Belum Juga Hamil? Bisa Jadi Ini Faktor Penyebabnya

Sahabat Hawa, bagi kamu yang tengah menanti kehamilan namun belum juga menemukan tanda-tandanya dan masih dalam masa penantian. Ada baiknya bila kamu mengetahui berbagai jenis faktor yang menghambat terjadinya proses kehamilan. Berikut Team HAWA berikan beberapa alasan mengapa kamu belum juga hamil,
 
1. Terlalu lama menunda kehamilan
Taukah kamu bahwa sebenarnya tindakan menunda kehamulan bukanlah solusi yang tepat meskipun kamu saat itu tengah dalam proses pendidikan atau sibuk mengejar karier. Perlu diingat usia 30 tahun keatas adalah usia yang cukup rawan untuk wanita yang masih belum hamil, karena biasanya wanita pada usia tersebut lebih punya kemungkinan yang kecil untuk hamil dibandingkan wanita usia 20-an. 
 
2. Menoupose Dini
Terjadinya kekurangan atau hilangnya menstruasi ditandai dengan folikel ovarium sebelum wanita memasuki usia 40 tahun. Perempuan memasuki menoupause apabila fungsi ovarium dan datang bulan terhenti. Menopause dini dapat disebabkan karena radiasi yang memicu kekebalan di dalam tubuh wanita tersebut. 
 
3. Kerusakan Tuba
Adanya penyumbatan atau adanya jaringan perut yang disebabkan karena meradangnya saluran tuba sehingga mempengaruhi kesuburan. Kerusakan tersebut disebabkan karena infeksi penyakit menular seksual teruatama oleh klamidia. Kasus lainnya dapat dikarenakan penyumbatan penyakit karena radang panggung atau pasca operasi kehamilan ektopik.

 
4. Endometriosis
Jaringan rahim yang tumbuh di bagian luar rahim sehingga mempengaruhi indung telur, saluran telur, telur, rahim dan juga fungsi sperma. Pada kasus ringan, konsepsi mungkin terjadi karena tidak semua wanita mengalami gangguan kesuburan.
 
5. Gaya Hidup Tidak Sehat
Kebiasaan dengan gaya hidup yang tidak sehat dapat mempengaruhi kesuburan salah satunya ketika anda adalah pecandu rokok atau makanan cepat saji yang banyak mengandung lemak tidak sehat. Tak hanya itu stress, disetrtai aktivitas yang berlebih dan terlalu padat memungkinkan kamu tidak sedang dalam kondisi prima saat tengah melakukan hubungan dengan suami
 
Perbanyaklah konsumsi makanan dan minuman yang mengandung asam folat, omega 3, vitamin B dan D seperti yang terkandung dalam biji-bijian, sayuran hijau, dan daging sapi. . Perhatikan pula konsumsi obat-obatan yang dapat menyebabkan gangguan kesuburan, usahakan konsultasikan dengan dokter untuk pencegahan obat obatan tertentu. 
 
Nah, sahabat Hawa kiranya itulah beberapa faktor yang mungkin saja menyebabkan belum terwujudnya kehamilan yang kamu dan pasangan impikan. Dari semua catatan yang tertulis diatas tentu yang pertama doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa adalah sumber dari tercapainya harapan yang kita inginkan. 
 
Yang terpenting juga jangan pernah berputus asa, serahkkan semuanya kepada Tuhan dan jangan peernah bosan dan lelah akan usaha yang kalian tengah lakukan. Semoga saja artikel ini bermanfaat dan kehamilan yang kalian dambakan agar segera terwujudkan,  Amien bersama yuk Sahabat Hawa…

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Hawa Sahabat wanita Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s