Pengen Cinnamon Rolls Yummy? Yuk Kita Buat Sendiri, Mudah kok

Sahabat Hawa, kamu pasti tau dong dengan jenis kue yang satu ini. Dari bentuknya aja sudah bikin kita ngiler. Hm, kayanya yummy banget nih rasanya. Yup ini adalah Cinnamon roll sebuah roti dalam betuk gulunga yang disetiap gulungannya terdapat kayu manis yang telah meleleh setelah matang. Nama cinnamon rolls bisa disebut juga dengan cinnamon bun karena setiap roll yang terbentuk dari bahan roti.
 

 
Makanan berbahan dasar tepung terigu, mentega, gula dan kayu manis ini memiliki rasa manis dengan aroma yang khas. Tak hanya rasa dan aroma dalam penyajiannya cinnamon roll dalam penyajiannya kerap kali diberikan oleh icing berupa campuran gula, air dan mentega. Nah, untuk mewujudkan keinginan kalian yang pada penasaran nih Hawa kasih resepnya. Gampang deh, buat yuk : 
Bahan kue:
– 200 gr tepung terigu serbaguna
– 1 sdt ragi instan
– 0,5 sdt gula pasir
– 25 ml air hangat
– 1 butir telur
– 40 ml susu cair
– 25 ml mentega cair
– 100 gr gula pasir
– 2 sdt kayu manis bubuk
– garam secukupnya.
– Kismis/coklat chips/nutella untuk topping jika perlu.
Alat: 
– Plastik wrap untuk menutup kue agar mengembang.
– 2 buah wadah 20 x 20 (atau sesuai selera dengan takaran resep)
 

 
Cara membuat:
1. Tuang air hangat dan masukan ragi serta sedikit gula pasir (0,5 sdt). Kemudian aduk secara merata, diamkan hingga mengeluarkan buih.
2. Siapkan wadah kedua, masukkan tepung terigu dan tambahkan 1,5 sdm gula pasir dan garam. Aduk hingga menjadi sebuah adonan. Selanjutnya beri lubang pada adonan untuk memasukan telur, mentega cair, susu cair, dan campuran air ragi yang telah aktif.  Lalu uleni hingga kalis.
3. Selanjutnya siapkan plastik wrap. Tutup adonan dengan plastik wrap dan tunggu selama kurang lebih satu jam. Pastikan semua tertutup sehingga tidak ada udara yang masuk.
4. Setelah satu jam, adonan akan mengembang. Adonan tersebut dicampur dengan gula pasir dan bubuk kayu manis. Campur hingga rata.
5. Adonan yang telah tercampur kemudian dipipihkan dan diratakan dengan rolling pin. Jika tidak ada pakai gelas atau alat apapun yang bisa meratakan. Ratakan adonan hingga membentuk persegi. Jangan lupa oleskan mentega pada adonan yang telah dipipihkan.
6. Adonan yang dipipihkan kemudian ditaburi dengan kismis/ coklat chips/selai tergantung selera. Adonan persegi selanjutnya digulung hingga membentuk gulungan. Potong gulung adonan setebal 1,5 cm.
7. Sembari memotong, siapkan oven dengan suhu 177 derajat Celsius. Gulungan adonan yang telah terpotong kemudian ditata di loyang. Jangan lupa lapisi permukaan dengan mentega cair. Kemudian panggang adonan selama 15-20 menit dengan suhu 177 derajat Celsius.
8. Untuk semakin menambah cita rasa, kamu bisa tambahkan selai cokelat atau nutella di atas cinnamons-mu. Wallaaa…jadi deh Cinnamon Roll Ala Cafenya. Mudah kan?
 
Source : Team Hawa 
Picture : Pintrest
 
Baca juga kumpulan Resep laiinya di Tips-Ragam di Aplikasi Hawa dalam genggaman kamu
Baca juga artikel lainnya di Tips Aplikasi Hawa dalam genggaman kamu
Hi Sahabat Hawa, Ayo download Aplikasi Hawa di Googleplay dan dapatin hadiah menarik dengan cara mudah. Yuk masuk ke HAWA Sosialita, ada berbagai contest seru setiap harinya yang punya banyak hadiah buat kamu sebanyak-banyaknya ! Untuk kamu yang belum memiliki HAWA, langsung saja klik link dibawah gambar contest ya. Buruan jangan sampai ketinggalan!

Tidak hanya itu, dapatkan juga berbahagai hal menarik di aplikasi khusus wanita ini yakni: Tips-tips bermanfaat, Kalender pintar dan Solusi dari para dokter ahli mengenai semua masalah kamu.

1smart-calendar_600-x-600

Menjadi Wanita Indonesia yang Selangkah Lebih Maju, Dengan Fitur-fitur Dari HAWA!

Salam Cinta,

HAWA

INSTAGRAM: @HAWAKU @HAWAVIDEO
TWITTER: @HAWAAPP
FACEBOOK: HAWA – APLIKASI WANITA
WEBSITE: HTTP://WWW.HAWAKU.COM

Dapatkan Hal Imut, Menarik Dan Artikel Bermanfaat Dengan Mengunduh HAWA di Playstore!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s