Bahaya Duduk Terlalu Lama Memicu Skoliosis

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

Skoliosis adalah salah satu gangguan pada tulang belakang yang bisa menyebabkan perubahan postur tubuh manusia. Biasanya, penderita skoliosis akan memiliki tulang punggung yang berbentuk huruf S atau huruf C.

Penderita skoliosis pun tidak mengenal bulu loh Sahabat Hawa, laki-laki atau perempuan, muda atau tua. Penyebab dari penyakit skoliosis sendiri masih belum benar-benar diketahui, namun setidaknya salah satu penyebabnya adalah gaya hidup yang tidak sehat dengan duduk dengan postur yang kurang baik dalam waktu yang cukup lama.

334 HAWA-Bahaya Duduk Terlalu Lama Memicu Skoliosis-1

Skoliosis bisa disebabkan oleh faktor genetik dimana ada anggota keluarga yang juga mengalami masalah tulang belakang yang sama. Selain itu, trauma yang terjadi saat usia sangat muda seperti terjatuh tanpa adanya penanganan yang benar ternyata bisa membuat tulang belakang dalam posisi yang tidak normal. Beberapa orang bisa memiliki postur bungkuk atau miring karena faktor ini. Namun kini, duduk dalam waktu yang lama juga bisa menjadi penyebab dari skoliosis.

Banyak pekerja kantoran yang harus duduk lebih dari 8 jam per hari tanpa adanya istirahat atau setidaknya berdiri dan berjalan-jalan meregangkan tubuh. Hal ini ternyata bisa menyebabkan kondisi skoliosis dan menghambat pertumbuhan tulang. Duduk dalam jangka waktu yang lama ternyata juga bisa mempengaruhi panjang dari kaki. Beberapa orang yang sering duduk dalam kondisi satu kaki menaiki kaki lainnya bisa membuat panjang kaki yang berbeda dan akhirnya berpengaruh pada bentuk tulang belakang.

334 HAWA-Bahaya Duduk Terlalu Lama Memicu Skoliosis-2

Tubuh yang sudah terkena masalah skoliosis biasanya akan terlihat dari postur bahu yang tidak seimbang dimana salah satu bahu akan terlihat lebih tinggi dari bahu yang lain. Selain itu, tubuh pun cenderung akan condong ke satu sisi dan kepalanya tidak akan lagi seimbang dengan panggul. Kondisi ini ternyata bisa menyebabkan otot mudah terasa nyeri mengingat postur tubuh yang tidak simetris sehingga pembagian beban pun tidak merata.

Untuk mengatasi skoliosis, kita tentu harus melakukan konsultasi pada dokter atau ahli terapi yang mengerti tentang pertumbuhan dan kelainan tulang. Terdapat banyak cara menyembuhkan skoliosis dari penggunaan brace atau penyangga atau bahkan memakai metode sports therapi. Selain itu, penderita skoliosis juga bisa mencoba yoga yang dikhususkan untuk penyembuhan skoliosis sehingga postur tubuh akan menjadi lebih baik dan lebih sehat.

334 HAWA-Bahaya Duduk Terlalu Lama Memicu Skoliosis-3

Nah Sahabat Hawa, sebelum terlambat, yuk perbaiki gaya hidup menjadi lebih sehat dan perbaiki cara duduk kamu menjadi lebih baik. Jangan lupa, jika jenis pekerjaanmu sekarang membuat kamu lama duduk, sebaiknya sempatkan untuk sesekali berdiri dan melakukan peregangan otot.

Sumber: Doktersehat.com

Gambar: Google Search

 

Salam Cinta,

HAWA

Instagram: @hawaku @hawavideo
Twitter: @hawaapp
Facebook: Hawa – Aplikasi Wanita
Website: http://www.hawaku.com

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s