Menyusui Tidak Buat Payudara Kendur, Begini Penjelasanya

Sahabat Hawa, bagi kalian yang sudah melahirkan dan merasakan proses menyusui pasti mengalami rasanya payudara mengendur atau tidak sekencang saat gadis dulu. Banyak yang mengira ini diakibatkan oleh adik bayi yang menyusu langsung dari payudara. Namun benarkah itu adalah penyebab utamanya ?

Secara anatomi, payudara terdiri dari kelenjar susu, saluran susu, jaringan lemak dan tidak memiliki otot. Sepanjang hidup seorang perempuan, ukuran, bentuk, dan posisi payudaranya akan berubah-ubah. Setelah menyusui anak, ukuran dan wujud payudara memang cenderung berubah karena terjadi breast involution, yaitu proses menyusutnya ‘sistem produksi susu’ di dalam payudara akibat berhentinya produksi ASI.

775e53d09e1772d56a00101811d4428f
Nah, menyusutnya ‘isi’ payudara ini biasanya tidak diikuti dengan menyusutnya kulit. Payudara pun jadi terlihat ‘kempis’ dan menggantung kendur. Kalau begitu benar dong, menyusui adalah penyebab kendurnya payudara? Iya, memang ada pengaruhnya tapi sebenarnya tidak signifikan. Pada tahun 1998 – 2006, ahli bedah plastic dari University of Kentucky, Brian Rinker dan koleganya melakukan penelitian soal faktor-faktor yang menyebabkan payudara wanita menjadi kendur.

Penelitian dilakukan terhadap 132 wanita yang menjalani operasi memperbaiki payudara. Mayoritas sudah pernah hamil setidaknya satu kali dan 60 persen pasien tersebut pernah menyusui. Tim peneliti mengevaluasi sejarah medis para pasien, berat dan tinggi badan, ukuran cup bra mereka sebelum hamil, dan apakah mereka merokok.

Hasilnya tidak ada perbedaan derajat keparahan kendurnya payudara (istilah medisnya ptosis) antara pasien yang menyusui dan yang tidak menyusui! Yang justru berpengaruh cukup signifikan adalah kehamilan. Selama hamil, ukuran payudara wanita berubah seiring kenaikan berat badan dan berkembangnya kelenjar-kelenjar susu.

Jadi,, sahabat Hawa mengerti bahwa sebenarnya payudara yang mengendur tidak selalu disebabkan karena menyusui, melainkan karena proses kehamilan. Namun kamu setidaknya bisa mengembalikan kepadatan payudara dengan rajin mengkonsumsi buah pepaya, menggunakan bra menyusui, dan rajin berolahraga. Semoga bermanfaat ya, jangan lupa share pengalamanmu di kolam komentar…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s