Memahami Resiko dan Manfaat Water Birth Ala Andien

Tepat pada hari Sabtu 14 Januari 2017 kemarin, penyanyi beralunan Jazz Andien baru saja melahirkan bayi pertamanya. Bayi berjenis kelamin laki-laki itu diberi nama Anaku Askara Biru. Ada yang unik dari proses persalinan yang dilakukan oleh pelantun lagu “Moving On” tersebut, iya isteri dari Irfan Wahyudi ini memilih metode Water Birth pada pengalaman pertamanya melahirkan.

Di Indonesia sendiri tentu metode yang Andien lakukan bukanlah hal pertama. Pada tahun 2013 saja American Pregnancy Association menegaskan bahwa persalinan di dalam air membantu agar kontraksi ibu lebih efisien, memperlancar sirkulasi darah, mengurangi nyeri persalinan, dan menyediakan lebih banyak oksigen untuk bayi.

Sahabat tentu menarik bila kita mengetahui berbagai mafaat dan dampak dari Water Birth diantaranya :

  • Efek relaksasi. Air dapat memberikan efek relaksasi saat wanita yang akan melahirkan masuk ke dalam kolam air hangat. Hal ini juga dapat membuat ibu bernapas lebih teratur untuk mengurangi rasa sakit saat kontraksi.

  • Lebih mudah bergerak. Dalam keadaan mengapung di dalam air, Ibu akan merasa lebih ringan sehingga lebih mudah bergerak untuk mencari posisi yang nyaman

  • Privasi. Melahirkan dengan metode water birth memberikan lebih banyak privasi. Efek ini bisa makin terasa dengan meredupkan lampu dan menjaga agar ruangan tidak terlalu berisik.

    15877415_139233346577996_302787751189676032_n1

Sahabat perlu diketahui diantara banyaknya manfaat baik dari Water Birt tentu adapula resiko yang perlu diwaspadai, diantaranya kemungkinan adanya Tenggelam, Pneumonia Paru (masuknya air kedalanm paru bayi), hingga infeksi lain akibat lilitan tali pusar saat bayi hendak keluar. Namun itu semua sebenarnya bisa ditanggulangi dengan berkonsultasi dan mempercayakan metode kelahiran dengan dokter berpengalaman yang sudah sangat baik dalam menangani persalinan dengan metode ini.

Bagaimana, apakah kamu tertarik mencoba metode Water Birth? Di Indonesia sendiri kisaran harganya saat ini menginjak 12-17 juta rupiah. Bila ada masukan atau pengalamanmu dalam proses melahirkan jangan lupa juga untuk tulis pada kolam komentar dibawah yah. Sedikit berbagi dari kita tentu sangat berarti bagi banyak orang. Ditunggu Like dan komentarnya ya sahabat…

Source : Team HAWA

Picture : Instagram @andienaisyah

lovegoalshawa

Setiap kita menjalin hubungan dengan seseorang pasti suatu target ingin kita capai untuk membahagiakan orang yang kita sayang. Cinta bisa diungkapkan kepada siapa saja baik pasangan, orang tua, keluarga, juga sahabat hingga kepada Tuhan. Kita semua pasti memiliki bentuk kasih sayang yang berbeda untuk ditunjukan kepada orang yang kita cinta.

Untuk itu, memasuki tahun 2017 ini pasti ada target yang ingin kalian capai untuk mereka. Nah, kali ini HAWA menantang kalian untuk share target cinta kalian kepada mereka dengan cara mendownload App Hawa di google play, lalu posting ceritamu dengan judul #Lovegoals (target cintamu) kemudian share kebanyak teman. 5 orang beruntung dengan Likes terbanyak mendapatkan kosmetik cantik berupa Liptint dari TonyMoly. Sahabat Hawa, Yuk tunjukan kepada siapa #Lovegoals mu tahun ini kami tunggu…

*Pemenang diumumkan, tanggal 19 Januari 2017.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s