Gatal Pada Miss V Saat Menstruasi? Jangan Dibiarkan Ini Solusinya

Sahabat Hawa, pernahkah kamu merasakan ketidaknyamanan pada Miss V ditengah masa menstruasi, lembab, panas, bahkan sampai terasa gatal. Uh paling gak betah memang. Biasanya kita mensiasati dengan menganti pembalut. Tapi ada lho beberapa kasus yang masih saja menggatal meski pembalut telah diganti.

Kebanyakan gatal-gatal tersebut menyebabkan peradangan dan membuat daerah di sekitar selangkangan menjadi tak nyaman. Seringnya hal ini terjadi mungkin kerap kali diabaikan, padahal jika dibiarkan bisa berakibat buruk dan merusak kebaikan pada Miss V kita. Jika kamu sering mengalami hal ini, jangan khawatir. Ada beberapa cara mudah mengatasinya berikut ini, seperti dilansir oleh Boldsky (09/01).

1. Sering membersihkan daerah pribadi
Salah satu tips kesehatan yang paling ampuh untuk mencegah gatal dan munculnya ruam di sekitar miss V adalah dengan membersihkan daerah kewanitaan secara teratur dan lebih sering. Cuci dengan banyak air dan keringkan. Dengan begitu, ini akan mencegah munculnya bakteri dan kuman yang menyebabkan gatal-gatal dan infeksi di sekitar miss V. Selalu perhatikan kebersihan saat menstruasi agar miss V terasa nyaman.

2. Sering ganti pembalut
Ganti pembalut selama menstruasi lebih sering. Menggunakan pembalut atau kain terlalu lama, hingga delapan sampai sembilan jam, sangat tak sehat. Menggunakan pembalut dalam waktu yang lama biasanya menyebabkan infeksi atau kulit yang gatal-gatal. Untuk itu, lebih seringlah mengganti pembalut, terutama jika kamu tahu bahwa kulitmu sensitif dan mudah mengalami gatal-gatal.

hiv

3. Gunakan antiseptik
Ada banyak krim dan gel antiseptik yang baik dan tersedia di swalayan atau apotek. Kamu bisa menggunakannya untuk mencegah gatal-gatal dan infeksi. Jangan gunakan krim di miss V, namun hanya di sekitarnya saja. Selain itu, sebelum menggunakan krim dan gel tersebut sebaiknya berkonsultasilah pada dokter. Jangan gunakan krim atau gel pada daerah sensitif. Pertama, coba gunakan dulu pada tangan. Jika krim atau gel terasa aneh dan menyebabkan sensasi terbakar, sebaiknya jangan gunakan.

4. Gunakan pembalut berkualitas
Saat ini ada banyak jenis pembalut yang bisa digunakan wanita. Sesuaikan pembalut dengan keadaan. Wanita yang sering beraktivitas dan bergerak biasanya lebih berkemungkinan mengalami gatal-gatal karena gesekan pembalut dengan kulit mereka. Pastikan untuk memilih pembalut yang lembut dan ringan agar tidak melukai kulit.

5. Gunakan bedak
Kamu bisa menggunakan bedak sebelum menggunakan pembalut. Ini bisa membantu menjaga daerah miss V tetap kering. Salah satu cara untuk menghindari gatal-gatal dan infeksi adalah menjaga agar bagian kewanitaan tetap bersih dan kering sepanjang waktu. Gunakan bedak antiseptik dan bukannya bedak untuk kosmetik.

Nah, Sahabat Hawa Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya gatal-gatal dan infeksi pada daerah miss V saat menstruasi. Ingat untuk selalu menjaga daerah miss V agar tetap kering dan bersih saat datang bulan.

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Hawa Sahabat wanita Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s