Seks Saat Nifas? Catat Nih Dampak dan Resikonya

Sahabat Hawa dalam hal berhubungan intim pasca persalinan tidak ada perbedaan antara melahirkan secara normal atau caesar. Secara medis, sebaiknya kamu dan suami disarankan untuk menunggu paling tidak 6 minggu (40 hari) pasca persalinan sebelum bisa berhubungan intim kembali.

Karena saat itu, organ kelamin wanita sudah kembali normal dan rahim juga telah kembali pada ukuran sebelum hamil. Jika memaksa sebelum waktunya, justru akan membuat jaringan Miss V robek dan luka kecil. Akibatnya terjadi pendarahan dan rasa tidak nyaman di Miss V.  Perlu diketahui, Masa nifas ini bersifat individual pada tiap wanita, bisa lebih pendek ataupun lebih panjang.

Pada masa nifas, terjadi pengeluaran darah dari vagina yang merupakan pembersihan terhadap sisa-sisa kehamilan. Kesiapan berhubungan intim selama masa nifas, sebenarnya tergantung pada kesiapan istri. Namun ada hal yang perlu dikhawatirkan adalah perlukaan pada organ kelamin pada saat melahirkan yang meningkatkan kemungkinan infeksi ataupun perdarahan saat hubungan intim.

Oleh karena itu, sebaiknya berkomunikasilah dengan suami mengenai kesiapanmu, bila menginginkan hubungan seksual lakukanlah dengan hati-hati. Catatan nih buat kamu yang tetep nekat, Kehamilan tetap mungkin terjadi lho selama berhubungan intim pada masa nifas. Untuk itu dianjurkan agar menggunakan kontrasepsi setelah melahirkan untuk mencegah kehamilan dengan jarak terlalu dekat, terutama apabila kamu tidak menyusui bayi secara eksklusif.

Tak lupa diskusikanlah dengan dokter kandunganmu terkait pemilihan kontrasepsi yang tepat selama masa menyusui. Untuk memastikan apakah kamu hamil atau tidak, lakukan pemeriksaan test pack 7-10 hari setelah hubungan intim, dan konfirmasi ulang 1 minggu kemudian. 

Source : Team Hawa

Picture : Google

Hi Sahabat Hawa, Ayo dapatin hadiah menarik dengan cara mudah. Yuk masuk ke HAWA Sosialita, ada berbagai contest seru setiap harinya yang punya banyak hadiah buat kamu sebanyak-banyaknya ! Untuk kamu yang belum memiliki HAWA, langsung saja klik link dibawah gambar contest ya. Buruan jangan sampai ketinggalan!

Tidak hanya itu, dapatkan juga berbahagai hal menarik di aplikasi khusus wanita ini yakni: Tips-tips bermanfaat, Kalender pintar dan Solusi dari para dokter ahli mengenai semua masalah kamu.

1smart-calendar_600-x-600

Menjadi Wanita Indonesia yang Selangkah Lebih Maju, Dengan Fitur-fitur Dari HAWA!

Salam Cinta,

HAWA

INSTAGRAM: @HAWAKU @HAWAVIDEO
TWITTER: @HAWAAPP
FACEBOOK: HAWA – APLIKASI WANITA
WEBSITE: HTTP://WWW.HAWAKU.COM

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s