Menstuasi Tak Teratur? Yuk Coba Cara Jitu Ini Untuk Melancarkan

Menstruasi tidak teratur seringkali menjadi masalah yang sering membuat wanita pusing dan stres. Apalagi jika jadwal menstruasi tiba-tiba datang terlambat atau lebih cepat dari biasanya. Ada banyak penyebab jadwal menstruasi yang tidak teratur seperti gaya hidup yang tidak sehat, konsumsi obat-obatan tertentu, dan stres.

Lalu bagaimana caranya agar menstruasi bisa lebih teratur? Seperti yang dilansir dari girlscosmo.com, melakukan perubahan-perubahan kecil dalam pola makan dan pola hidup akan sangat mempengaruhi siklus menstruasi . Misalnya saja dengan tidak merokok, tidak minum minuman beralkohol, dan mengonsumsi makan makanan sehat. Kamu juga bisa mencoba enam cara di bawah ini untuk mendapatkan siklus menstruasi yang lebih teratur.

  1. Minum Segelas Air Jahe Hangat

Buat minuman jahe dari jahe bubuk untuk menormalkan siklus menstruasi Kamu. Campurkan 1 sdt jahe bubuk kering dengan segelas air hangat, lalu minum di pagi hari saat perut masih kosong.

  1. Minum Jus Seledri

Jus seledri ini bisa diminum untuk mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur. Minum jus seledri dua kali sehari. Kandungan yang ada di seledri bisa menstimulasi uterus dan membuat siklus menstruasi lebih lancar.

  1. Kompres dengan Air Hangat

Masukkan air hangat ke dalam botol, lalu kompres perutmu dengan botol yang sudah berisi air hangat tersebut. Kompres selama 10 hingga 15 menit, lakukan dua hingga tiga kali sehari.

Periods-health

  1. Olahraga

Lakukan olahraga kardio atau aerobik supaya siklus menstruasi tidak terlambat. Olahraga bisa meredakan stres dan merangsang keluarnya hormon endorfin dan mengurangi kadar estrogen dalam tubuh. Olahraga ini bisa membuat siklus menstruasi lebih lancar tanpa efek samping.

  1. Konsumsi Buah-Buahan Tertentu

Cara alami untuk mendapatkan siklus menstruasi yang teratur adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa menghasilkan panas tubuh. Umumnya adalah buah-buah tropis seperti buah nanas, pepaya, dan mangga.

Selain cara-cara di atas,ada juga sejumlah cara alami lain untuk mendapatkan siklus menstruasi yang lancar seperti minum teh parsley dan mengonsumsi buah serta sayur yang kaya akan vitamin C.

 Source : Team Hawaa via vemale.com

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Hawa Sahabat wanita Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s