Pengaruh Musik terhadap Otak Bagian I

Hawa

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

 

185 HAWA-Pengaruh Musik terhadap Otak Bagian I-1

 

 

Sahabat Hawa, pernahkah kamu melihat ibu hamil meletakkan headset diperutnya? Atau bagi kamu yang sudah menjadi young mom, apakah kamu pernah melakukannya? Apa sih tujuan kamu melakukannya? Mungkin beberapa orang akan merasa hal tersebut adalah tindakan yang aneh, tetapi beberapa orang melakukannya dengan harapan calon bayi akan terlahir dengan kondisi otak yang cerdas.

 

185 HAWA-Pengaruh Musik terhadap Otak Bagian I-2

 

 

Yang perlu Sahabat Hawa tahu adalah musik dapat menstimulasi otak manusia loh. Sampai sekarang penelitian mengenai musik dan otak masih terus dilakukan. Otak bertanggung jawab atas berbagai hal, seperti kemampuan kognitif, afektif, maupun tingkah laku manusia. Oleh karena itu pengaruh musik terhadap otak kemudian juga bisa memengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan manusia.

 

185 HAWA-Pengaruh Musik terhadap Otak Bagian I-4

 

 

Banyak area di otak yang teraktivasi ketika mendengar musik. Menurut Daniel Levitin, penulis buku This is your brain on music: The science of a human obsession, menjelaskan bagian-bagian otak yang teraktivasi ketika mendengarkan musik. Bagian otak yang jelas teraktivasi adalah bagian otak yang disebut auditory cortex karena musik merupakan suara dan suara tersebut dipersepsikan dan diolah oleh otak agar dapat dipahami. Bagian otak lain yang disebut amygdala, bertanggung jawab terhadap reaksi emosi seseorang ketika mendengarkan musik.

 

185 HAWA-Pengaruh Musik terhadap Otak Bagian I-3

 

 

Bagian otak yang disebutsensory cortex bertanggung jawab untuk gerak tubuh secara sengaja maupun tidak sengaja ketika mendengarkan musik, seperti menari mengikuti irama atau mengetukkan kaki. Sensory cortex juga teraktivasi ketika seseorang bermain alat musik, mengingat bermain alat musik juga membutuhkan kemampuan taktil dari tubuh. Tubuh yang bergerak ketika mendengarkan musik atau bermain alat musik juga mengaktivasi cerebellum atau otak kecil yang bertanggung jawab terhadap kontrol tubuh.

 

185 HAWA-Pengaruh Musik terhadap Otak Bagian I-5

 

 

Bagian otak yang disebut dengan Hippocampus juga teraktivasi karena manusia berusaha mengingat musik yang didengarkan atau dimainkan. Sementara bagian otak yang disebut Visual cortex teraktivasi ketika membaca partitur ketika bermain musik. Bagian-bagian otak yang diaktivasi oleh musik ini membuktikan bahwa hampir seluruh bagian otak bekerja ketika mendengarkan atau bermain alat musik.

 

 

 

Hawa

Dapatkan berbagai info tentang wanita dengan mengunduh HAWA SEKARANG!!!

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

Follow HAWA di Twitter @hawaapp ,Instagram @hawaku Dan @hawavideo ,Facebook Hawa – Aplikasi Wanita, website http://www.hawaku.com

Salam Cinta : HAWA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s