Ini Sosok Natasha, Penyaji #Makanmayit Berbentuk Tubuh Bayi

img_4516

Sahabat Hawa, sudah taukah kamu tentang kemunculan sebuah akun di Instagam bernama @roodkapje yang menebar kekhawatiran masyarajat khususnya para kaum ibu dengan #makanmayit. Roodkapje atau diketahui bernama asli Natasha Tontey adalah seorang seniman Indonesia kelahiran 1989 yang mencoba mengexplore propaganda dunia kanibalisme kedalam bentuk makanan.

Cukup sulit sebelumnya menelusuri soal siapa dan apa asal-usul dari @roodkapje tersebut, dikarenakan akun milknya yang dikunci. Menilik kebelakang, akun milik Natasha @roodkapje dikenal luas masyarakat akibat sebuah foto makan malam bersama yang menampilka menu makanan nyeleneh ia memotong-motong boneka bayi dan meletakan makanan diatasnya. Dengan caption meyeramkan Natasha menuliskan

3
“Jadi suster pelayan semalam di panti asuhan natasha ordo nunsense yang menggelar acara #makanmayit. Menyajikan roti tete yang terbuat dari bakteri ketek bayi dengan cheese spread dari asi murni, minuman darah segar anggur perjamuan terakhir, sup kuping bayi, dan penutup mulut yang manis otak bayi berlumuran darah segar,”begitu kata akun @naninmamonto sebagai peserta dari acara #makanmayit.

1

Acara inilah yang dilaksanakan pada Sabtu (25/02) di Jakarta tersebut diadakan oleh Natasha bekerja sama dengan Footurama. Berkonsepkan ‘pertunjukan makan malam’ untuk 15 orang yang informasinya disebar di media sosial, lewat akun Youtube-nya, Natasha menyebut acara berjudul Makan Mayit ini bertujuan untuk mengeksplorasi “psikodinamika dari fantasi kanibal.”

Salah satu dari 15 orang yang hadir pada acara ‘Makan Mayit’, aktivis kesetaraan gender dan musisi Kartika Jahja menyatakan aktivitas itu merupakan sebuah “eksperimen”. “Saya ikutan karena yang ditawarkan adalah konsep propaganda. Bagaimana propaganda itu dapat membentuk opini publik, meskipun faktanya tidak seperti itu. Misalnya film G30S/PKI (yang dipertontonkan) dan membuat orang percaya begitu saja.”katanya.

2

Lalu eksperimen propaganda seperti apa yang ingin diuji ‘Makan Mayit’?Propaganda apa?Makanan yang disajikan dalam piring dari boneka bayi yang dibelah itu adalah “makanan vegetarian”. Ada kue berbentuk bayi dan sup yang disajikan dalam kantong penyimpanan ASI (air susu ibu). Selain sajian yang berbentuk bayi, ‘propaganda’ bahwa yang dimakan adalah daging manusia, menurut Kartika dihadirkan lewat atmosfer, musik-musik, yang pada akhirnya membuat Kartika benar-benar “tidak bisa lagi memakan makanan” yang sebenarnya vegetarian itu.

Tak hanya itu dalam akun instagram miliknya Natasha ternyata sering kali memposting foto atau video yang berhasil membuat orang mual untuk menelan makanan. Berbagai macam makanan berbentu bayi dan potongan-potongan tubuh bayi dengan mudah dilahapnya. Ia bahkan sering menuliskan caption bernuansa seram yang membuat banyak orang yakin bahwa ia tengah memakan bayi.

Sebab hasil karya seninya yang terkesan “gila” ini Natasha sekarang tengah menjadi bahan kritikan pedas para netizen. Banyak yang mencap Natasha dengan sebutan Seniman Sakit Jiwa dan tak pantas untuk ada di Indonesia karena dianggap telah melukai hati banyak Ibu. Namun tak sedikit pula netizen yang mendukung aksi Natasha dan menganggap ini adalah perjuangan dalam karya seninya.

“Haduh mbak kelewatan, gak membayangkan apa hati para Ibu di Indonesia melihat hal seperti ini?”tulis @retnoania09 di postingan baru Natasha. “Eksperimen artistik itu kan untuk membuka pikiran orang, baik yang mengikuti ataupun yang akan menerima informasi itu. Akan muncul pertanyaan-pertanyaan. Setiap kali orang dibuat bertanya, itulah fungsi seni. Kalau ada seni tetapi hanya satu arah, itu bukan seni, itu propaganda,” kata sutradara Joko Anwar yang menganggap #makanmayit sebuah edukasi untuk masyarakat.

Terlepas dari berbagai kontroversi dan masalah hukum yang kini tengah membelitnya Sore ini (27/02) Natasha baru saja menulis permohonan maafnya secara resmi kepada masyarakat luas khususnya AIMI Jogja (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia) yang sempat dsinggung oleh Natasha pada sebuah postingannya.

Source : Team Hawa
Picture : Instagram

Hi Sahabat Hawa, Ayo download Aplikasi Hawa di Googleplay dan dapatin hadiah menarik dengan cara mudah. Yuk masuk ke HAWA Sosialita, ada berbagai contest seru setiap harinya yang punya banyak hadiah buat kamu sebanyak-banyaknya ! Untuk kamu yang belum memiliki HAWA, langsung saja klik link dibawah gambar contest ya. Buruan jangan sampai ketinggalan!

Tidak hanya itu, dapatkan juga berbahagai hal menarik di aplikasi khusus wanita ini yakni: Tips-tips bermanfaat, Kalender pintar dan Solusi dari para dokter ahli mengenai semua masalah kamu.

1smart-calendar_600-x-600

Menjadi Wanita Indonesia yang Selangkah Lebih Maju, Dengan Fitur-fitur Dari HAWA!

Salam Cinta,

HAWA

INSTAGRAM: @HAWAKU @HAWAVIDEO
TWITTER: @HAWAAPP
FACEBOOK: HAWA – APLIKASI WANITA
WEBSITE: HTTP://WWW.HAWAKU.COM

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s