Kenali Diabetes Sebelum Terlambat!

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

 

Diabetes Melitus atau kencing manis adalah suatu kondisi gangguan matabolik yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah (hiperglikemia). Diabetes disebabkan karena tubuh cukup atau kekurangan insulin, namun tidak mampu terserah oleh sel-sel tubuh sehingga tidak mampu bekerja dengan baik. Insulin sendiri berfungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah yang bekerja dengan cara:

  • Merangsang sel-sel tubuh agar menyerap gula
  • Meningkatkan jumlah gula yang disimpan dalam hati
  • Mencegah hati mengeluarkan terlalu banyak gula

606 HAWA-Kenali Diabetes Sebelum Terlambat!-1

Meskipun diabetes seringkali diasosiasikan dengan pengobatan seumur hidup, diabetes dapat dikelola dengan menjaga pola hidup sehat serta melakukan pengecekan kadar gula darah secara teratur. Selain itu diabetes juga merupakan penyakit yang melekat seumur hidup, namun bukan berarti tidak bisa dikelola. Kuncinya adalah menjaga kadar gula darah, tekanan darah dan kadar lemak darah senormal mungkin. Diabetes dapat dikelola dengan pengendalian pola makan dan melakukan aktifitas fisik yang tepat. Tujuan utama pengelolaan diabetes adalah menjaga kualitas hidup pasien sehingga dapat hidup senormal mungkin, menghambat timbulnya komplikasi dan mencegah mortalitas atau kematian.

Sahabat Hawa pasti bertanya-tanya kan, bagaimana sih caranya mengenali gejala diabetes? Umumnya para penderita diabetes memiliki gejala seperti berikut:

  • Mudah Haus dan Lapar
  • Sering BAK (Buang Air Kecil)
  • Berat Badan Menurun Tanpa Sebab yang Jelas
  • Cepat Lelah dan Mengantuk
  • Mudah Terkena Infeksi
  • Luka Sulit Sembuh
  • Sering Kesemutan terutama bagian kaki
  • Penglihatan Kabur

606 HAWA-Kenali Diabetes Sebelum Terlambat!-3

Nah jika kamu memiliki tanda-tanda seperti diatas, ada baiknya untuk melakukan tes gula darah dan konsultasikan dengan dokter, karena biasanya pasien penderita diabetes tidak merasakan gejala-gejala yang berat pada awalnya. Untuk kamu yang sudah didiagnosis mendertia diabetes, sebaiknya kamu melakukan pengelolaan atau perawatan terhadap diabetes, agar selanjutnya diabetes tidak memicu penyakit lain yang bahkan bisa menimbulkan komplikasi. HAWA kali ini akan berbagi tips untuk pengelolaan diabetes, yuk simak penjelasannya!

  • Edukasi Diabetes, rajin mencari informasi tentang diabetes dari ahlinya sehingga kita bisa mengetahui seluk beluk diabetes dan pengendaliannya.
  • Aktivitas Fisik, lakukan aktivitas fisik 3-4 kali seminggu selama 30 menit untuk mendapatkan hasil optimal.
  • Pengaturan Makan, Tidak ada pantangan untuk para penderita diabetes, tetapi penderita diabetes harus selalu menakar jumlah makanan sehingga gula darah tetap seimbang dan sesuai dengan kebutuhan kalori.
  • Minum obat atau insulin, konsumsi obat atau insulin yang sudah diberikan dokter secara teratur. Banyak yang mengatakan jika kita terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan maka hati kita akan rusak, tetapi untuk obat-obatan para penderita diabetes memang dirancang untuk dikonsumsi dalam jangka waktu panjang, sehingga tidak perlu khawatir lagi ya Sahabat Hawa.
  • Monitoring, ini adalah hal yang paling penting bagi penderita diabetes. Karena kamu bisa mengawasi perkembangan kadar gula dalam darahmu, dan juga bisa membuat memudahkan dokter untuk mengawasi perkembangan kamu secara ketat.

606 HAWA-Kenali Diabetes Sebelum Terlambat!-2

Melakukan monitoring akan glukosa darah sekarang tidak perlu harus mengunjungi laboratorium setiap hari Sahabat Hawa. Sudah banyak beredar dipasaran alat cek glukosa darah yang bisa kamu lakukan sendiri dirumah. Tetapi akurasi pada alat glukosameter adalah parameter penting dalam sistem monitoring glukosa darah. Selain itu hasil yang tidak akurat dapat menimbulkan resiko kesalahan interpretasi hipglikimia (kondisi gula darah sangat rendah) atau hiperglikimia (kondisi gula darah sangat tinggi), oleh karena itu akurasi merupakan hal paling penting dalam sistem monitoring glukosa darah.

Glukosameter yang memiliki akurasi hingga 90% dengan hasil dari laboratorium adalah Accu-Chek Sahabat Hawa, selain akurasi yang tinggi glukosameter ini garansi seumur hidup loh! Kamu hanya perlu rutin untuk mengganti strip yang dipakai untuk memeriksa darah. Jangan khawatir dengan cara penggunaannya Sahabat Hawa, karena alat ini sangat mudah untuk digunakan dan kamu bisa mendapatkan hasil hanya dalam 5 detik.

606 HAWA-Kenali Diabetes Sebelum Terlambat!-4

Nah untuk kamu yang sudah menderita diabetes, kali ini sudah tidak perlu lagi bolak-balik ke laboratorium untuk memeriksa kadar gula darah ya! Jangan lupa untuk terus menjaga asupan gizi dan lakukan aktifitas fisik secara rutin sehingga bisa mencegah terjadinya komplikasi yang berlanjut!

HAWA Team: Krisna Chandra P.W.

Gambar: Google Search & Accu-Chek Indonesia

Hi Sahabat Hawa, ingin dapatin hadiah menarik dengan cara yang sangat mudah. yuk langsung ke HAWA Sosialita, akan ada berbagai contest seru setiap harinya lho yang menunggu kamu disana! Untuk kamu yang belum memiliki HAWA, langsung saja klik link dibawah gambar contest ya. Buruan jangan sampai ketinggalan!

Tidak hanya itu, dapatkan juga berbahagai hal menarik di aplikasi khusus wanita ini yakni: Tips-tips bermanfaat, Kalender pintar dan Solusi dari para dokter ahli mengenai semua masalah kamu.

3Tips-a_600-x-600

Menjadi Wanita Indonesia yang Selangkah Lebih Maju, Dengan Fitur-fitur Dari HAWA!

Salam Cinta,

HAWA

Instagram: @hawaku @hawavideo
Twitter: @hawaapp
Facebook: Hawa – Aplikasi Wanita
Website: http://www.hawaku.com

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s