Bayimu Usia 3 Bulan, Ini Tanda Perkembangan Baiknya

Sahabat Hawa, yang mungkin baru saja pertama kali memiliki anak.  Pasti banyak mencari tahu informasi tentang tumbuh kembang bayi mereka. Sudah bisa apa saja seharusnya bayi yang baru lahir? Bagaimana perkembangannya di bulan kedua dan ketiga? Tentu banyak hal yang jadi rasa penasaran para ibu baru ini. Nah, simak ulasan Hawa dalam pertumbuhan anak usia 3 bulan disini yuk…
 
Angkat Kepala dan Menengok

 
Di usia tiga bulan pertama, kebanyakan bayi sudah bisa mengangkat dan menggerakkan kepala mereka. Perkembangan motorik memang sedang berlangsung di masa-masa satu tahun pertama. Jika kamu meletakkan bayimu tengkurap di bulan pertama kelahirannya, maka dia bakal berusaha mengangkat kepalanya.
 
Membuka Tangan dan Menggesek
 

 
Tangan mungil bayi cenderung terkepal sepanjang sebulan setelah kelahirannya. Memasuki bulan kedua, baru mereka mulai membuka tangan, dan menggesekkannya tanpa arah. Di bulan ketiga, tangan mungil itu lebih banyak terbuka dan biasanya jadi mainan yang menarik. Tak jarang mereka pun mengisapnya.
 
Kontak Mata dan Mengenali Wajah

Penglihatan bayi mulai berfungsi dengan baik pada bulan-bulan ini. Setelah di bulan pertama mereka hanya bisa melihat benda dengan ukuran besar, di bulan kedua bayi mulai melakukan kontak mata dengan benar. Terkadang dia bakal memandangimu saat menyusu, diam sesaat, mempelajari wajah yang sedang dia lihat.
 
Tersenyum

Saat dia sedang memandangmu lekat, dan terdiam selama beberapa detik, biasanya bayi berusia dua bulan ini bakal tersenyum. So sweet! Kamu tak akan bisa menahan rasa bahagia saat bayimu mulai menggodamu dengan senyuman-senyumannya. Ini pasti bakal jadi momen yang bikin kamu makin semangat dan penasaran, kira-kira bisa apa lagi mereka keesokan harinya.
 
Pertama Kali Bersuara
Selain tersenyum, bayimu juga bakal mulai mengeluarkan suara-suara random dari mulutnya. Mereka lebih banyak menggumamkan bunyi vokal seperti ah, eh, atau oh. Gumamannya terdengar semakin keras, sebelum akhirnya mereka bisa tertawa juga. Sungguh momen yang makin hari makin membahagiakan bukan, ladies?
 
Well, di bulan ketiga, bayi semakin menyadari bahwa dia tak lagi berada dalam perut dan dibungkuk placenta lagi. Karena kamu sudah memenuhi semua kebutuhannya dengan konsisten, maka rasa percaya pun makin tumbuh. 
source : vemale.com

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Hawa Sahabat wanita Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s