Semangat Berolahraga dengan Mendengarkan Musik

hawa

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

Pengaruh musik terhadap performa olahraga sudah lebih dari 25 tahun diteliti menurut data dari United States Sports Academy dan masih terus berkembang. Bahkan karena diketahui musik memiliki pengaruh terhadap atlet, pada tahun 2007 musik tidak boleh dimainkan selama kegiatan marathon di New York berlangsung.

 

205 HAWA-Semangat Berolahraga dengan Mendengarkan Musik-1

 

Menurut Costas Karageorghis dan David-Lee Priest dari Brunel University, terdapat beberapa penjelasan ilmiah mengapa musik dapat memengaruhi performa olahraga. Musik mengalihkan perhatian pelaku olahraga terhadap kelelahan atau rasa sakit selama berolahraga. Perhatian dialihkan kepada musik yang membuat mood menjadi senang dan seseorang menjadi semangat, sehingga  seseorang akan lebih konstan dalam berolahraga.

 

205 HAWA-Semangat Berolahraga dengan Mendengarkan Musik-2

 

Penjelasan lainnya adalah musik dapat mensinkronisasi tubuh terhadap olahraga yang dilakukan berulang-ulang, seperti senam, lari, atau kegiatan seperti lompat tali, push-up, dan sit-up. Musik yang didengarkan ketika sedang berolahraga biasanya adalah musik dengan ritme yang stabil dan tempo yang cepat.

 

205 HAWA-Semangat Berolahraga dengan Mendengarkan Musik-3

 

Tubuh melakukan sinkronisasi terhadap musik yang didengarkan sehingga performa dalam berolahraga bisa lebih efisien. Musik juga dapat mengaktivasi sensory cortex di otak seseorang dan ini dapat mempengaruhi kemampuan motor seseorang. Ada 3 kemungkinan mengapa musik dapat memengaruhi hal ini.

 

205 HAWA-Semangat Berolahraga dengan Mendengarkan Musik-4

 

  • Karena tubuh berusaha mereplikasi ritme yang ada pada musik.
  • Lirik yang ada pada musik memberikan semangat untuk bergerak kepada tubuh.
  • Musik membuat kegiatan yang dilakukan menjadi lebih menyenangkan sehingga seseorang termotivasi untuk berolahraga.

 

Musik yang dipilih juga dapat menentukan efektivitas dalam membuat seseorang menjadi lebih semangat dalam berolahraga. Artikel yang ditulis oleh Xavier Sanchez dan koleganya yang dimuat oleh jurnal Psychology of Sport and Exercise pada tahun 2014 menemukan bahwa mendengarkan musik membuat partisipan penelitian mengayuh lebih cepat pada sepeda statis dibandingan dengan tidak mendengarkan musik.

 

205 HAWA-Semangat Berolahraga dengan Mendengarkan Musik-5

 

Pengaruh musik ini berlaku baik ketika mendengarkan musik dengan lirik maupun musik instrumental saja. Musik yang dipilih tidak harus selalu cepat, tetapi memiliki ritme dan beat yang jelas. Musik lambat bisa dipilih untuk proses pemanasan atau pendinginan dan musik cepat digunakan ketika dalam proses inti berolahraga. Membuat playlist lagu-lagu untuk olahraga yang cocok dan disenangi oleh diri sendiri dapat dilakukan. Setiap orang memiliki selera musik yang berbeda-beda dan bisa saja playlist yang cocok untuk seseorang tidak cocok untuk orang lain.

 

205 HAWA-Semangat Berolahraga dengan Mendengarkan Musik-6

 

Musik dapat meningkatkan performa seseorang dalam berolahraga, karena tubuh dapat mengikuti irama musik yang didengarkan. Perhatian seseorang terhadap rasa lelah dapat dialihkan ketika mendengarkan musik, sehingga seseorang bisa berolahraga lebih lama. Musik yang dipilih juga lebih baik musik yang cocok untuk masing-masing orang, karena selera musik seseorang berbeda-beda. Jadi pilihlah lagu yang membuat kamu semangat dan mulailah berolahraga Sahabat Hawa.

 

205 HAWA-Semangat Berolahraga dengan Mendengarkan Musik-7

 

 

 

 

hawa

Dapatkan berbagai info tentang wanita dengan mengunduh HAWA SEKARANG!!!

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

Follow HAWA di Twitter @hawaapp ,Instagram @hawaku Dan @hawavideo ,Facebook Hawa – Aplikasi Wanita, website http://www.hawaku.com

Salam Cinta : HAWA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s