Sensasi Lotus Birth Yang Membiarkan Plasenta Menggelantung

Sahabat Hawa, di Indonesia sendiri ketika seorang bayi lahir, dokter/bidan yang menangani langsung mengunting tali pusar bayi untuk selanjutnya masuk ke proses pembersihan. Tapi baru-baru ini, sebuah inovasi muncul ketika ada beberapa orang yang membiarkan untuk beberapa saat setelah lahir sang bayi dibiarkan tertidur bersama dengan plasenta (ari-ari) yang terurai.

Beberapa orang yang menganggap hal itu seni, mereka mengabadikannya dalam sebuah bentuk fotografi. Tapi taukah kamu bahwa ada penjelasan mediss terkait hal tersebut. Ternyata Word Healt Organization (WHO) badan kesehatan resmi dari dunia benar menganjurkan untuk tidak langsung memotong plasenta dan membiarkan itu menggantung selama 3 menit.

caa0d8dce06fded76d057200e09af6f5

Tujuannya adalah agar darah yang berada dalam plasenta dapat mengalir ke bayi dan memungkinkan bayi kita lahir lebih sehat. Pernyataan tersebut juga didukung oleh sebuah penelitian yang melibatkan 3.911 wanita beserta dengan bayinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penundaan pemotongan plasenta tidak akan menimbulkan risiko pendarahan pada ibu.

Justru fakta sebaliknya, bayi akan memiliki kadar hemoglobin dan kadar zat besi yang lebih tinggi. Selain itu, bayi juga akan memiliki berat badan yang lebih proporsional. Dr. Philippa Middleton dari Universitas Adelaide berkata, “Penundaan pemotongan plasenta setelah kelahiran telah memberikan bukti pada peningkatan konsentrasi hemoglobin dan kadar zat besi pada bayi. Untuk itu, menunda untuk memotong plasenta pada bayi tampaknya dibenarkan.” Ia melanjutkan bahwa masyarakat harus mempertimbangkan metode ini karena secara tidak langsung dapat meminimalisir risiko bayi mengidap penyakit kuning.

Source : Team Hawa
Picture : Pintrest.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s