Fakta Ngidam dan Mitos Bayi “Menge’ces”

Sahabat Hawa, bagi kamu yang mengalami masa kehamilan tentu pernah merasakan yang namanya Ngidam. Biasanya kondisi ini membuat ibu hamil ingin mengkonsumsi makanan apa pun yang terlintas dipikirannya. Selain kudapan yang biasa disantap oleh orang normal pada umumnya, sering kali ibu hamil meminta suatu santapan  yang tidak biasa dikonsumsi.

Nah,  Sebenarnya tidak ada alasan ilmiah yang jelas mengapa ibu hamil mengalami ngidam. Tapi, ada teori yang menyatakan bahwa keinginan mengonsumsi sesuatu timbul akibat tubuh ibu hamil mengalami kekurangan nutrisi tertentu.

Jadi contohnya seperti ini ketika kamu sedang ngidam daging-dagingan, seperti burger, mungkin menjadi pertanda bahwa tubuhnya kekurangan protein, kalium, atau natrium. Jadi, bukan makanan yang sebenarnya diinginkan, melainkan nutrisi yang terdapat di dalamnya.

0e5351664cc8f22c6eb81a4e555747a2

Dan bagi ibu hamil yang kebetulan ngidam sesuatu yang jika dimakan bisa membahayakan dirinya dan janin, seperti krayon, bedak, atau benda-benda kotor, kemungkinan itu jadi pertanda bahwa tubuhnya kekurangan zat besi. Namun dilain hal ada pula penelitian yang tidak melihat adanya kaitan antara ngidam dan kebutuhan nutrisi tubuh.

Kamu pasti mendengar mitos yang menyatakan bahwa jika ngidamnya ibu hamil tidak dipenuhi, maka Si Kecil akan mengeluarkan air liur terus-menerus. Tapi, itu hanyalah mitos belaka. Apalagi ketika kamu mengidam makanan yang berbahaya bagi janin, jikapun tidak dituruti iti tidak akan bermasalah pada bayi kelak. Bagi ibu hamil disarankan ketika mengidam jauhi makanan yang mengandung kalori berat dan nutrisi buruk, lemak tinggi, yang membuat berat badan ibu hamil jadi melonjak.

Dianjurkan konsumsilah makanan sehat, bergizi yang tetap bisa memunuhi kebutuhanmu tanpa membuat berat badan melonjak tanpa arti. Jadi kendalikan nafsu makan saat mengidam ya, ingat utamakanlah kesehatanmu dan janin.

Nah, sahabat bagaimana? seperti apa sih pengalamanmu menjalani masa-masa ngidam? Jangan lupa tulis di kolom komentar yaah…

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s