Alasan Klise Wanita Jaman Sekarang Tak Mau Segera Menikah

Sahabat Hawa, dijaman sekarang kamu pasti menyadari banyaknya kalimat perbandingan menyoal perbedaan generasi jaman sekarang dan jaman sebelumnya yaitu yang dilalui oleh nenek juga orang tua kamu.

Jika diusia 25 tahun ‘dulu’ mugkin pada umumnya wanita sudah menikah dan punya 2-3 anak. Tapi saat ini masih banyak yang single dan enjoy menikmati karier tanpa ada gangguan atau nyinyiran dari lingkungan sekitar. 

Tapi saat ini usia 25 tahun dan sudah menikah, terkadang masih dianggap terlalu muda. Nggak heran mengapa banyak orangtua, tante dan nenek sering bertanya “Kapan nikah?”. Itu karena di zaman mereka, wanita di usiamu sudah punya suami dan bahkan anak dua. Tak usah jauh-jauh, bahkan beberapa teman sebayamu pun sudah seperti itu.

Dilansir dari  vemale.com  mengapa wanita masa kini sepertinya kesulitan mencari pasangan? Mungkin tiga alasan ini bisa mewakili pemikiran setiap wanita masa kini.

1. Kemandirian yang tinggi
Ada anggapan bahwa untuk menjadi bahagia, kamu tidak harus bersama seseorang. Inilah yang menjadikan banyak orang merasa baik-baik saja meski tanpa pasangan. Psikolog asal San Diego State University, Jean Twenge, meneliti bahwa generasi masa kini lebih mengutamakan kemandirian yang kuat, dan kebebasan melakukan apa yang mereka inginkan.

Padahal dalam pernikahan yang baik pun, penelitian menemukan bahwa pasangan suami-istri akan lebih bahagia dan punya umur lebih panjang karena ada ikatan emosional yang mendorong menjadi lebih baik.

wedding-planning-deadlines-0307-stocksy-main

2. Memikirkan banyak hal sebelum memilih
Helen Fisher dari Rutgers University menemukan bahwa konsep memilih pasangan pun bisa jadi sangat rumit. Wanita masa kini punya banyak pertimbangan sebelum memutuskan memilih pasangan. Tidak ada yang salah dengan ini, tentu kamu tidak ingin memilih sembarang pria. Tapi terkadang ini yang membuat cinta datang terlambat.

3. Pengertian menikah yang dalam
Generasi masa kini memaknai pernikahan begitu dalam sehingga memutuskan hanya akan menikah ketika menemukan soulmate, sosok yang membuat mereka jatuh cinta begitu dalam. Orang zaman dulu, hanya memilih sosok yang punya niat sama, mau membangun rumah tangga yang baik. Aziz Ansari dalam bukunya Modern Romance menyebut ini pernikahan jenis baru. Mereka khawatir tidak akan bahagia ketika cinta tidak benar-benar ada di antara keduanya.

Jadi, kira-kira alasan mana yang masih kamu pikirkan, single ? Memutuskan menikah memang tidak mudah, namun bukan berarti kamu tidak bisa membuka hati untuknya kan?

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Hawa Sahabat wanita Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s