Catatan Mudik Bersama Bayi Dibawah Usia 1 Tahun

Lebaran tinggal menghitung hari lagi, persiapan mudik bagi kamu yang kembali kekampung halaman pasti sudah dilakukan. Khususnya bagi kamu yang punya pengalaman pertama mudik bersama sikecil yang baru saja lahir tentu ada banyak keperluan yang harus disiapkan secara matang-matang. 
 
Bayi yang cendrung masih sensitif pada keadaan diluar tentu butuh perhatian extra, jangan sampai agenda silaturahmi mu dengan keluarga mendadak kacau hanya karena si kecil bermasalah saat berada dalam perjalanan. Nah, untuk itu ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat mudik nanti. Mumpung masih persiapan simak tips berikut ini yuk…
 
Tips Dalam Kendaraan
 
Jika kamumenggunakan pesawat terbang, sebaiknya kamu menyusui bayi pada saat lepas landas maupun mendarat. Jika ia tertidur pada kedua waktu tersebut, tempelkan saja mulutnya ke payudaramu. 
 
Jika kamu bepergian dengan mobil, selalulah meletakkan bayi di baby car seat (jok khusus bayi) yang diletakkan di belakang jok supir dengan menghadap ke belakang. Dalam mobil, jangan meletakkan baby car seat di jok depan, walaupun mobil tersebut dilengkapi dengan kantung udara. Pastikan pula bahwa baby car seat terpasang dengan sempurna dan benar.
 

 
Apa Saja yang Harus di Bawa?
 
Berikut beberapa masukan mengenai perlengkapan yang sebaiknya kamu bawa serta. Sebagian merupakan keharusan dan sebagian lagi tergantung kepada jenis dan jauhnya perjalananmu..
1. Krim untuk ruam popok.
2. Tas atau kantong plastik untuk popok kotor.
3. Popok bersih secukupnya.
4. Parasetamol untuk bayi.
5. Topi pelindung matahari.
6. Krem pelindung matahari untuk bayi.
7. Pelindung kaca jendela.
8. Susu formula (jika kamu bukan ibu menyusui).
9. Termos kecil
10. Makanan bayi.
 
Dan keperluan lainnya mulai dari selimut, minyak telon, tissue basah, perlengkapan mandi, dan beberapa keperluan yang kamu rasa penting untuk si bayi. 
 
Catatan ! 
Hindarkan bayimu dari sengatan langsung matahari, terutama antara jam 11.00 – 15.00. Usahakan untuk membatasi aktivitas perjalananmu.  Jangan terlalu pakai wewangian menyengat apalagi jika mobil penuh sebaiknya kamu duduk dikursi belakang dengan ruang yang lebih luas dan hanya berdua dengan bayi agar kamu lebih leluasa dalam mengurusnya. Ingat bayi tidak mudah beradaptasi dengan suasana yang padat dan ribet. 

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Hawa Sahabat wanita Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s