Bila Si Kecil Terlalu Lama Mengempeng, Ini Dampaknya

Sahabat Hawa, sebagai orangtua tentu kita selalu mencari cara untuk membuat anak kita merasa nyaman dan tidak rewel setiap saat. Beberapa bayi mungkin bisa ditenangkan dengan digendong atau diayun dan nyaman menghisap hanya ketika menyusu. Tapi bayi lain masih ingin terus menghisap meski tidak merasa lapar. Dalam hal ini Empeng bisa jadi solusi bila bayi masih ingin menghisap setelah minum ASI atau susu formula.

Tapi perlu diingat bahwa Empeng bukanlah pengganti susu, banyak adik bayi yang sudah terlanjur ketagihan mengempeng lantaran kebiasaan sang ibu memberikannya padahal empeng juga punya sisi negatif bagi tumbuh kembangnya loh apa saja? Ini dia : 

Sisi Positif Empeng 

  • Empeng untuk bayi bisa menjadi pengalihan sementara. Empeng bisa digunakan selama dan setelah bayi melakukan imunisasi, tes darah, atau prosedur lain.
  • Empeng bisa langsung dibuang. Ketika sudah waktunya menghentikan kebiasaan ngempeng, Ibu bisa cepat menjauhi adik bayi dari benda ini.
  • Empeng bantu bayi tertidur. Bila bayi kesulitan tidur, empeng bisa membantunya.
  • Empeng bisa menenagkan bayi. Empeng bisa memberikan efek rileksasi pada bayi hal ini lantaran ujung bayi yang kenyal membuatnya asik dan sibuk memainkannya 

Sisi Negatif Empeng

Penggunaan empeng bisa meningkatkan resiko infeksi telinga  bagian tengah pada bayi dan anak kecil. Karena resiko infeksi ini umumnya lebih rendah pada bayi yang masih kecil, akan lebih baik jika ibu menghentikan penggunaan empeng jika si kecil sudah berusia 6 bulan, terutama bila bayi rentan mengalami infeksi telinga. Bayi yang menggunakan empeng sebelum terbiasa menyusu kadang mengalami bingung puting, yang mengganggu keberhasilan menyusu.

Tak hanya itu, mengempeng juga menyebabkan ketergantungan dan menyulitkan si anak untuk mengenal isapan yang lain. Bila kamu membolehkan anak menggunakan empeng tapi ingin menghindari kesulitan menghentikannya, sudahi penggunaan empeng ketika ia mencapai usia 1 tahun. Tidak berlebihan menggunakan empeng bisa membuat anak tidak bergantung pada benda tersebut.

350x262xs3009-03-babyp20pacifier-jpg-pagespeed-ic-oafuhuaa5z

Sahabat Hawa perlu diketahui bahwa manfaat empeng semakin berkurang ketika bayi bertambah besar. Meski kebanyakan bayi berhenti menggunakan empeng antara usia 2 hingga 4 tahun, ada juga yang perlu bantuan untuk berhenti dari kebiasaan ini.

Untuk itu bila menemukan anak sulit lepas dari kebiasaan mengisap empeng/jempol lebih baik alihkan perhatiannya pada hal lain seperti mainan edukasi atau gerakan tangan yang mencegahnya untuk mencari empeng. Selebihnya konsultasikan bersama dokter bila kamu membutuhkan bantuan tambahan untuk menghentikan penggunaan empeng pada anak.

Source : Team Hawa

Picture : Google

Hi Sahabat Hawa, Ayo download Aplikasi Hawa di Googleplay dan dapatin hadiah menarik dengan cara mudah. Yuk masuk ke HAWA Sosialita, ada berbagai contest seru setiap harinya yang punya banyak hadiah buat kamu sebanyak-banyaknya ! Untuk kamu yang belum memiliki HAWA, langsung saja klik link dibawah gambar contest ya. Buruan jangan sampai ketinggalan!

Tidak hanya itu, dapatkan juga berbahagai hal menarik di aplikasi khusus wanita ini yakni: Tips-tips bermanfaat, Kalender pintar dan Solusi dari para dokter ahli mengenai semua masalah kamu.

1smart-calendar_600-x-600

Menjadi Wanita Indonesia yang Selangkah Lebih Maju, Dengan Fitur-fitur Dari HAWA!

Salam Cinta,

HAWA

INSTAGRAM: @HAWAKU @HAWAVIDEO
TWITTER: @HAWAAPP
FACEBOOK: HAWA – APLIKASI WANITA
WEBSITE: HTTP://WWW.HAWAKU.COM

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s