Tanya Jawab Bersama Dr. Meike Seputar Konsultasi Masalah Kesuburan dan Seksualitas

hawa

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

 

Dokter Mieke

 

 

Jangan menganggap keluhan tentang ini sebagai hal yang tidak layak untuk didiskusikan karena masalah kesuburan dan seksualitas adalah masalah kesehatan. Becarakan hal ini secara sopan dan baik, agar kamu mendapat penanganan yang tepat.

 

Nah bagi Sahabat Hawa yang sudah bertanya dengan Dr. Meike minggu lalu, selamat menyimak hasil jawabannya ya.

 

  1. Apakah ada cara untuk mengetahui kesuburan tanpa harus ke dokter?

Untuk wanita:

Kita dapat mengenali masa subur dengan memperhatikan beberapa hal yang akan saya uraikan. Namun untuk mengetahui bahwa seorang wanita bisa hamil dengan cara yang alami atau tidak, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut dengan bantuan dokter ahli.

 

Mengenali masa subur dan saat ovulasi: Jika siklus haid kita teratur, tentu dapat lebih mudah untuk menentukan masa subur, yaitu antara hari ke 10 – 17 dari hari pertama haid sebelumnya. Cara lain untuk menentukan masa ovulasi adalah dari cairan cervik yang lebih encer dari biasanya. Bisa juga dari adanya sedikit peningkatan suhu tubuh di pagi hari sebelum turun dari tempat tidur, sebelum melakukan aktivitas, atau makan dan minum apapun dan dalam keadaan sehat (tidak panas), dibandingkan dengan hari- hari sebelumnya dan setelahnya.

 

 

Untuk pria:

Kesuburan pria lebih ditentukan oleh kualitas sperma, hal ini tentu hanya dapat dilakukan di laboratorium yang mempunyai fasilitas ini. Kelainan anatomy penis juga tentu dapat menentukan kesuburan.

 

Pasangan suami istri yang sudah menikah sampai 1 tahun atau lebih, tinggal serumah atau rutin melakukan hubungan suami istri namun sang istri belum juga hamil, disarankan untuk mulai melakukan konsultasi dan pemerikaaan lebih intensif oleh dokter ahli.

 

 

  1. Apakah ejakulasi dini adalah tanda dari seorang laki-laki yang berarti dia tidak subur? Bagaimana cara mengatasinya?

 

Ejakulasi dini adalah suatu kondisi dimana seorang pria tidak dapat mengontrol untuk dapat ejakulasi lebih lama dari yang dia inginkan dimana hal ini terjadi sangat sering atau selalu setiap berhubungan. Ejakulasi dapat terjadi sebelum penetrasi misalnya saat fore play atau bisa terjadi sesaat setelah penetrasi. Hal ini dapat menimbulkan ketidakpuasan dari kedua belah pihak yang jika tidak diatasi dengan baik dapat menimbulkan stress atau depresi pada pria. Jika kualitas sperma baik, kehamilan masih dapat terjadi secara alamiah.

 

Cara mengatasi: ada beberapa metode, dimulai dari yang paling sederhana sampai terapi dengan obat-obatan, tergantung dari apa penyebabnya. Akan saya bahas di artikel yang akan datang.

 

 

  1. Apakah faktor kesuburan itu keturunan? Mohon dijelaskan dengan detail?

 

Ada beberapa gangguan kesuburan yang diturunkan seperti misalnya kelainan kromosom yang diturunkan secara genetik baik pada wanita maupun pria. Ada yang bersifat bawaan dari lahir tapi tidak diturunkan, misalnya kelainan anatomi organ reproduksi karena adanya gangguan selama masa perkembangannya di dalam rahim, hypospadia (pada pria) dan lain sebagainya. Namun banyak juga gangguan kesuburan yang bukan faktor keturunan ataupun bawaan seperti infeksi pada organ reproduksi yang misalnya menimbulkan penyumbatan pada saluran tuba dan lain-lain.

 

Untuk lebih memastikan penyebab dari gangguan kesuburan wanita sebaiknya berkonsultasi dengan dokter ahli kebidanan sedangkan untuk pria dengan dokter ahli andrologi.

 

Dokter Mieke

 

 

 

hawa

Dapatkan berbagai info tentang wanita dengan mengunduh HAWA SEKARANG!!!

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

Follow HAWA di Twitter @hawaapp ,Instagram @hawaku Dan @hawavideo ,Facebook Hawa – Aplikasi Wanita, website http://www.hawaku.com

Salam Cinta : HAWA

Satu pemikiran pada “Tanya Jawab Bersama Dr. Meike Seputar Konsultasi Masalah Kesuburan dan Seksualitas

  1. Bu dokter saya mau tanya, sabtu minggu yang lalu, istri saya mulai haid, dan sabtu minggu depan dia selesai haid, kapan dia mendapat masa subur, 2 hari setelah haid kami berhubungan intim, apakah dalam jarak 2 hari itu istri saya sudah subur apa tidak, mohon bantuaannya dok.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s