Testpack 2 Garis Samar Jangan Cemas, Ini Penjelasan Secara Medisnya

Sahabat Hawa, Tidak mengalami menstruasi merupakan salah satu tanda awal bahwa kamu sedang hamil. Lalu, langkah selanjutnya, adalah  segera melakukan tes kehamilan. Beberapa tes kehamilan lebih akurat dan sensitif daripada yang lain. Satu garis berarti kamu tidak hamil, dan dua garis berarti hamil. Namun, tidak semua tes akan memberikan hasil yang jelas. Berikut adalah informasi yang berhasil team Hawa rangkum dari hellosehat.com dan consuland.info perihal arti dibalik 2 garis testpack kehamilan yang samar. 

Garis samar pada test pack yang berarti Kamu positif hamil

Jika kamu melakukan tes kehamilan sendiri di rumah dan hasilnya memperlihatkan hasil positif yang samar-samar, terdapat kemungkinan besar bahwa kamu hamil. Dalam kasus ini, garis hanya muncul secara samar mungkin karena kadar hormon kehamilanmu, atau human chorionic gonadotropin hormone (hCG), masih rendah.

Segera setelah hamil, tubuh akan segera memproduksi hCG. Kadar hormon ini akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Test pack dibuat untuk mendeteksi hormon hCG ini. Jika hormon hCG terdapat dalam urin , maka hasilnya akan positif. Jadi, perlu diingat, bahwa semakin banyak hormon hCG dalam tubuh, maka akan semakin jelas garis yang terlihat pada testpack. Beberapa wanita melakukan tes kehamilan pada usia kehamilan yang sangat awal. Pada waktu ini, walau hCG terdapat di urin, namun kadarnya tidaklah banyak. Hal inilah yang membuat garis yang muncul terlihat samar.

Garis samar pada test pack yang bukan tanda hamil

Mendapatkan hasil positif yang samar tidak selalu berarti kamu hamil. Kadang, garis positif yang muncul bukanlah garis positif yang sebenarnya, melainkan hanya sebuah garis penguapan atau garis evaporasi. Garis ini dapat muncul pada test pack ketika urin menguap dari stik testpack. Jika garis ini muncul pada hasil tes, kamu bisa saja salah mengartikannya. Akan sulit untuk membedakan apakah garis yang muncul merupakan hasil positif yang samar atau hanya merupakan garis evaporasi. Perbedaan utama dari keduanya adalah, garis evaporasi baru akan muncul beberapa menit setelah waktu yang ditentukan untuk membaca hasil tes.

Hasil Test pack Samar

Jika kamu melakukan tes sendiri di rumah, penting bagi untuk membacanya dengan hati-hati sesuai dengan petunjuk yang tertera. Jika membaca hasil dalam rentang waktu yang tertulis pada kemasan dan melihat hasil positif yang samar, maka kemungkinan besar hamil. Namun, jika kamu melewatkan waktu yang telah ditentukan untuk membaca hasil, maka garis samar yang muncur bisa jadi merupakan garis evaporasi, yang berarti kamu tidak hamil. 

Jika kamu bingung menentukannya, maka kamu dapat mengulangi tesnya. Jika memungkinkan, tunggulah selama dua hingga tiga hari sebelum kamu mengulanginya. Jeda waktu ini akan memberikan waktu bagi tubuh untuk memproduksi lebih banyak hormon kehamilan sehingga memberikan hasil yang lebih jelas jika kamu benar-benar hamil.

Melakukan tes kehamilan di pagi hari juga merupakan keputusan yang baik, karena semakin pekat urin, maka hasilnya akan semakin jelas. Pastikan Anda membaca hasilnya dalam rentang waktu yang tertera pada testpack.

Garis samar pada test pack yang artinya kamu hanya hamil secara kimia

Sayangnya, garis positif yang samar juga merupakan suatu tanda bahwa ksmu hanya hamil secara kimiawi, yang artinya kamu mungkin mengalami abortus atau keguguran dini. Pada kasus ini, telur yang telah dibuahi akan tertanam di rahim, hal inilah yang akan merangsang terbentuknya hormon kehamilan. Namun, tidak lama setelah tertanam di rahim, kamu mengalami keguguran.

Jika kamu melakukan tes kehamilan pada saat ini, maka hasilnya akan menunjukkan garis positif yang samar. Hal ini disebabkan karena hormon kehamilan masih tersisa dalam jumlah sedikit dalam tubuhmu. Kamu mungkin tidak akan mengalami gejala apa pun. Gejala yang mungkin terjadi hanyalah berupa perdarahan yang menyerupai siklus menstruasi, dan keram perut ringan. 

Hasil-Test-Pack-Samar-Apakah-Pertanda-Hamil

Perdarahan dapat terjadi di sekitar waktu menstruasi sehingga kamu tidak sadar bahwa kamu sebenarnya tengah mengalami keguguran. Namun, jika kamu melakukan tes ketika sedang mengalami perdarahan dan hasilnya merupakan garis positif samar, Ada kemungkinan kamu mengalami keguguran.

Yang harus kamu lakukan kalau test pack menunjukkan garis samar

Mengapa garis samar ini dapat terjadi? Berikut ini beberapa kemungkinannya:

  1. Uji dilakukan terlalu dini

Jika anda melakukan uji kehamilan pada 7-8hari setelah pembuahan atau sebelum masa haid berikutnya, yang berarti kadar HCG masih sangat rendah.

  1. Sensitifitas alat uji terlalu rendah
  2. Sampel urin terlalu encer

Urin dapat menjadi encer akibat seringnya berkemih atau tingginya volume cairan yang diminum. Urin yang baik adalah yg berada ditengah, jadi jika anda melakukan uji kehamilan keluarkan dulu sedikit lalu tampung yang dikeluarkan berikutnya.

  1. Hamil secara kimia

Ini berarti embrio memang telah tertanam pada rahim dan hCG diproduksi pada selang waktu yang singkat, namun diikuti dengan keguguran sebelum tanda (fisik) kehamilan dapat teramati.

  1. Gunakan urin pertama di pagi hari, apabila memungkinkan. hCG pada kondisi ini paling mudah dideteksi sebab kondisinya paling pekat (setelah tidur semalaman, atau sesuaikan dengan jam biologis anda).
  2. Jangan minum berlebihan sebelum uji dilakukan agar tidak memperbanyak volume urin dan mengencerkan konsentrasi hCG

(wajar-wajar saja, seperti minum di hari biasa lainnya).

  1. Bacalah petunjuk penggunaan secara menyeluruh (pastikan anda sudah baca dan paham semuanya) sebelum melakukan uji.
  2. Lakukan uji sesuai petunjuk.
  3. Beberapa obat mungkin dapat mempengaruhi hasil uji. Periksa peringatan yang tercantum/ disertakan pada kemasan. Jangan minum air

berlebihan saat akan melakukan pengujian dengan test pack, karena urin yang terlalu cair dapat mempengaruhi hasil yang akan didapat.Biasanya dalam waktu 1-3 menit, akan muncul satu atau dua garis. Satu garis berarti tes telah dilakukan dengan benar. DUA GARIS (Samar, merah muda sampai ungu tua) berarti Anda HAMIL. Jika tak ada satu garispun, ulangi pengujian dengan test pack baru.

Kehamilan adalah anugrah maka jagalah kehamilanmu dan syukuri segalanya. JANGAN PERNAH RAGU, jgn menyerah, berdoa dan teruslah berusaha. Jika kamu tidak yakin apakah garis positif samar yang muncul pada tes kehamilan memang merupakan hasil yang positif atau bukan, ulangi tes sekali lagi setelah beberapa hari atau berkonsultasilah pada dokter.

Dokter kandungan mungkin akan menyarankan pemeriksaan urin atau darah untukmu dan memberikan jawaban yang lebih pasti mengenai kondisimu yang sebenarnya..

Semoga saja hasilnya tidak mengecewakanmu ya. Terutama bagi kamu yang memang sedang menunggu kehamilan. Semoga berhasil ya sahabat Hawa, Yuk kita doakan bersama…

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Hawa Sahabat wanita Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s