Istirahatkan Sejenak Tubuh dan Otakmu Disela-sela Waktu Kerja

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

448 HAWA-Istirahatkan Sejenak Tubuh dan Otakmu Disela-sela Waktu Kerja-2

Mari alihkan sejenak perhatianmu dari rutinitas pekerjaan. Untuk memulihkan energi dan meningkatkan produktivitas, luangkan waktu untuk beristirahat di sela-sela padatnya jadwal.

Menurut penelitian secara ilmiah, istirahat singkat di kantor dapat memacu kreativitas, meningkatkan fokus, dan juga produktivitas. Istirahat singkat yang dimaksud di sini termasuk makan siang loh.

Berikut ini adalah beberapa ide untuk “mencuri” istirahat sejenak di sela-sela kesibukan:

Take a walk

Melakukan meeting di ruangan tertutup selama 60-90 menit sudah pasti menguras energi kamu. Bangunlah dari tempat dudukmu, tinggalkan meja, dan berjalanlah ke luar gedung selama kurang lebih 15 menit. Dengan berjalan kaki sejenak, semangatmu akan kembali lagi. Berjalan kaki merupakan salah satu latihan fisik ringan yang dapat melancarkan peredaran darah. Tetapi, ada cara yang lebih menyenangkan loh, yaitu berjalan-jalan di taman atau area hijau. Area hijau yang menenangkan bisa memberikan efek yang sama dengan meditasi, yaitu membuat otak kembali rileks.

exercise behind your desk

Mengobrol

Sesudah kamu menuntaskan sebuah tugas, ajaklah rekan kerjamu berbincang sejenak. Mulai dari membicarakan topik terkini, seperti buku terpopuler, film terlaris, artis tersensasional, sampai kasus yang sedang hangat-hangatnya. Penelitian menemukan riset bahwa selain menambah semangat, ikatan sosial yang kuat di tempat kerja juga dapat meningkatkan produktivitas.

Read on. Get on.

Pilihlah buku fiksi. Konon, orang yang membaca buku fiksi dianggap lebih mampu memahami orang lain, berempati, dan bisa melihat dunia dari sudut pandang berbeda. Wow, patut dicoba! Selain itu, membaca majalah, koran dapat mengalihkan pikiranmu sejenak dari pekerjaan.

448 HAWA-Istirahatkan Sejenak Tubuh dan Otakmu Disela-sela Waktu Kerja-4

Tidur siang (Power nap)

Mungkin dengan mencuri sedikit waktu untuk tidur siang di sela-sela jam kerja kadang dianggap pemalas, buang-buang waktu. Namun nyatanya, justru sebaliknya, sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kerja. Tidur siang dapat memulihkan kembali energi yang terkuras. Melakukan tidur siang selama 20 menit sudah cukup loh. Idealnya, dilakukan sebelum pukul dua siang. Pilihlah tempat yang sunyi, tenang, cahaya redup, dan sejuk. Jangan dilakukan di atas meja kerja, ya. Manfaat tidur siang ini dapat dirasakan secara bertahap, seperti mempertajam memori, kreativitas, dan produktivitaspun bertambah.

Coffee time

Rasa lelah biasanya muncul ketika menjelang pukul tiga sore. Kamu tentu akan mencari sesuatu yang dapat membangkitkan semangat, misalnya kopi, atau teh. Kamu dapat memanfaatkan waktu ini untuk berjalan sebentar sambil mampir ke kedai kopi dekat kantor. Ajak temanmu juga untuk saling melepas penat.

448 HAWA-Istirahatkan Sejenak Tubuh dan Otakmu Disela-sela Waktu Kerja-3

Olahraga mata

Menatap layar komputer dan handphone dalam waktu yang panjang berakibat buruk pada kesehatan mata. Yuk, olahragakan matamu sejenak. Caranya, putar mata berlawanan dan searah jarum jam, ulangi setiap 30 menit. Cara kedua, tutup mata, dan tutupi lagi dengan telapak tangan. Jangan terlalu rapat ya, nanti menimbulkan tekanan. Pada tahap ini, mata lelahmu akan teristirahatkan. Cara lain, pandang objek lain yang lebih jauh selama 30 detik. Nah, cobalah untuk perbaiki fokus, lalu berkedip cepat selama beberapa kali. Kemudian, ganti pandanganmu terhadap objek lain yang lebih dekat selama 15 detik, dan berkediplah dengan cepat selama beberapa kali. Ulangi tahap ini sebanyak 10 kali ya untuk menghasilkan mata yang lebih rileks.

Belanja online

Belanja online merupakan salah satu cara istirahat yang terbukti ampuh membantu mengatasi kejenuhan, loh. Tidak usah belanja, cukup cuci mata saja juga tidak masalah. Tapi ingat, pastikan sesuai dengan budgetmu ya!

Gambar: Zalora Doc

 

33647f1f-6493-4771-b9a2-effd1f833cc6

Nikmati Komunikasi Tanpa Batas Bersama Wanita Indonesia Di HAWA Sosialita!

Salam Cinta,

HAWA

Instagram: @hawaku @hawavideo
Twitter: @hawaapp
Facebook: Hawa – Aplikasi Wanita
Website: http://www.hawaku.com

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

3 pemikiran pada “Istirahatkan Sejenak Tubuh dan Otakmu Disela-sela Waktu Kerja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s