Memaafkan Orang yang Tidak Pernah Meminta Maaf Padamu

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

455 HAWA-Memaafkan Orang yang Tidak Pernah Meminta Maaf Padamu-2

Memaafkan orang terkadang sangat sulit, baik dalam hubungan asmara, pertemanan, dan kekeluargaan. Kita punya banyak alasan untuk sulit memaafkan. Hal itu wajar karena sebagai manusia, kita bisa menjadi sangat menuntut. Mudah sekali membiarkan diri kita menjadi egois.Namun, memaafkan seseorang bukanlah untuk menghapus kesalahan orang yang dilakukan terhadap kita, melainkan untuk membebaskan diri dari dendam dan rasa sakit hati.

Dalam setiap hubungan, pasti pernah ada kesalahpahaman, konflik, dan ketegangan. Akan tetapi, bukan berarti hubungan harus berakhir pada saat itu juga. Mereka masih bisa dimaafkan demi mempererat lagi hubungan.

455 HAWA-Memaafkan Orang yang Tidak Pernah Meminta Maaf Padamu-1

Jangan Terburu-buru

Mintalah waktu jika belum siap memulai berhubungan lagi. Miliki keberanian untuk mengutarakan apa yang dibutuhkan kepada orang tersebut agar tidak perlu memperkeruh situasi. Luangkan waktu sendiri untuk menjernihkan pikiran dan suasana hati.

Katakan dengan Jujur

Sebuah hubungan yang retak tidak akan membaik tanpa kejujuran. Pilih poin-poin yang menjadi permasalahan dalam hubungan dan bicarakan secara jujur. Permasalahan yang sudah dipilih harus benar-benar diselesaikan karena jika solusi masalah juga tidak bisa ditemukan, maka hubungan akan makin memburuk.

455 HAWA-Memaafkan Orang yang Tidak Pernah Meminta Maaf Padamu-4

Cari Seseorang yang Bisa Dipercaya

Jika kamu memiliki pasangan, kamu bisa mempercayakannya untuk mengoreksi pemikiran, ucapan, dan tindakan kamu yang tidak mengenakkan hati kepada orang lain. Atau, cari seseorang yang bisa bersikap objektif dan tidak segan-segan memberitahumu jika kamu berbuat salah. Orang yang seperti inilah yang bisa memberikan saran ketika pikiran sedang kacau agar bisa lebih mudah melihat situasi.

Bersikap Dewasa

Menyimpan dendam dan menahan maaf adalah sikap yang kekanakan dan egois. Jika orang yang berbuat salah tidak meminta maaf dan malah pergi, cobalah untuk memaafkan mereka untuk diri sendiri dan move on. Memaafkan mereka adalah jalan untuk mencari kedamaian diri. Jika hal ini terus dilatih, secara otomatis kita bisa memaafkan orang lain dengan lebih mudah jika terjadi konflik lagi di lain waktu.

455 HAWA-Memaafkan Orang yang Tidak Pernah Meminta Maaf Padamu-3

Jadi, buat kamu yang sulit memaafkan, pikirkan baik-baik. Karena memaafkan sangat berguna untuk mempertahankan dan malah mungkin mempererat hubungan yang kamu miliki dengan orang lain.

Gambar: Pinterest Doc.

 

Hawa Ads 1healthy

Dapatkan Tips Hidup Sehat Ala HAWA, Di HAWA Tips!

 

Salam Cinta,

HAWA

Instagram: @hawaku @hawavideo
Twitter: @hawaapp
Facebook: Hawa – Aplikasi Wanita
Website: http://www.hawaku.com

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s