Menstruasi Suka Datang Terlambat Apa Sebabnya ?

Sahabat Hawa, sebagai wanita tentu menstruasi kerap kita alami setiap bulanya. Hal ini terjadi karena peluruhan dinding bagian dalam rahim. Ovarium secara teratur menghasilkan sel telur, yang mana jika tidak dibuahi akan memberikan sinyal pada rahim untuk memulai proses menstruasi tersebut. Jika ovarium terlambat menghasilkan sel telur maka akan terlambat pula sinyal yang dikirimkan ke rahim.

Sayang banyak diantara kita yang kerap menemui keterlambatan jadwal menstruasi yang menyebabkan sulitnya menentukan masa subur yang akan merepotkan untuk perencanaan kehamilan. Lalu mengapa bisa terjadi telat datang bulan? Apa penyebabnya? Berikut ini penjelasannya.

1.Masalah Psikis
Hal pertama yang kemungkinan besar bisa mengakibatkan seorang wanita terlambat datang bulan adalah karena faktor psikis. Banyak hal yang menyebabkan terjadinya stres, diantaranya tekanan lingkungan kerja, kelelahan, urusan rumah tangga, dan lain sebagainya. Stres akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang dihasilkan tubuh, yang menyebabkan terlambatnya ovulasi, pelepasan sel telur oleh ovarium.

2. Faktor Usia
Faktor penyebab terlambat datang bulan berikutnya bisa berupa faktor usia. Pada usia remaja tubuh mengalami banyak perubahan hormon, tubuh yang sedang menyesuaikan dengan hormon kewanitaan kadang akan menyebabkan telat datang bulan. Demikian juga pada usia 45-55 tahun atau awal menopause, tubuh kembali mengalami masa transisi yang juga akan menyebabkan haid kurang teratur. Setelah benar-benar mengalami menopause, wanita sama sekali tidak akan mengalami haid lagi karena ovarium sudah tidak menghasilkan sel telur.

3. Faktor PCO
Faktor PCO atau polycystic ovary adalah ketika tubuh wanita menghasilkan lebih banyak hormon pria Androgen-Testosteron daripada hormon wanita Estrogen dan Progesteron. Ini akan menyebabkan ovarium tidak mampu memproduksi sel telur yang sempurna, sehingga pelepasannya bukanlah ovulasi. Jika tidak terjadi ovulasi, maka tidak terjadi haid. Faktor PCO ini bisa menyebabkan tidak haid dalam waktu lama, bisa berbulan-bulan. Kabar buruknya adalah jika tidak terjadi ovulasi maka juga akan sulit mengalami kehamilan.

nhung-dau-hieu-nhan-biet-gan-bi-yeu-di
4. Faktor berat badan
Faktor berikutnya adalah berat badan. Berat badan yang tidak ideal, baik itu dibawah atau diatas berat badan ideal akan menyebabkan terlambat haid. Perubahan berat badan yang mendadak juga bisa menjadi penyebabnya. Berat tubuh dibawah ideal akan menyebabkan fungsi organ tubuh tidak maksimal, termasuk juga pada organ kewanitaan. Sedangkan jika berat badan terlalu ekstrim dibawah berat ideal, maka tidak akan terjadi ovulasi sama sekali. Hal ini mungkin karena tubuh memutuskan bahwa sedang tidak berada dalam kondisi ideal untuk memiliki keturunan.

5. Faktor Kelainan
Faktor kelainan ini terdiri dari 2 macam, yaitu kelainan anatomi dan non-anatomi. Untuk faktor kelainan anatomi misalnya seperti penyakit kista ovarium (kista indung telur), myoma uteri, dan juga kanker bisa membuat siklus haid terlambat atau tertunda. Sedangkan untuk faktor non-anatomi bisa berupa gangguan hormonal seperti yang tadi sudah dijelaskan. Faktor non-anatomi lain yang bisa menjadi penyebab terlambat datang bulan adalah penggunaan alat kontrasepsi yang mengakibatkan pembekuan darah.

Nah untuk mengatasi siklus datang bulan yang datang terlambat, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah tetap tenang dan jangan panik. Carilah pokok permasalahan mengapa knda bisa sampai telat haid. Hal pertama yang mungkin perlu kamu cek adalah apakah sedang berada dalam kondisi stres, tertekan, atau sekedar banyak pikiran?

Jangan lupa juga untuk konsumsi makanan sehat, perbanyak air putih dan rajin berolahraga. Jika ini masih terjadi, kau bisa konsultasikan kedokter untuk penanganana dan pengobatan lebih jauh. Semoga bermanfaat yah..

sumber : dedaunan.com

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Hawa Sahabat wanita Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s