Mens Dibawah Usia 12 Tahun? Awas Kamu Beresiko Menopause Dini

Sahabat Hawa, boleh tau berapa usiamu waktu pertama kali haid? Hati-hati ternyata sebuah penelitian menemukan bahwa wanita dengan haid pertama dibawah usia 12 tahun lebih rentan mengalami menopause dini, alias sulit memiliki keturunan lagi. Lho kok bisa? 
 
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para profesor di University of Queensland, Australia mengungkap adanya keterkaitan kuat antara usia pertama kali wanita mengalami menstruasi dengan waktu memasuki fase menopause. Menstruasi dan menopause adalah dua fenomena penting dalam kehidupan reproduksi wanita. Keduanya menandakan ada perubahan berskala besar pada fungsi alat kelamin wanita.
 
Ini artinya, tidak heran jika keduanya berhubungan antar satu sama lain. Hasil dari penelitian yang dipimpin oleh seorang profesor jurusan epidemology bernama Gita Mishra ini menunjukan bahwa, wanita yang sudah menstruasi sejak usianya masih 12 tahun lima kali lebih mungkin alami menopause dini. Apa sebabnya ?
 

 
“Mengetahui usia pertama kali wanita menstruasi itu penting agar nantinya tidak kaget jika tiba-tiba menopause. Ini juga jadi hal penting supaya wanita lebih rajin konsultasi ke dokter soal punya anak, kalau tahu pasti kan jadi bisa mengukur waktu yang tepat untuk membuat anak,” jelas Mishra kepada Live Science, mengutip Live Science.
 
Penelitian ini dilakukan berdasarkan observasi terhadap 51.450 kasus menopause di Inggris, Skandinavia, Australia dan Jepang. Tak hanya itu menurut studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology, wanita yang menstruasi sebelum usia 11 tahun cenderung memiliki berat badan berlebih sejak anak-anak. Selain itu, mereka juga cenderung memiliki aktivitas fisik yang rendah saat mereka beranjak dewasa. 
 
CIRI-CIRI MENOPAUSE DINI
Perlu diketahui bawa Menopause dini umumnya memiliki gejala yang hampir serupa dengan menopause yang terjadi secara normal. Keluhan menopause yang sering diungkapkan diantaranya, menstruasi yang tidak teratur, menstruasi yang lebih banyak ataupun sedikit dibanding biasanya. Selain itu, tak jarang merasakan sensasi panas seketika yang menyebar ke tubuh bagian atas atau hot flushes.
Beberapa gejala lain yang mengikuti menopause dini, seperti vagina kering, kesulitan mengendalikan buang air kecil atau gangguan kandung kemih, dan kulit, mulut atau mata menjadi lebih kering. Pada sebagian wanita menopause juga mengakibatkan gangguan emosi seperti mood yang buruk, merasa tidak tenang, depresi ringan, sulit tidur hingga berkurangnya gairah seksual.
 
Cara Mengatasi
Sejauh ini tidak ada cara memprediksi kapan seorang wanita akan mengalami menopause. Hal itu hanya dapat diketahui ketika seorang wanita sudah masuk dalam masa transisi menopause. Jika kamu mengalami menopause di bawah usia 40 tahun, sebaiknya periksakan diri ke dokter agar penyebab dasarnya bisa diketahui. Namun perlu diketahui juga beberapa ciri menopause dini yang disebutkan diatas bisa juga terjadi pada wanita yang mengalami gangguan kesuburan dan bukan Menopause dini.
 
Source : Team Hawa
Picture : Google.com

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Hawa Sahabat wanita Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s