Puasa? Waspadai Tanda Keputihan Tidak Normal Karena Hormon Tak Seimbang

Sahabat Hawa masalah keputihan adalah suatu hal yang sering dialami oleh organ intim wanita. Memang pada dasarnya cairan yang berasal dari vagina dan leher rahim ini memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh, dengan membantu mencegah infeksi pada Miss V. Keputihan yang normal ditunjukkan dengan warna lendir bening dan nggak berbau.

Untuk menjaga kesehatan area kewanitaan, kamu wajib tahu nih 5 tanda keputihan nggak yang nggak wajar ini. Waspada jika mengalami tanda-tanda ini, karena bisa menjadi gejala awal kanker serviks, lho. 

Berwarna Putih Keabuan

Ini merupakan infeksi ringan pada Miss V yang disebabkan oleh perkembangbiakan bakteri vaginosis. Gangguan kesehatan ini membuat keputihan berubah warna jadi abu-abu atau kuning, disertai dengan bau amis, gatal atau perih, kemerahan, dan bengkak pada organ intim. Penggunaan pakaian dalam yang nggak menyerap keringat dan terlalu ketat, bisa memicu lembap dan menjadi tempat tumbuhnya bakteri.

Berubah Kental dan Gatal

Tanda-tanda terkena infeksi jamur di Miss v ditandai dengan keluarnya keputihan kental berwarna putih, disertai dengan rasa gatal, bengkak, dan sakit di sekitar vulva atau bibir vagina. Selain itu, saat berhubungan seksual pun, organ intim akan terasa sakit. 


Hal ini dapat dicegah dengan menghindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat dan menyulitkan sirkulasi udara, seperti celana jins yang ketat. Mumpung memasuki Bulan Ramadan, coba deh ganti gaya berbusana dengan busana yang lebih longgar dan nyaman.Selain cara berpakaian, infeksi bakteri dan jamur dapat membuatmu merasa kurang nyaman dan terhambat aktivitasnya

Warna Kuning atau Kehijauan

Penyakit menular seksial ini disebabkan oleh Trichomonas vaginalis. Gangguan kesehatan ini menyebabkan keputihan jadi berwarna kuning atau kehijauan, timbul busa, dan bau tak sedap. Selain tanda-tanda fisik, penyakit ini ditandai dengan rasa gatal dan nyeri pada Miss v saat buang air kecil. Segera datang ke dokter untuk mendapatkan perawatan, agar infeksi nggak menyebar.

Disertai Cairan Licin Warna Biru

Ini bisa jadi pertanda infeksi virus herpes yang membutuhkan perawatan segera. Virus herpes dapat berkembang cepat, bahkan jika dibiarkan membutuhkan waktu lama untuk sembuh dan menyebabkan rasa sakit yang berlebihan.

Disertai Darah

Seringkali keputihan juga disertai dengan darah, yang menandakan waktu menstruasi yang akan segera datang. Tapi jika terlihat kental dan terjadi terus-menerus, bisa jadi ini tanda infeksi yang cukup serius. Mulai dari polip pada bagian leher rahim, infeksi yang menyebar ke bagian dalam organ intim, bahkan kanker.

Jangan abaikan kesehatan organ intim, dengan lebih memperhatikan tanda-tanda yang diberikan oleh tubuh

Sumber : vemale.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s