Waspadai Bahaya Acetone dan Cara Mengatasinya

Sudah bukan rahasia lagi jika senyawa yang terdapat dalam nail remover tidak baik bagi kesehatan kuku dan kulit sekitarnya. Meski orang sering menyebut pembersih kuteks dengan sebutan acetone, sebenarnya acetone sendiri bukan satu-satunya bahan yang yang berfungsi sebagai pembersih cat kuku. Acetone adalah cairan kimia jernih dan tidak berwarna, mudah menguap, dan bersifat mudah terbakar. Penggunaan acetone yang berlebihan dapat menimbulkan berbagai masalah bagi kecantikan dan kesehatan.

1.jpg

 

Pada sisi kecantikan, terlalu sering membersihkan kuteks dengan menggunakan acetone akan membuat kuku menjadi kering, mudah patah, dan rapuh serta membuat warna kuku menjadi kusam jika kamu menggunakannya dalam jangka waktu terlalu sering. Sementara itu untuk sisi kesehatan, penggunaan acetone yang terlalu berlebihan dapat menimbulkan masalah ringan seperti sakit kepala, iritasi mata, dan mual hingga beberapa keluhan berat seperti kerusakan sistem syaraf, ketidaksadaran, kerusakan sistem kerja hati, hingga koma.

2.jpg

Tentunya untuk beberapa gejala berat tersebut memang terjadi jika penggunaan acetone dengan konsentrasi yang cukup tinggi. Tetapi untuk mencegah gejala seperti pusing, bibir kering, dan sakit kepala yang cenderung timbul saat kamu menghirup bau acetone ketika membersihkan kuteks. Sebaiknya lakukan beberapa hal berikut:

 

Rendam tangan dalam wadah air hangat selama 5-7 menit hingga kuku dan sisa kuteks melunak. Sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk dihilangkan. Jadi kamu tidak perlu berhubungan dengan acetone dalam waktu yang lama.

 

Gunakan masker saat akan dan selama membersihkan kuteks agar aroma dan udara yang dikeluarkan dari acetone tidak terhirup.

 

Jaga jarang antara hidung dan acetone agar tidak terlalu dekat.

 

Menjauhlah dari barang-barang yang mengandung api atau berpotensi memberikan efek bakar seperti lilin yang sedang menyala.

 

Jangan terlalu sering menggunakan acetone atau kuteks agar kuku tetap sehat. Istirahatkan kuku dari berbagai cat kuku sesering mungkin dan hanya menggunakan nail polish atau kuteks untuk momen-momen tertentu agar kamu tidak harus terus berurusan dengan acetone.

3.jpg

 

HAWA Team: Caroline Michael

Gambar: Google Search

 

Hi Sahabat Hawa, ingin dapatin hadiah menarik dengan cara yang sangat mudah. yuk langsung ke HAWA Sosialita, akan ada berbagai contest seru setiap harinya lho yang menunggu kamu disana! Untuk kamu yang belum memiliki HAWA, langsung saja klik link dibawah gambar contest ya. Buruan jangan sampai ketinggalan!

Tidak hanya itu, dapatkan juga berbahagai hal menarik di aplikasi khusus wanita ini yakni: Tips-tips bermanfaat, Kalender pintar dan Solusi dari para dokter ahli mengenai semua masalah kamu.

1Smart-Calendar_600-x-600

Menjadi Wanita Indonesia yang Selangkah Lebih Maju, Dengan Fitur-fitur Dari HAWA!

Salam Cinta,

HAWA

INSTAGRAM: @HAWAKU @HAWAVIDEO
TWITTER: @HAWAAPP
FACEBOOK: HAWA – APLIKASI WANITA
WEBSITE: HTTP://WWW.HAWAKU.COM

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s