Pengetahuan Dasar tentang Persalinan Normal

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

 

 

Dear Sahabat Hawa, salah satu peran mulia seorang wanita adalah mengandung dan melahirkan anak. Karena itu, penting sekali untuk kita dapat mempelajari dan mengerti apa yang terjadi saat terjadi proses persalinan. Mulai dari apa yang terjadi di tubuh kita hingga tahapan proses melahirkan yang akan dibahas di artikel selanjutnya. Kali ini Saya akan membahas mengenai Persalinan Normal atau persalinan melalui vagina secara alami.

460 HAWA-Pengetahuan Dasar tentang Persalinan Normal-2

Sebab terjadinya proses persalinan

Beberapa jenis hormon berperan besar dalam proses terjadinya kontraksi rahim yang diakhiri dengan lahirnya bayi serta plasenta. Progesteron merupakan hormon yang paling berperan mencegah rahim untuk berkontraksi selama hamil, pada saat melahirkan kadar hormon ini menurun drastis sehingga timbulah kontraksi rahim atau yang biasa disebut his. Hormon lainnya seperti prostaglandin dan oksitosin yang menyebabkan kontraksi rahim diproduksi lebih banyak ditambah lagi dengan diproduksinya hormon Relaksin yang menyebabkan serviks (mulut rahim) melunak dan membuka lebar.

460 HAWA-Pengetahuan Dasar tentang Persalinan Normal-3

3 Faktor utama yang menentukan keberhasilan suatu persalinan normal

Power 

His (kontraksi rahim) serta kekuatan mengejan ibu.

Tanpa adanya his yang efektif, mustahil seorang wanita dapat melahirkan secara spontan atau normal. Karena dengan adanya His-lah rahim kita dapat membuka jalan lahir dan mendorong bayi agar dapat dilahirkan. His yang efektif akan dirasakan ibu sebagai mules diperut hingga melingkar ke belakang. Semakin besar pembukaan nyeri mules di perutnya akan semakin kuat, namun selalu ada jeda diantara dua kontraksi. Misalnya setiap 10 menit dengan lamanya setiap kontraksi 2-3 menit.

 460 HAWA-Pengetahuan Dasar tentang Persalinan Normal-4

Passage

Keadaan jalan lahir yang cukup lebar sehingga bayi melewatinya. Mungkin ada yang pernah mendengar istilah Panggul Sempit? Jika memang ditemukan ukuran yang sempit maka dipastikan proses persalinan tidak dapat melalui vagina namun harus melalui operasi.

Passanger 

Keadaan bayi nya termasuk letak, presentasi, ukuran atau berat janin, ada atau tidak kelainan anatomik mayor. Pada keadaan-keadaan tertentu dari sang bayi yang akan dijadikan pertimbangan oleh dokter bisa tidaknya lahir secara spontan. Pada keadaan yang normal, bagian yang terendah dari bayi yang berada di panggul ibu adalah kepala disekitar ubun-ubun bayi. Begitu pula dengan ukuran, jika diperkirakan ukuran bayi sangat besar, dokter akan mempertimbangkan bisa tidaknya melahirkan secara normal terutama jika ibu belum pernah melahirkan secara normal sebelumnya.

460 HAWA-Pengetahuan Dasar tentang Persalinan Normal-5

Selain ketiga faktor diatas, ditambah lagi dengan faktor “P” lainnya yaitu: Psikologi, Penolong, dan Posisi.

Demikianlah pengetahuan dasar mengenai persalinan normal yang sebaiknya kamu ketahui. Nah Sahabat Hawa, semoga artikel ini bermanfaat dan baca juga kelanjutannya di artikel selanjutnya tentang tahapan melahirkan normal ya.

460 HAWA-Pengetahuan Dasar tentang Persalinan Normal-1

Oleh : Dr.Meike Magnasofa

Editor: Lidya Sihombing

Gambar: Google Search

Hi Sahabat Hawa, ingin dapatin hadiah menarik dengan cara yang sangat mudah. yuk langsung ke HAWA Sosialita, akan ada berbagai contest seru setiap harinya lho yang menunggu kamu disana! Untuk kamu yang belum memiliki HAWA, langsung saja klik link dibawah gambar contest ya. Buruan jangan sampai ketinggalan!

Tuesday-Funday-Event-(My-First-Love)

Buruan Sahabat Hawa, Hari Ini Hari Terakhir Untuk Weekend Getaway Ya!

Salam Cinta,

HAWA

Instagram: @hawaku @hawavideo
Twitter: @hawaapp
Facebook: Hawa – Aplikasi Wanita
Website: http://www.hawaku.com

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s