Mudik Saat Hamil, Eits Pastikan Persiapkan Ini Dulu…

Sahabat Hawa, tanpa terasa bulan ramadhan memasuki minggu keduanya. Biasanya pada masa ini sudah banyak diantara kita yang mulai mempersiapkan mudik ke kampung halaman bersama keluarga. Mungkin mudik sebelumnya terasa biasa saja, tapi berbeda tentunya jika secara kebetulan tahun ini kamu sedang mengalami Kehamilan. 

Ya tentu bukan hal mudah bagi ibu hamil untuk melakukan perjalanan jauh dalam keadaan ini. Tapi tak enak juga tentunya jika harus melewatkan moment lebaran tanpa pulang kekampung halaman. Perlu diingar mudik dalam keadaan hamil punya banyak resiko dan segala keterbatasan. Apalagi jika kamu dan suami kebetulan memilih kendaraan umum sebagai transportasi utama kalian.  

Jika semua risiko, kendala, dan ketidaksempuraan sudah bisa kamu terima, maka bersiaplah untuk perjalanan menyenangkan dalam mudik. Agar lebih terasa nyaman, simak tips sederhana mudik kala hamil berikut:

1. Buat diri senyaman mungkin 
Bisa dengan penggunaan pakaian yang lebih longgar atau pun posisi duduk tertentu. Jika menggunakan bus usahakan duduk didekat jendela agar kamu lebih leluasa dalam menyenderkan kepala saat tertidur.

2. Bawalah benda yang membawa nyaman
Ibu hamil biasanya mudah lelah dan ingin memegang sesuatu yang empuk dan nyaman seperti berwujud bantal, kudapan, atau buku.  

3. Cari tahu di mana saja lokasi nyaman untuk beristirahat
Biasanya dalam jalur mudik yang dilalui ada banyak pos-pos atau rest area disepanjang jaan. Nah khusus bagi ibu hamil yang mudah buang air kecil usahakan untuk berkomunikasi dengan supir bus (jika bus) untuk melakukan pemberhentian. Namun lebih baik lagi jika kamu berpergian dengan moda transportasi yang menyediakan kamar kecil didalamnya. 

4. Ingatlah berbagai hal yang menghibur
Jika ada ingatan akan suatu momen bahagia/mengharukan, bisa kamu unggah ke ponsel dan lihatlah kenangan itu ketika perjalanan terasa buruk.

5. Bekerja sama dengan suami dan keluarga
Sebelum perjalanan dimulai, beri tahukan pada suami bahwa kamu memiliki kebutuhan yang tak biasa. Seperti butuh banyak ke toilet atau pun harus banyak berhenti karena mual. 

6. Mohon pengertian keluarga
Hamil bukan artinya egois, jadi kamu harus bicara dengan anggota keluarga yang lain soal kondisi kehamilan ini. Seperti meminta maaf jika ada kalanya kamu membutuhkan space yang lebih lebar karena ingin berselonjor kaki. 

7. Jangan Nekat
Dalam hal ini ada banyak hal yang harus dihindari oleh ibu hamil. Terutama mudik dengan sepeda motor. Nah jika memang hanya ini yang bisa dilakukan lebih baik ibu hamil mengalah dan berkomunikasi dengan keluarga di kampung melalui telfon. Tentu maereka akan mengerti karena ini demi keselamatan ibu dan sibayi dalam kandungan. 

Nah, sahabat Hawa semoga saja dengan adanya tips ini kamu dan suami bisa lebih mempertimbangkan perihal tersebut. Dan ingat jangan lupa untuk selalu berhati-hati yaah.. Semoga bermanfaat yaah..

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s