Masih Ngeflek Usai Menstruasi?Awas Itu Tandanya…

Sahabat Hawa, pernahkah kamu mengalami keanahean saat menstruasi seperti munculnya flek atau bercak darah setelah jadwal menstruasi telah selesai? Memang, menstuasi atau haid bisa datang lebih awal atau terlambat. Tapi, kalau muncul sedikit bercak darah satu atau dua minggu sebelum mulainya haid. Apa sebenarnya yang terjadi?
 
Berdasarkan riset seorang Ginekolog di NewYork-Presbyterian Hospital Timothy Ryntz, MD, menjelaskan, bercak di antara periode ini sangat umum terjadi. Meskipun hal tersebut belum tentu normal. Flek seperti itu belum tentu mengkhawatirkan.”Yang perlu diperhatikan adalah ketika terjadinya konsisten,” kata Dr Ryntz, sambil menambahkan terjadi lebih dari tiga siklus berturut-turut.
 
Apabila bercak muncul akibat fluktuasi hormonal, umumnya keluar dalam tiga siklus. Tapi, jika itu tidak terjadi, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda kemungkinan berurusan dengan penyebab yang lebih serius, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS). Faktor lain yang harus diperhatikan adalah warna bercak darah. Dr Ryntz mengatakan apabila darah berwarna gelap atau kecokelatan mungkin tak begitu mengkhawatirkan dibandingkan warna merah cerah.
 

 
“Itu menunjukkan sesuatu yang aktif terjadi,” katanya. Dr Ryntz mengatakan, kemungkinan ada luka kecil di vagina setelah seks kasar. Atau bisa juga akibat sesuatu yang lebih serius seperti kanker serviks. Sekali lagi, kuncinya konsistensi. Apabila terjadi sekali, lanjut Dr Ryntz itu bukan masalah besar. Tapi patut diperiksa apabila terjadi setiap kali Anda berhubungan seks.
 
Lantas, bagaimana menghentikan flek? “Tidak banyak yang dapat Anda lakukan selain menjaga kesehatan,” kata Dr Ryntz. Itu berarti langkah pertama menyingkirkan bercak adalah mencari tahu apa yang menyebabkannya.
Penyebab-penyebabnya
 
Dilansir dari Refinery, (31/3) berikut enam penyebab muncul bercak darah atau flek : 
 
1. Kamu tidak berovulasi
Penyebab paling umum dari bercak anovulasi, berarti Anda tidak berovulasi pasa bulan itu. Tapi hal tersebut tidak menghentikan berkembangnya lapisan endometrium. “Karena lapisan terbentuk, itu mulai tidak didukung dengan baik,” kata Dr Ryntz. Tanpa dukungan, lapisan mungkin mulai luruh sedikit demi sedikit, menyebabkan bercak.
 
2. Ovulasi
Di sisi lain, Dr. Ryntz mengatakan beberapa orang menemukan perubahan hormonal yang bertanggung jawab untuk ovulasi (khususnya penurunan tajam dalam estrogen) juga menyebabkan sedikit perdarahan.
 
3. Berhubungan seks
Ada sekelompok alasan mengapa Kamu mungkin mengalami pendarahan setelah berhubungan seks. Tapi paling sering, itu karena abrasi kecil atau luka dalam vagina yang disebabkan oleh hubungan seksual yang kasar.
 
4. Tiroid
Tiroid Kamu membantu mengatur periode menstruasi. Dr. Ryntz mengatakan tiroid yang kurang aktif (hypothyroidism) dapat menyebabkan bercak.
 
5. Memiliki sindrom ovarium polikistik (PCOS)
PCOS cenderung menyebabkan periode yang tak terduga. Dr. Ryntz mengatakan hal itu yang menjadi salah satu penyebab paling umum terjadinya bercak.
 
6. Hal serius
Ada beberapa infeksi, seperti klamidia dan vaginitis, yang dapat menyebabkan perdarahan. Tapi perdarahan yang sama sekali tidak berkaitan dengan periode Anda. “Dan ada kemungkinan sangat kecil tapi nyata, bercak menjadi tanda kanker serviks,” kata Dr Ryntz. Jika itu yang terjadi, pendarahan berwarna merah terang dan terjadi secara konsisten. Untuk memastikannya, periksakan diri Kamu ke dokter.
 
Bagaimana Sahabat Hawa? apakah diantara kalian turut merasakannya. Bila ada semoga informasi yang Hawa berikan bisa bermanfaat dan cukup memberi kamu wawasan untuk lebih wasapada terhadap gejala gangguan yang muncul. Jangan lupa Love dan Commentnya yah…
 
Source : Team Hawa
Picture : Google.com

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Hawa Sahabat wanita Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s