Bisakah Langsung Hamil, Jika Seks 1 Hari Usai Menstruasi ?

Sahabat Hawa, untuk memperoleh kehamilan waktu terbaik untuk melakukan hubungan seksual memang ada pada 2 minggu setelah dan sebelum menstruasi atau tepatnya ketika kamu ada didalam masa subur. Biasanya diwaktu itulah pasangan akan gencar melakukan seks ketika wanita berovulasi (masa subur) guna memperoleh kehamilan.

Tapi, banyak juga yang menghindari seks tepat pada waktu sebelum dan setelah haid, karena masa-masa tersebut banyak orang menganggap bukan masa subur wanita.  Lalu yang jadi pertanyaan bisakah seorang wanita hamil jika melakukan seks 1 hari setelah menstruasinya selesai ? Dilansir dari hellosehat.com Yuk simak jawabannya di bawah ini 

Apakah hubungan seks setelah haid berisiko hamil?

Pembuahan dapat terjadi ketika sel telur bertemu  dengan sperma. Hal itu berarti sperma harus ada dalam saluran tuba falopi pada masa ovulasi wanita. Nah, ovulasi ini terjadi sekitar dua minggu sebelum dan sesudah Anda menstruasi. Masa itu berkisar antara 12 dan 16 hari sebelum atau juga setelah haid terakhir. Jika memang siklus haid Anda berkisar 28 hari dalam satu bulan, ya.

Bila Anda  bertanya apa benar seks setelah haid menyebabkan kehamilan? Jawabannya, melakukan seks setelah satu hari selesai haid, dapat menyebabkan kehamilan. Namun pada kenyataannya kemungkinan terjadinya kehamilan tersebut sangat rendah.

Pada saat haid, Anda akan melepaskan sel telur yang tidak terpakai, dan jika Anda melakukan hubungan seks setelah haid berakhir, pada masa itu, rahim Anda akan mempersiapkan lagi sel telur untuk dibuahi.

Nah, sifat sperma pada dasarnya dapat bertahan hidup di dalam rahim kurang lebih selama 5 hari. Jika memang Anda melakukan seks tepat sehari setelah haid berakhir, sperma yang terdapat pada vagina kemungkinan akan bertahan, mencari-cari tempat untuk singgah (sel telur maksudnya). Maka itu, ketika melakukan seks setelah haid  sperma masih akan hidup, dan jika sel telur siap dalam waktu berapa hari, hal tersebut dapat terjadi pembuahan.

Beberapa hal yang dapat terjadi jika berhubungan seks sehari setelah haid

ae8eb1b68b03765e7fe271b69ddd707c (1)

1. Asam vagina bisa mematikan sperma

Berhubungan seks setelah haid selesai nyatanya hanya membuat tubuh wanita mengalami kelelahan. Hal itu terjadi karena tubuh baru saja mengeluarkan darah selama beberapa hari penuh.  Setelah haid, vagina wanita akan mengeluarkan cairan asam basa akibat lepasnya sel telur. Zat asam basa ini pada dasarnya akan menggugurkan sperma yang masuk. Maka, masa sehari setelah haid, jarang dikatakan sebagai masa subur wanita.

Wanita juga lebih rentan terkena penyakit menular seksual saat berhubungan intim setelah menstruasi. Pasalnya, tingkat keasaman cairan vagina masih bersifat basa. Ini bisa menjadi pintu masuk bakteri jahat yang berpotensi menyebabkan infeksi.

2. Sperma kelelahan dan akhirnya gugur di dalam

Banyak faktor yang menyebabkan sperma mati sebelum bertemu ovum, bahkan jauh sebelum masuk ke rahim apalagi saluran telur. Meski kelenjar-kelenjar di tubuh wanita sudah turut membantu pergerakan sperma melalui produksi lendir (di vagina atau mulut rahim), tetap saja banyak sperma yang mati. Salah satu penyebabnya adalah kelelahan.

Mengapa demikian? Setelah haid, tubuh masih akan memproduksi sel telur untuk proses pembuahan. Proses tersebut bisa terjadi dari 1 hingga 12 hari kemudian, dan sperma bisa bertahan dalam rahim sekitar 5-7 hari. Besar kemungkinan, sel telur yang belum siap akan menyebabkan sperma kelelahan dan gugur di dalam.

Bagaimana, sudah cukup jelas bukan. Kesimpulanya kehamilan tetap bisa terjadi kok kapanpun selama kamu dan pasangan melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan pengaman. Jadi bagaimana jangan ada keraguan lagi ya untuk melakukan hubungan meskipun kamu baru saja menyelesaikan haid.. karena kemungkinan untuk hamil itu selalu ada. Semangat ya Sahabat Hawa..

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Hawa Sahabat wanita Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s