Malas Ganti Pembalut, Yakin? Serem Ih Kalo Tau Bahayanya..

Sahabat Hawa, sebagai wanita tentu sudah menjadi hal yang biasa bagi kita bila menemui waktu menstruasi setiap bulannya diwaktu normal. Pada masa ini tentu pembalut sudah menjadi kebutuhan yang tak bisa terlepas dan jadi keutamaanmu sebelum memulai aktivitas. Nah, sayangnya seiring dengan banyaknya aktivitas padat yang kamu jalani seirng kali kamu malas atau lupa untuk mengganti pembalut. 

Pertama bisa jadi karena kamu merasa pembalut yang kamu pakai maish cukup kuat untuk menyerap darah, atau rasanya saking sibuknya kamu sampai lupa pergi ketoilet meski hanya untuk mengganti pembalut. Hm, sekali dua kali sih mungkin ini tak akan memberikan dampak apapun tapi perlu kamu tau. Ada banyak bahaya yang mengintaimu lho jika kamu malas melakukan hal pengting yang satu ini, Diantaranya :  

 
Iritasi

Area miss V sifatnya asam dengan kadar 4-4,5 pH. Sedangkan darah sifatnya basa. Nah, kalau kita menstruasi, darah yang keluar mengandung 7,3 – 7,4 Ph. Artinya, Ph Yang dikeluarkan bisa merusak kulit kita. Makanya kulit akan mudah iritasi saat menstruasi. Iritasi bisa berupa rasa gatal, perih, kulit merah, basah, berair dan bau enggak sedap 

Herpes

Bahaya lain yang bisa terjadi kalau kita malas ganti pembalut walau enggak penuh dan lebih dari 3 jam, bisa jadi kita kena penyakit herpes. Infeksi bakteri herpes paling cepat menyebar dan menyerang tubuh kita. Makanya, kita harus menjaga kebersihan area miss V saat menstruasi. Penyebab penyakit ini biasanya terjadi karena kelembaban area kulit miss V.

Toxic Schok Syndrome

TTS atau toxic shock syndrome biasanya diderita pemakai tampon. Tapi, seiring perkembangan jaman ternyata juga ditemukan sama cewek yang pakai pembalut. Infeksi ini terjadi karena kulit lembab dan iritasi lalu terjadi luka terbuka. Saat luka terbuka bakteri staphylococcus aureus dan streptococcus pyogenes masuk ke area luka. Ciri penderitanya disertai demam tinggi, nyeri otot dan lesu, diare, muntah, pusing sampai pingsan, luka dan ruam di area miss V, nyeri tenggorokan dan mata memerah.


Kanker Serviks

Banyak orang yang menyalahkan kualitas pembalut yang bisa menyebabkan kanker servik. Padahal, kanker servik enggak dipicu karena kualitas saja, tapi juga kebersihan area miss V. Efek telat ganti pembalut biasanya kita akan merasa lembab, gatal yang ujungnya keputihan hingga kanker servik. Pembalut yang enggak kita ganti biasanya ada microorganism Human Papiloma Virus (HPV) penyebab kanker servik. 

Ada 100 jenis HPV yang sudah diidentifikasi ilmuwan. Sebagian menginfeksi kulit dan menghasilkan kutil. Kutil merupakan tumor jinak yang bentuknya sepeti benjolan-benjolan kecil di sekitar miss V bagian luar dan dalam serta mulut anus.

Jamur

Selain virus HPV, sering lupa atau malas ganti pembalut bisa menyebabkan penyakit jamur candida albicans. Jamur ini menyebabkan keputihan pada wanita yang disertai rasa gatal yang cukup parah. Rasa gatal akibat infeksi jamur sangat mengganggu. Dan bila kita menggaruknya bisa menyebabkan iritasi atau infeksi serius.

Tuh, seremkan untuk itu yuk sebaiknya diawal hari menstruasi kgantilah pembalut 3-5 kali dalam 1 hari ditambah cuci miss.v dengan air mengalir agar kebersihan organ intimmu senantiasa terjaga dan terhindar dari berbagai bahaya seperti yang disebutkan diatas. Semoga bermanfaat yah..

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Hawa Sahabat wanita Indonesia

Satu pemikiran pada “Malas Ganti Pembalut, Yakin? Serem Ih Kalo Tau Bahayanya..

  1. Kalo aku sih pernah pakai popok sekali pakai saat mens merk mamy poko ukuran xl tipe perekat saat itu aku nyoba enak Gk y pas aku pakai popok nya aku taruh tengah cd ku dan aku pakai saat mLam hari ternyata pagi nya Gk bocor dan pipis juga bisa ke popok enak banget empuk gituu dan pagi nya saat aku sekolah aku coba sekali lagi dan bener Gk bocor sama sekali pas saya Kebelet pipis pas mau ke toilet penuh sya pipis aja ke popok dan saya ganti popok di saat itu ganti nya pas sepi toilet nya hihi hi ldan sampai besok nya udh pakai pembalut lagi

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s