Sakit Berlebihan Saat Menstruasi? Awas Hal Ini Bisa Mengincarmu

Sahabat Hawa, setiap wanita pasti memiliki kecemasan yang berbeda ketika masuk pada masa menstruasi. Seperti datang terlambat, terlalu cepat, atau nyeri yang mengiringi datangnya menstruasi. Tentu kamu memiliki kekhawatiran dalam menghadapi waktu ini. Tapi perlu kamu ketahui, sebenarnya jika semua ini masih terjadi dalam batas waktu normal juga rasa sakit yang muncul tak sampai menghentikan aktivitasmu. Kamu sebenarnya tak perlu khawatir! 
 
Kecuali Jika hal ini berlangsung di luar kebiasaan, pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter Lalu seperti apa ciri haid yang diluar batas normal ini dia beberapa contohnya. Melansir laman Bustle, Sadora Baum, ahli kesehatan memaparkan cara mengetahui gejala menstruasi yang tidak normal.
 
1. Nyeri berlebihan
Kram atau nyeri perut sangat umum terjadi. Namun, nyeri yang berlebihan selama siklus menstruasi tidak dianggap normal.
 
2. Perdarahan hebat
Keluarnya aliran darah saat menstruasi memang bisa berbeda-beda, kadang sedikit kadang banyak. Namun pada menstruasi yang normal, hal ini tidak akan sampai mengharuskan kamu terus-terusan mengganti pembalut. Jika kamu sampai harus mengganti pembalut setiap jam selama lebih dari dua jam sehari, pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter.

 
3. Sakit Kepala berkepanjangan
Jika kamu merasa pusing saat menstruasi, hal itu dianggap abnormal. Semestinya wanita tidak mengalami pusing terus-menerus selama mens.
 
4. Waktu menstruasi tidak tepat
Salah satu faktor yang menyebabkan menstruasi terlambat karena pengaruh tekanan aliran darah yang tidak seimbang. Jika Kamu sering mengalami keterlambatan menstruasi, sebaiknya Kamu pergi ke dokter.
 
5. Depresi
Suasana hati dapat berubah kala menstruasi. Kamu bisa lebih mudah merasa bahagia dan sedih. Namun, jika rasa sedih itu kemudian berujung depresi, hal ini tidaklah normal. Kadar progesteron yang meningkat akan merangsang kortisol (hormon stres) sehingga membuat Kamu lebih emosional dari biasanya. Namun perubahan mood saat menstruasi normalnya tidak akan sampai depresi. Jika depresi berlebihan berarti ada sesuatu yang tidak normal.
 
6. Waktu menstruasi yang lama
Menstruasi yang berlangsung lebih dari seminggu termasuk tidak normal. Setiap bulannya, periode menstruasi Kamu seharusnya sama. Jika tiba-tiba lama menstruasi Kamu berubah, sebaiknya temui dokter untuk memeriksakan diri.
 
7. Waktu menstruasi tidak teratur
Menstruasi yang berlangsung acak atau tidak teratur, seperti terlalu dini atau terlalu terlambat merupakan gejala ketidakteraturan. Jika hal ini terjadi pada kamu, temui dokter untuk mengatasinya. 
 
8. Kista
Polycystic Ovarium Syndrome (PCOS) bisa ditandai denganmunculnya kista pada ovarium. Pertumbuhan kista dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur. Bahkan berisiko infertilitas bila tidak ditangani segera. Jika kamu melihat gejala-gejala yang tidak normal, seperti pertumbuhan rambut pada wajah, rambut rontok, depresi, atau berat badan naik, segera memeriksakan diri ke dokter.
 
Bagaimana Sahabat Hawa? adakah diantara ini yang kalian pernah alami. Semoga saja tidak yah. Namun jika terdapat ciri-ciri diatas ada baiknya kamu segera mengkonsultasikannya ke dokter. Semoga bermanfaat ya sahabat hawa…
Source : Team hawa via liputan6.com
Picture : Google
 

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Hawa Sahabat wanita Indonesia

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s