Jadi Calon Ibu Yang Lebih Pintar dan Ketahui Lebih Banyak Seputar Perdarahan Saat Kehamilan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ada banyak ancaman bahaya saat hamil, termasuk perdarahan yang bisa terjadi. Dalam kesehatan, dikenal istilah bernama spotting, yang berarti perdarahan ringan dari miss-V yang mirip dengan menstruasi, namun lebih ringan dan gejala normal, dengan warna darah merah hingga cokelat, dan merupakan hal yang normal pada kehamilan di trimester pertama. Namun terkadang, perdarahan ini bisa menjadi tanda bahaya seperti keguguran.

 

Perdarahan diduga terjadi karena hormon yang mengendalikan siklus menstruasi juga memicu perdarahan mengingat saat kehamilan, menstruasi tidak terjadi namun hormon tetap bekerja. Selain itu, sel telur yang terbuahi dan menuju dinding rahim untuk penamanan juga dapat menyebabkan perdarahan. Hal-hal lain yang dapat menyebabkan perdarahan yakni iritasi, fibroids, infeksi miss-V atau serviks, maupun penyakit keturunan seperti Von Willebrand.

 

1

 

Perdarahan di tahap awal kehamilan dapat menjadi tanda dari abortus atau kehamilan ectopic. Dengan gejala dapat berupa keram perut. Perdarahan di awal kehamilan cukup sering terjadi, dan terkadang merupakan tanda dari abortus dini. Bahkan, di banyak kasus, perempuan mengalami perdarahan sebagai akibat dari abortus namun mengira dirinya sedang mengalami menstruasi.

 

Apabila kamu mengalami perdarahan, segeralah menghubungi dokter, atau tenaga kesehatan lainnya, atau juga menghubungi rumah sakit. Biasanya, dokter akan memeriksa miss-V dan menyarankan USG untuk mengetahui keadaan kamu. Selain itu, kamu mungkin juga untuk diminta melakukan pemeriksaan darah dan urin untuk mengetahui kadar hormon.

 

Perdarahan yang normal (masih dalam spotting) biasanya tidak membahayakan bayi dan akan berhenti dengan sendirinya. Namun, apabila perdarahan terus meningkat dengan bertambahnya nyeri perut, hal itu perlu diwaspadai sebagai tanda dari abortus. Dikarenakan tidak adanya kepastian perdarahan akan bertambah berat atau tidak, pastikan kamu selalu melaporkan kejadian perdarahan apapun bentuknya kepada orang lain, seperti dokter kamu dan keluarga. Selain itu, pastikan kamu tidak panik dan tetap berpikir positif.

 

HAWA Team: Lidya Sihombing

Gambar: Google Search

Hi Sahabat Hawa, ingin dapatin hadiah menarik dengan cara yang sangat mudah. yuk langsung ke HAWA Sosialita, akan ada berbagai contest seru setiap harinya lho yang menunggu kamu disana! Untuk kamu yang belum memiliki HAWA, langsung saja klik link dibawah gambar contest ya. Buruan jangan sampai ketinggalan!

Tidak hanya itu, dapatkan juga berbahagai hal menarik di aplikasi khusus wanita ini yakni: Tips-tips bermanfaat, Kalender pintar dan Solusi dari para dokter ahli mengenai semua masalah kamu.

1

Menjadi Wanita Indonesia yang Selangkah Lebih Maju, Dengan Fitur-fitur Dari HAWA!

Salam Cinta,

HAWA

Instagram: @hawaku @hawavideo
Twitter: @hawaapp
Facebook: Hawa – Aplikasi Wanita
Website: http://www.hawaku.com

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s