Belum Kunjung Hamil? Kenali Sebab Ketidak Matangan Sel Telur

Sahabat Hawa, sebagai wanita salah satu tuntutan hidup seorang wanita adalah hamil dan menjadi seorang ibu. Meski tidak selalu pihak wanita yang bermasalah, ada beragam kemungkinan mengenai penyebab infertilitas dari organ reproduksi wanita yang perlu diketahui. Untuk memahami penyebab infertilitas, harus diawali dengan pemahaman mengenai proses kehamilan.
 
Bicara mengenai kehamilan, proses terjadinya kehamilan yang normal menuntut kondisi subur. Wanita yang subur umumnya memproduksi satu sel telur rutin setiap bulannya, selama masa subur. Kapan itu? Yaitu hari ke 12 hingga ke 16 dihitung mulai hari pertama siklus haid.
 
Sel telur yang matang akan dilepaskan dari indung telur untuk kemudian dibuahi oleh spermatozoa, setelah terjadi hubungan intim suami-istri tanpa alat kontrasepsi. Bagaimana jika setelahnya kehamilan tak jua kunjung berhasil? Salah satu kemungkinannya adalah adanya masalah kesuburan wanita akibat gagal matang sel telur. Berikut diantaranya penyebab kegagalan pembuahan pada Sel Telur antaranya : 
 
1. Gangguan tiroid, termasuk hipertiroid dan hipotiroid dapat menghambat ovulasi.
 
2. Sindrom ovari polisistik (polycystic ovarian syndrome/PCOS). Kondisi ini membuat indung telur kesulitan memproduksi sel telur. Hal ini membuat hormon tidak seimbang sehingga pelepasan sel telur terlambat, haid tidak teratur dan tentunya infertilitas. Sebagian besar kasus anovulasi disebabkan oleh PCOS yang umumnya bersifat turun temurun.
 
3. Endometriosis terjadi ketika jaringan yang biasanya tumbuh di rahim, kemudian tertanam dan tumbuh di bagian tubuh lain. Pertumbuhan jaringan tambahan dan operasi pengangkatannya dapat menyebabkan jaringan parut. Jaringan parut kemudian dapat menghalangi tabung saluran indung telur dan menghambat  terjadinya pembuahan sel telur oleh sperma.
 

 
4. Dan beberapa gangguan lain seperti, Merokok, Minum Alkohol, Obesitas, Terlalu Kurus, dan pola hidup yang tidak sehat. 
 
Ada Opsi-opsi penanganan yang bisa ditempuh oleh penderita PCOS adalah:
 
1. Mengubah gaya hidup. Penderita PCOS yang obesitas, bisa mulai untuk menurunkan berat badan. Lalu penderita PCOS perokok disarankan untuk berhenti, sebab wanita perokok punya kadar hormon androgen lebih tinggi dibanding wanita non-perokok.
 
2. Pembedahan. Pembedahan kecil yang disebut Laparoscopic Ovarian Drilling (LOD) menjadi opsi untuk menangani masalah kesuburan yang disebabkan PCOS.
 
3. Terapi hormon bisa dilakukan bagi penderita PCOS yang tidak ingin merencanakan kehamilan. Terapi ini bisa menormalkan siklus menstruasi, mencegah kanker uterus, pertumbuhan rambut yang berlebihan, munculnya jerawat, dan rontoknya rambut kepala.
 
Nah, Untuk mengetahui secara pasti mengenai penyebab ketidaksuburan, sebaiknya kamu dan pasangan berkonsultasi langsung pada dokter kandungan. Umumnya diperlukan tes kesuburan dari pasangan untuk memastikan penyebab kesulitan hamil. Konsultasi ke dokter biasanya dianjurkan setelah berhubungan seks secara teratur tanpa kontrasepsi selama setahun dan belum berhasil hamil.  
 
Source : Team Hawa
Pic : Google.com

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Hawa Sahabat wanita Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s