Tanya Jawab Seputar Infertilitas Bersama Dr. Mintareja Teguh, dr., SpOG(K)

hawa

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

 

dokter HAWA, dr teguh

 

yuk kita simak tanya jawab bersama Dr Teguh dengan para Sahabat Hawa di Sosialita Tanya Dokter .

 

  1. Dok, saya mau tanya habis operasi kista, apakah saya bisa hamil?

Jawab : Tergantung jenis kistanya, serta adakah perlekatan saat dilakukan tindakan operasi kista. Apakah kista tersebut pada satu atau ke dua sisi ovarium, serta jenis operasi yang dilakukan apakah dilakukan pengangkatan kista saja, saluran indung telur berikut ovariumnya pada satu sisi atau dua sisi?

 

  1. Dok saya sudah menikah mau hampir 3 tahun tapi belum diberi momongan juga. Haid saya teratur hanya perut sering mules. Apa haid sakit berpengaruh sulitnya mempunyai baby?

Jawab :  Nyeri saat haid tidak selalu menyebabkan infertilitas, banyak faktor yang menyebabkan terjadi kehamilan, misalnya pada pihak pria bentuk organ reproduksi, kualitas sperma, pada pihak wanita potensi ke 2 indung telur, anatomi organ reproduksi dll

 

  1. Dok saya pernah mengalami dua kali keguguran tanpa kuret dan hal tersebut telah berlalu dengn 3 kali haid, tapi sampai hari ini masih belum hamil, dengan kejadian tersebut, apa benar saya akan sulit untuk mendapatkan keturunan?

Jawab :  Suatu keguguran bukan merupakan sebab terjadinya infertilitas, yang menjadi pertanyaan saya apa benar hal tersebut merupakan suatu kehamilan yang berakhir dengan keguguran? Apakah pernah dilakukan pack test atau USG?

 

  1. Dok saya mau tanya, saya ada darah tinggi dan kolesterol apakah saya bisa hamil lagi?

Jawab :  Seseorang dengan tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi tentu bisa hamil, namun perlu diingat bahwa kehamilan dengan tekanan darah tinggi dan kolesterol yang tinggi berisiko untuk terjadinya keracunan kehamilan.

 

  1. Apakah boleh hamil selama pengobatan TB?

Jawab :  Selama pengobatan TB sebaiknya tidak hamil dulu, hal ini untuk menghindarin dampak obat pada organogenesis janin.

 

  1. Saya baru operasi KET dengan pemotongan sebelah tuba, mungkinkah saya segera hamil lagi?

Jawab: Suatu tindakan pemotongan salah satu salauran indung telur masih memungkinkan untuk hamil. Namun perlu diingat bahwa seseorang yang mempunyai riwayat KET akan berisiko tinggi untuk terjadinya KET ulangan

 

  1. Dokter saya sedang promil sejak agustus, hasil transvaginal semua normal tidak ada penyakit. Hasil HSG, kanan normal kiri obstruksi. Siklus mens saya 30-4- hari. Dokter saya memberi provera, tapi justru setelah minum provera mens saya jadi 60 hari lebih baru mens. Saya berhenti di dokter itu dan merencanakan promil ke Sp.OG (k) lain. Berat badan saya pun bertambah drastic. Dengan hasil HSG seperti itu, apakah masih ada kemungkinan bagi saya untu hamil?

Jawab :  Penyumbatan pada salah satu saluran indung telur masih memungkinkan untuk hamil.

 

  1. Dok, apa besar atau kecilnya penis pria mempengaruhi kedalaman sperma yang masuk?

Jawaban :  Kualitas sperma tidak ditentukan oleh besar kecilnya penis.

 

  1. Dok, saya pernah telat kurang lebih satu bulan. Tapi setelah melakukan test pack, hasilnya negatif, kenapa ya dok kok telatnya sampai lama gitu?

Jawab : Amenorhoe sekunder disebabkan banyak faktor selain suatu kehamilan juga bisa disebabkan obesitas, stress, kelelahan, obat, penyakit dan lain-lain.

193 HAWA-Tanya Jawab Seputar Infertilitas Bersama Dr. Mintareja Teguh, dr., SpOG(K)-1

 

 

  1. Dok, saya habis melakukan hubungan intim sama suami saya, kenapa kok selalu keluar darah pada daerah kewanitaan saya?? Apa ada masalah sama rahim saya dok?

Jawab : Post coital bleeding yang terjadi sering disebabkan karena gejala awal kanker mulut rahim atau polyp, sebaiknya untuk memastikan sebaiknya anda melakukan pap smear serta memeriksakan diri ke SpOG.

 

  1. Dok, rahim saya setelah diperiksakan kedokter katanya rahim saya miring. Lantas bagaimana caranya agar saya bisa cepet hamil dengan kondisi rahim seperti itu dok? Mohon pencerahannya dok. Terimakasih.

Jawab :  Posisi rahim yang ada hanya antefleksi atau retrofleksi, posisi rahim yang banyak adalah antefleksi, yang retrofleksi jarang. Tapi posisi ke 2 tersebut masih memungkinkan untuk hamil. Saya tidak tahu maksud anda dengan posisi miring?

 

  1. Dok mau tanya kalau yang setelah keguguran 3 bulan. Bisa hamil nya lagi kapan dok? Kegugurannya tahun kemarin bulan Agustus. Tolong beritahu ya dok.

Jawab : Tentu bisa hamil setelah keguguran, asal keguguran tersebut tidak menyebabkan infeksi sehingga dapat menyebabkan penyumbatan ke saluran indung telur. Sebaiknya rencanakan 3 bulan setelah keguguran atau kapan anda siap untuk hamil lagi. Dengan sebelumnya konsumsilah asam folat

 

  1. Dok saya hampir setahun menikah tapi belum hamil, gimana caranya agar cepat hamil? 2 bulan yang lalu saya telat 2 bulan tapi hasil test negatif dan dokter memberi endometrial, kemudian saya haid.

Jawab : Banyak faktor yang menyebabkan infertilitas, misalnya pada pihak pria bentuk organ reproduksi, kualitas sperma, pada pihak wanita patensi ke 2 saluran indung telur, anatomi organ reproduksi, siklus ovulasi dan lain-lain

 

  1. Obat penyubur apa namanya ya dok?

Jawab :  Maaf ibu saya tidak jelas dengan pertanyaan ibu, tidak ada obat penyubur. Yang ada ialah obat induksi ovulasi

 

  1. Mau tanya dok, saya kan lagi promil tapi haid saya belum lancar. Saya diberikan obat hormon selama 3 bulan. Apakah dalam 3 bulan itu saya bisa hamil dok? Mohon jawabannya.

Jawab :  Yang dimaksud ibu itu adalah obat hormonal (komposisinya mirip pil KB) untuk mengatur sikulus menstruasi, bukan obat hormon untuk induksi ovulasi.

 

  1. Dok saya lepas KB bulan januari, kok belum hamil ya?

Jawab :  Apa yang ibu maksud spiral? Kalau spiral begitu dilepas maka kesuburan akan kembali segera, kecuali spiral tersebut sampai menimbulkan infeksi sehingga menyebabkan tersumbatnya ke 2 saluran indung telur maka kehamilan akan sulit terjadi. Bagaimana dengan interval coitus? Analisa spermanya? Pasangan dianggap infertil bila selama 1 tahun tanpa menggunakan kontrasepsi dan jadwal coitus teratur dalam seminggu 3x coitus maka pasangan tsb dikatakan infertil

193 HAWA-Tanya Jawab Seputar Infertilitas Bersama Dr. Mintareja Teguh, dr., SpOG(K)-2

 

 

  1. Dok saya dulu pernah operasi miom 8 cm sekarang mau promil terus keputihan menggumpal ada apa ya?

Jawab :  Banyak faktor yang menyebabkan keputihan bisa jamur, bakteri, lesi kanker mulut rahim, kelelahan, stress. Sebaiknya ibu melakukan swab vagina dan pap smear sehingga diketahui penyebab keputihannya

 

  1. Dok saya haidnya lancar setiap bulannya kemarin saat check USG hasilny bagus tidak ada masalah dok, tapi suami saya saat di cek spermanya itu tidak normal hanya 7 juta dok batas normal kan 60-150 juta dok, apa solusinya?

Jawab :   Sebaiknya cari penyebab kenapa kualitas sperma kurang baik? Kualitas sperma yang tidak bagus bisa disebabkan oleh karena hidrokel, varikokel. Sebaiknya suami anda konsul ke spesialis andrologi dan urologi

 

  1. Dok saya mau tanya saya setiap haid satu kali,  hanya sebercak setelah itu tidak ada lagi selama 3 bulan seperti ini. Apakah itu berbahaya dok? Bagaimana cara menghitung masa suburnya gimana dok? Saya ingin punya anak perempuan.

Jawab :  Siklus haidnya berapa hari ibu? Kalau siklus haid 28 hari maka dapat dilakukan kapan terjadinya masa subur. Kalau hanya 1 hari menstruasinya maka itu disebut  Oligomenorhoe. Penyebab oligomenorhoe paling sering disebabkan siklus yang anovulasi. Sebaiknya ibu cek hormonal FSH dan prolaktin ke laboratorium untuk mengetahui penyebab oligomenonrhoe

 

  1. Dok benarkah kalau yang divonis kista endometriosis itu bisa mempengaruhi kesuburan. Bulan Februari 2015 saya pasca operasi dok, tolong jawab ya dok. Terimakasih.

Jawab :  Benar salah satu penyebab infertilitas adalah endometriosis, endometriosis adalah salah tempat endometrium diluar rahim sehingga saat menstruasi endometrium yang salah tempat ikut berdarah akibatnya akan dapat menyebabkan perlekatan pada organ reproduksi yang mempengaruhi infertilitas seseorang. Namun demikian tidak perlu kuatir, masih dapat dilakukan bayi tabung kalau memang penyebab infertilitas ibu benar disebabkan endometriosis.

 

  1. Dok mau nanya nih saya menikah 20 bulan, sudah hamil 2 kali tetapi terus mengalami Blight Ovum. Kira-kira penyebabnya apa ya?

Jawab :  Blight ovum disebabkan karena kegagalan tumbuh kembangnya hasil konsepsi, bisa disebakan karena faktor kromosom. Sebaiknya 3 bulan sebulan merencanakan kehamilan konsumsi asam folat hingga terjadi kehamilan.

 

  1. Dok, benarkah jika haid tidak teratur ada kemungkinan mengalami infertilitas?

Jawab :  Benar ibu, haid yang tidak teratur paling sering disebabkan oleh siklus menstruasi yang anovulasi

 

 

  1. Selamat malam dok, saya dianalisa terkena PCOS. Apa itu PCOS? Dan bagaimana cara mengatasinya agar saya bisa hamil lagi? Terimakasih?

Jawab :  PCOS adalah gangguan ovulasi yang disebabkan banyak faktor, misal karena obesitas, gangguan hormonal, untuk bisa hamil maka harus dicari dulu penyebabnya apa? Biasanya dokter kandungan akan melakukan induksi ovulasi dengan pemberian klomifen sitrat, bila gagal akan dilakukan pemberian metformin bila resisten terhadap klomifen sitrat atau dilakukan laparoscopic ovarian drilling untuk mengatasi infertilitas.

 

  1. Dok apakah PCOS itu termasuk infertilitas juga?

Jawab :  Benar PCOS merupakan salah satu faktor penyebab infertilitas. Cara terapi dengan pemberian klomifen sitrat, metformin dan atau laparoscopic ovarian drilling untuk mengatasi infertilitas

193 HAWA-Tanya Jawab Seputar Infertilitas Bersama Dr. Mintareja Teguh, dr., SpOG(K)-3

 

Buat kamu wanita Indonesia yang ingin bertanya langsung dengan dokter ahli, langsung ke HAWA Sosialita Tanya Dokter ya. Buat yang belum memiliki HAWA, langsung click link ya.

 

 

dokter HAWA, dr teguh

 

 

hawa

Dapatkan berbagai info tentang wanita dengan mengunduh HAWA SEKARANG!!!

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

Follow HAWA di Twitter @hawaapp ,Instagram @hawaku Dan @hawavideo ,Facebook Hawa – Aplikasi Wanita, website http://www.hawaku.com

Salam Cinta : HAWA

Satu pemikiran pada “Tanya Jawab Seputar Infertilitas Bersama Dr. Mintareja Teguh, dr., SpOG(K)

  1. Selamat pagi dok.
    Saya menderita radang panggul
    Saya diberi antibiotik suntik d pantat sebelah kiri dan antibiotik tablet.
    Saya mau nanya apa yang harus saya lakukan untuk mengetahui tuba falopi saya tersumbat atau tidak.karena katanya penderita radang panggul tidak boleh melakukan HSG
    Terimakasih dok sebelumnya😊

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s