak berbicara langsung pada suami. Namun jika ikut campur dalam urusan teknis rumah tangga, aku rasa seharusnya kita yang perlu mengevaluasi diri, jangan-jangan kita yang tidak mau mendengarkan nasihat-nasihat beliau. Jadi, dilihat dulu saja maksud dari ikut campurnya bagaimana, karena kita juga bisa banyak belajar dari mertua kita loh sebab beliaulah yang lebih mengetahui suami terlebih dahulu dibanding kita. Semoga membantu.

 

 

  1. Kalau kita masih segan bagaimana solusinya? Kalau kita tinggal dirumah saudara pasangan, pasti kita merasa segan mau ini mau itu.

Jawab:

Solusinya tidak lain yaitu memberikan pemahaman kepada suami bahwa memilih tinggal mandiri menjadi solusi terbaik. Mungkin kendalanya datang dari faktor financial dsb, namun kita sebagai istri harus yakin bahwa dengan niat baik langkah kita juga akan dimudahkan Allah, dengan tetap menjalin silaturahim.

 

 

  1. Cara mengambil hati calon mertua supaya mereka menyukai kita bagaimana mbak?

Jawab:

Jangan dibuat-buat, jadilah diri sendiri dengan terus belajar bagaimana menjadi calon menantu yang baik. Mulailah melakukan pendekatan dengan bertanya hal-hal seputar rumah tangga, misalnya bagaimana mengatasi kesibukan kegiatan rumah tangga, bagaimana prosesnya, atau bisa menanyakan resep sampai dengan belajar masak bersama. Dari situ sang calon mertua bisa melihat kesungguhan kita untuk menjadi calon istri yang baik bagi anaknya.

 

 

  1. Kak Ria Miranda bagaimana cara mencuri hati mertua? Harus bagaimana berbicara dan kumpul bareng mertua? Bagaimana agar kita bisa nyaman kalau tinggal bareng mertua?

Jawab:

Sama kaya diatas. Tambahan : agar nyaman tinggal bersama mertua, kita harus bisa mengikuti permainan, maksudnya kita yang harus paham bagaimana sifat dan kebiasaan sang ibu mertua. Sehingga kita bisa memulai menganalisa bagaimana seharusnya kita bersikap, hal ini penting juga didiskusikan dengan suami agar tidak ada kesalahpahaman kedepannya.

 

 

  1. Mertuaku sebenarnya baik mbak Ria, tapi beliau dingin dan cuek. Kadang bingung memposisikannya bagaimana? Karena saya dulu mantan asisten dokter, nah beliau yang jadi dokternya. Aku kerja di tempat praktek, ternyata anaknya kecantol sama aku. Nah sekarang aku tetap kerja ditempat praktek, tapi perasaan sama aja jadi mantu maupun jadi asisten. Tak kira semuanya akan lebih baik, eh ternyata flat gitu saja. Bagaimana supaya perasaan canggung itu hilang?

 

181 HAWA-Tanya Jawab Seputar Mertua Bersama Ria Miranda-2

Jawab:

Justru saya lihat disini banyak kesempatan yang bisa dilakukan mba Novi agar hubungan kalian tidak flat. Banyak bahan pembicaraan yang bisa kalian perbincangkan karena sama2 dari background kesehatan. Jika memang sifat ibu mertua cuek, mulailah dengan membiasakan diri menerima hal tsb dan tidak berekspektasi secara berlebihan. Namun, saya yakin pasti ada salah komunikasi sehingga terasa datar2 saja. Cobalah memahami keinginan beliau, dan mengetahui kapan saja waktu senggang beliau. Bisa saja beliau terlalu capek dalam bekerja, sehingga kamu bisa ajak dia spa bareng, dll.

 

 

  1. Mbak bagaimana menghadapi mertua yang mau menang sendiri dan suka memanfaatkan kebaikan saya?

Jawab:

Hmmm Mertua itu adalah orang tua kita juga, bersikaplah positif thinking atau kalau memang sudah kelewat batas coba ajak jalan dan makan bersama terus sharing deh curhat dengan bahasa yang sopan dan halus supaya nggak menyinggung perasaannya. Sering2 kasih hadiah, karena itu ungkapan sayang juga.

 

 

  1. Saya sudah 4 tahun ikut mertua tapi mertua selalu pilih kasih terhadap menantu yang satu dengan yang lainnya. Bagaimana cara menghadapinya? Saya biasanya sih cuek tapi terkadang rasa iri pasti ada.

Jawab:

Sebagai manusia kita pasti punya kelebihan dan kekurangan dibanding orang lain. Jika tujuannya ingin mengambil hati mertua itu bisa diusahakan dengan cara yang baik, misalnya saja kita bisa melihat kelebihan menantu lainnya, bisa saja memang mereka lebih perhatian kepada mertua maka perbaiki lah sikap kita terhapad mertua dengan berkaca pada kelebihan orang lain. Jangan merasa dibanding2kan, karena lumrah jika perbandingan itu ada. Yang terpenting disini, tunjukkan kelebihanmu kepadanya dan lakukan itu dengan tulus.

 

 

  1. Mertuaku tinggalnya di Riau sedangkan aku di Jawa. Sudah lama tidak telfon-telfonan, mau telfon rasanya canggung. Tidak tau mau ngomong apa, tidak punya topic. Gimana ya biar hubunganku dan mertua lebih baik?

Jawab:

Perbaiki komunikasi, mulailah dari sekarang menelpon beliau. Dan jangan lupa kirimkan hadiah2 kecil namun berkesan untuk beliau, misalnya gambar cucunya yang dibuat khusus utk beliau, ataupun hadiah2 untuk kebutuhan beliau.

 

 

  1. Bagaimana sikap kita ketika berada dirumah mertua kita kadang masih suka canggung padahal kalau dipikir mereka sudah menjadi orang tua kita sendiri.

Jawab:

Semua ada prosesnya, awal2 menikah pasti kita akan banyak beradaptasi. Nikmati saja prosesnya, namun kita harus pandai mengerti aturan main dirumah ibu mertua sehingga kita tidak salah dalam bersikap. Mulailah menganggap beliau sbg ibu kita sendiri, berceritalah jika ada sesuatu yang harus didiskusikan, dan berbagi kebahagiaanlah jika ada sesuatu yang membuat anda dan keluarga senang

 

 

  1. Aku juga tinggal sama mertua yang sudah sakit-sakitan, suamiku juga kerja diluar kota, terlebih belom dikasih momongan. Masih merasa canggung, bagaimana solusinya?

 

181 HAWA-Tanya Jawab Seputar Mertua Bersama Ria Miranda-3

Jawab:

Rawatlah beliau sepenuh hati, dan jangan lupa terus beri kabari suami jika ada sesuatu yang tidak bisa diselesaikan sendiri. Ketulusan merawat mertua bisa menjadi ladang pahala yang mungkin Allah bukakan untuk jalan mendapat sang buah hati, terus berhusnudzan kepada takdirNya. Semoga itu membantu meringankan beban yang ada dalam pikiran.

 

 

  1. Bagaimana dengan mertua yang tadinya memang tidak setuju. Aku udah berusaha bersikap baik sama mereka (ibu dan bapak) tapi mereka menganggap aku orang lain.

Jawab:

Itu adalah sebuah batu yang harus pelan2 kita pindahkan karena menghalangi jalan kita lurus kedepan. Jika batunya berat, pindahkan perlahan jika perlu mintalah bantuan kepada orang lain agar batu itu terangkat. Hal tsb adalah analogi bagaimana menyikapi masalah2 kita. Teruslah berbuat baik, teruslah husnudzan sama Allah. Teruslah bersikap bahwa mereka adalah orang tua kita sendiri. Lambat laun wujudkanlah segala rencana2 yang kita sudah susun bersama dengan suami untuk mengajak mertua jalan2 atau makan bersama.

 

 

  1. Mertua saya baik kak, tapi saya benar-benar bingung kalau mau telponan sama beliau karena saya bingung apa harus saya bicarakan. Jadi saya jarang telfon ibu mertuaku itu. Tolong masukannya ya kak.

Jawab:

Kadang kita tidak pernah tahu jika kita tidak benar2 mencobanya. Mulailah bertahap, beri patokan menit bicara. Minggu pertama sekian menit dengan topik ini, selanjutnya baru ditingkatkan. Saya yakin akan jadi langkah awal yang baik untuk mengetahui seperti apa pembicaraan yang disukai mertua anda.

 

 

  1. Mertua aku terlalu banyak mengatur dan ikut campur, sampai-sampai melarang punya anak dulu. Sampai sekarang udah 2 bulan nikah kita jarang ketemu. Karena setiap ketemu dia selalu nuntut ini itu, bagaimana cara mengatasinya ya kak? Kalau ketemu canggung.

Jawab:

Semoga mertua kamu selalu dilindungi Allah. Untuk hal ini, langkah utama yaitu doa agar senantiasa hidayah Allah terus tercurah kepada orang2 terdekatmu. Langkah nyatanya, cobalah mulai memberikan atmosfir agar beliau kangen cucu. Misalnya saja, ajak beliau main ke mall dan sengaja lihat2 ke bagian toko bayi, bisa juga dengan memberikan cerita2 indah mengenai bahagianya jika keluarga dianugerahi anggota mungil yang lucu, atau mungkin juga bisa dilakukan beberapa pendekatan dengan diskusi beserta suami.

Sering kali menantu kewalahan mengatasi kemauan mertua, cobalah untuk menyiapkan stamina mengatasi hal tsb dari mental kita. Persiapkan segalanya, apa yang biasa beliau mau ubah, ubah lah dahulu sesuai keinginannya. Setelah itu bisa dibicarakan dengan suami bahwa sebaiknya kalian mengambil langkah dengan beberapa pendekatan personal ataupun melaui beberapa mediator.

 

 

  1. Bagaimana cara memulai kalau lagi berdua biasanya diem-dieman aja, terus ingin sekali menyenangkan mertua. Bagaimana ya?

Jawab:

Mulailah pembicaraan yang ringan dulu, bangkitkan suasana sampai cair. Mungkin karena belum dicoba jadi ada saja asumsi bahwa mertua tidak suka pada kita. Mulailah koreksi hati dulu, setelah itu baru memulai pembicaraan. Jangan terlalu dibuat-buat agar semua yang keluar dari mulut kita bisa dirasakan oleh sang mertua dengan tulus.

 

 

  1. Bagaimana dengan mertua yang mendoakan kami anak mantunya hidup miskin dan mendewakan anaknya yang lebih beruntung dalam hal apapun. Saya hanya kasian kepada suami saya diperlakukan demikian.

 

181 HAWA-Tanya Jawab Seputar Mertua Bersama Ria Miranda-4

Jawab:

Anggaplah itu sebagai doa yang insyaAllah sebaliknya terjadi. Selalu dorong suaminya agar itu sebagai cambuk positif supaya bisa membuktikan bahwa doanya sebagai semangat. Selalu ambil positifnya, karena kalau kita malah ikutan down itu nggak aka nada manfaatnya sama sekali. Kita sebagai anak juga harus bisa memberi masukan ke orang tua agar tidak memperlakukan anak mantunya seperti itu. Pelan pelan tapi sering tanpa menyinggung perasaannya.

 

181 HAWA-Tanya Jawab Seputar Mertua Bersama Ria Miranda-1

 

Yuk Buat Sahabat Hawa yang ingin juga bertanya langsung kepada Ria Miranda, langsung saja ke sosialita ya. buat kamu Sahabat Hawa yang belum memilki HAWA di handphone kamu, buruan jangan mau ketinggalan ya segera unduh HAWA di GooglePlay Store.

 

 

Hawa

Dapatkan berbagai info tentang wanita dengan mengunduh HAWA SEKARANG!!!

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

Follow HAWA di Twitter @hawaapp ,Instagram @hawaku Dan @hawavideo ,Facebook Hawa – Aplikasi Wanita, website http://www.hawaku.com

Salam Cinta : HAWA

2 Replies to “Tanya Jawab Seputar Mertua Bersama Ria Miranda”

  1. Siang mba ,, sy tnggl bersama mertua dan sdh mempunyai 1 org anak, sdh hmpir 3thn mba tp sy mrsa canggung krn kami tnggl brsama kk serta suami dan ankny jg .. bagaimana menyikapi smuany yg trkdng merasa serba salah .. dan kagok utk diam drmg

    Suka

  2. Selamat sore mba, saya mau bertanya bagaimana menghadapi mertua yg suka sedikit” WA atau tlpn ke saya dan suami menanyakan anaknya misalnya “lagi dimana? Kemana? Udh pulang blm? Dll. Hampir setiap hari dia WA saya dan suami.. dan menanyakan kabar suami saya. Apa bila suami druma pasti disuruh” apa saja untuk krumahnya. Dan waktu kita bukan madu ke hotel pun di datengin (untuk anter baju) tapi setelah itu tidur dan berbincang di hotel.
    Sampai skrng seperti ini, sebenarnya mertua saya baik sekali orangnya, tpi seperti ini . Saya ga masalah tapi ko setekah kelamaan saya merasa aneh dan ga nyaman. Saya merasa seperti orang masi pacaran.
    Bagaimana cara saya mengatasinya mba? Mohon bantuannya..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: