Cari Tahu Tahapan Persalinan Normal Disini

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

 

Setelah membaca Pengetahuan Dasar tentang  Persalinan Normal pada artikel sebelumnya, HAWA akan menjelaskan tiga tahapan melahirkan normal :

472 HAWA-Cari Tahu Tahapan Persalinan Normal Disini-2

Tahap Pertama:

​Tahap Pembukaan  atau Kala I: dimulai ketika rahim mulai berkontraksi secara teratur dan diakhiri dengan pembukaan serviks (mulut rahim) yang maksimal sekitar 10 cm.

Kala I dibagi menjadi 2 fase :

  1. Fase laten, dimulai dengan kontraksi ringan, tidak beraturan yang membuat serviks melembut dan memendek. Fase ini berakhir pada pembukaan serviks 3 cm. Berlangsung sekitar 8 jam.
  2. Fase aktif, dimulai dari pembukaan 3 cm, pada fase ini kontraksi mulai bertambah sering dan kuat hingga serviks terbuka lengkap. Berlangsung sekitar 6 jam, dibagi lagi menjadi beberapa fase:

  • Fase akselerasi (sekitar 2 jam), pembukaan 3 cm sampai 4 cm.
  • Fase dilatasi maksimal (sekitar 2 jam), pembukaan 4 cm sampai 9 cm.
  • Fase deselerasi (sekitar 2 jam), pembukaan 9 cm sampai lengkap (+ 10 cm).

472 HAWA-Cari Tahu Tahapan Persalinan Normal Disini-3

Tahap Kedua:

​Tahap Pengeluaran  atau Kala II dimulai dengan pembukaan lengkap dan diakhiri dengan lahirnya bayi. Pada Kala II ini kontraksi rahim menjadi lebih kuat, lebih sering dan lebih lama. Selaput ketuban bisa sudah pecah sebelumnya atau baru pecah spontan pada Kala ini. Untuk ibu yang baru pertama kali melahirkan (nullipara) rata-rata diperlukan waktu sekitar 1,5 jam sampai bayi lahir. Sedangkan pada Ibu yang sudah pernah melahirkan sblmnya (multipara) diperlukan waktu sekitar 0,5 jam.

Tahap Ketiga:

​Kala Uri atau Kala III dimulai setelah bayi lahir lengkap sampai dengan pengeluaran plasenta. Dalam periode ini, kontraksi rahim mengurangi alirah darah sehingga dinding rahim menebal dan terjadi pelepasan dinding bagian atas ditempat plasenta menempel sehingga plasenta terlepas dan dapat dilahirkan. Walaupun pengeluaran plasenta hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit, namun durasi pada Kala III ini dapat berlangsung sampai dengan 30 menit.

472 HAWA-Cari Tahu Tahapan Persalinan Normal Disini-4

Peristiwa penting dari setiap Kala Persalinan yang perlu kita ketahui adalah:

– Kala I

Keluar lendir bercampur darah (bloody show) dari vagina. Bagi kamu yang tidak tahu tentu peristiwa ini cukup membuat kaget karena tiba-tiba kita mengeluarkan lendir berdarah. Tidak perlu cemas, itu artinya proses persalinan sudah dimulai.

Pada Fase aktif setelah pembukaan mencapai 5cm, selaput ketuban dapat pecah dengan sendirinya dan hal ini biasanya akan memperkuat kontraksi rahim. Saat selaput ketuban pecah, air ketuban akan deras keluar seakan kita berkemih.

– Kala II

Setelah pembukaan lengkap, bagian terbawah janin (pada persalinan normal : kepala) turun sampai dasar panggul sehingga sang Ibu timbul perasaan atau refleks ingin mengedan. Kepala dilahirkan lebih dulu, selanjutnya dilahirkan badan dan anggota badan.Kemungkinan diperlukan pemotongan jaringan perineum untuk memperbesar jalan lahir yang kita sebut episiotomi. 

– Kala III

  1. Saat bayi sudah keluar, rahim akan mengkerut (berkontraksi kuat) sehingga dapat menghentikan perdarahan dan mengeluarkan plasenta.
  2. Untuk menambah kontraksi, dokter bisa menyuntikkan obat untuk memperkuat kontraksi.
  3. Jika bayi dan ibu dalam keadaan baik, pada beberapa rumah sakit, bayi sudah bisa segera disimpan di dada ibu dan bahkan mulai disusui. Pada sebagian RS lainnya proses menyusui segera dilakukan setelah bayi dibersihkan dan plasenta sudah dilahirkan.

472 HAWA-Cari Tahu Tahapan Persalinan Normal Disini-1

Demikian Sahabat Hawa, semoga informasi yang HAWA berikan dapat menambah pengetahuan dan membuat kamu menjadi lebih siap untuk menjalani persalinan normal. Walaupun terasa sakit sewaktu Kala I namun banyak sekali keuntungannya. Jika tidak ada faktor penyulit, melahirkan normal relatif lebih aman, dalam waktu singkat sang ibu sudah bisa duduk dan bisa ikut merawat bayinya secara langsung, dan secara financial pun lebih terjangkau.

Oleh : Dr.Meike Magnasofa

Editor : Lidya Sihombing

Gambar: Pinterest Doc

 

Hi Sahabat Hawa, ingin dapatin hadiah menarik dengan cara yang sangat mudah. yuk langsung ke HAWA Sosialita, akan ada berbagai contest seru setiap harinya lho yang menunggu kamu disana! Untuk kamu yang belum memiliki HAWA, langsung saja klik link dibawah gambar contest ya. Buruan jangan sampai ketinggalan!

Tanya-Dokter_square

Menjadi Wanita Indonesia yang Selangkah Lebih Maju, Dengan Fitur-fitur Dari HAWA!

Salam Cinta,

HAWA

Instagram: @hawaku @hawavideo
Twitter: @hawaapp
Facebook: Hawa – Aplikasi Wanita
Website: http://www.hawaku.com

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s