Resiko Kesehatan Menahan Buang Air Kecil

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

 

Keinginan untuk buang air kecil terkadang diabaikan oleh sebagian orang ketika berada di kondisi tertentu yang tidak memungkinkan ke toilet, bisa jadi karena lalu lintas yang macet atau mungkin toilet yang kurang bersih. Karena alasan itulah seseorang terpaksa menahan kencing. Bahayakah bagi kesehatan?

298 HAWA-Risiko Kesehatan Menahan Buang Air Kecil-1

Menahan pipis terlalu sering bisa menyebabkan infeksi saluran kemih. Pada perempuan, keseringan menahan kencing ini bisa membuatmu anyang-anyangan, sakit, dan air pipis jadi berwarna merah karena ada infeksi.

298 HAWA-Risiko Kesehatan Menahan Buang Air Kecil-2

Kandung kemih rata-rata memiliki kapasitas menampung urine sekitar 0,4 liter dan ketika seseorang menahan buang air kecil, maka kandung kemih akan melakukan mekanisme seperti halnya melar atau meregang. Selain itu, semakin lama menahan pipis, kandung kemih menjadi tempat bersarangnya bakteri. Bakteri inilah yang dapat menyebabkan infeksi yang dapat menyebar ke ginjal dan kemungkinan menyebabkan kerusakan yang lebih besar pada tubuh.

298 HAWA-Risiko Kesehatan Menahan Buang Air Kecil-3

Namun dr. Harrina menyarankan untuk tidak mengurangi minum, terlebih jika ingin bepergian jauh. Justru dengan minum dapat mengurangi infeksi dan membersihkan organ ginjal. Konsumsi 8 gelas sehari dan jangan malas untuk buang air kecil terlebih dahulu sebelum bepergian jauh.

298 HAWA-Risiko Kesehatan Menahan Buang Air Kecil-4

Hal serupa juga diungkapkan oleh dr. Ayodia Soebadhi, spesialis urologi dari RSUD Dr. Soetomo bahwa sebaiknya cukup minum 2-3 liter per hari dan pipis 300-500 ml per kali untuk orang sehat. Akan tetapi angka-angka ini sangat bervariasi untuk masing-masing orang tergantung berat badan dan kondisi kesehatan.

Penyebab dan cara mengatasinya

Masalah inkontinensia urine tersebut sering terjadi akibat kebiasaan menunda-nunda ke toilet karena kesibukan kerja atau faktor kurang bersihnya toilet. Bisa juga karena kebiasaan menahan  buang air kecil ketika mengemudi. Perlu diketahui Sahabat Hawa, kebiasaan menahan pipis ketika mengemudi ini dapat mengundang bahaya. Karena memiliki efek yang sama dengan keracunan alkohol atau tidak tidur selama 24 jam terus menerus. Bila manusia sampai ke titik sakit, mereka tidak mampu berpikir dan membuat keputusan lagi. Ia sama seperti mabuk.

298 HAWA-Risiko Kesehatan Menahan Buang Air Kecil-5

Masalah kesulitan mengontrol buang air kecil ini lebih sering terjadi pada kalangan perempuan muda. Seseorang yang mengalami masalah ini akan membuang air bahkan lebih dari 10 kali sehari dan dan terjadi kebocoran jika menahannya. Metode yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah melatih otot yang berfungsi  dalam mengontrol pipis (senam kegel), latihan kandung kemih, penggunaan obat dan operasi.

298 HAWA-Risiko Kesehatan Menahan Buang Air Kecil-6

Adakah diantara Sahabat Hawa yang pernah mengalami infeksi saluran kemih? Yuk berbagi ceritamu disini.

Sumber: Doktersehat.com

Gambar: Google Search

 

Salam Cinta,

HAWA

Instagram: @hawaku @hawavideo
Twitter: @hawaapp
Facebook: Hawa – Aplikasi Wanita
Website: http://www.hawaku.com

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s