Trend Baru Manusia Buru Serangga Untuk Makanan, Mau Coba ?

Sahabat Hawa, ada banyak sumber makanan yang diciptakan Tuhan di mukabumi ini sebagai sumber makanan manusia. Kita mungkin selama ini hanya familiar dengan menu hewani seperti sapi, ikan, ayam atau mungkin babi. Tapi jangan salah belakangan ini tak cuman itu saja yang menjadi menu buruan manusia. Ada satu jenis hewan yang ikut dicari manusia sebagai menu makanan yaitu, Serangga.

Dilansir dari vemale.com, Bagi orang Indonesia, makan olahan serangga bukan lagi hal yang aneh. Di Jogja, belalang goreng cukup laris manis dijual. Di daerah Jawa Timur, saat musim penghujan, orang-orang mengumpulkan laron untuk dibuat rempeyek atau bothok.

Serangga merupakan sumber makanan yang populer dan kini mulai diterima. Memang, beberapa serangga bentuknya cukup menggelikan untuk dikonsumsi, tetapi serangga kaya akan nutrisi, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Woman Holding Grasshopper with Chopsticks
Woman Holding Grasshopper with Chopsticks — Image by © Photomorgana/Corbis

Belalang dan jangkrik

Ada sekitar 2000 jenis serangga yang bisa dimakan, namun belalang dan jangkrik adalah yang paling familiar dikonsumsi. Belalang dan jangkrik bisa digoreng, dipanggang, direbus atau ditumis.

Ulat sagu

Ulat sagu yang gemuk dan berjalan lambat ini konon sangat nikmat dimakan karena rasanya yang gurih dan berlemak. Ulat ini populer di Amerika Tengah, Malaysia dan Indonesia. Rasa ulat sagu yang sudah matang, mirip dengan bacon manis. Sementara itu yang mentah, rasanya sangat creamy.

Cacing

Negara-negara barat telah memanfaatkan protein cacing sebagai makanan burung dan hewan-hewan lainnya. Tapi bukan cuma hewan yang memakannya, karena manusia pun mulai menerima cacing sebagai sumber makanan yang bergizi. Nutrisi dalam cacing mirip dengan daging sapi, namun rasanya lebih mirip udang goreng.

Entomoaphagy merupakan istilah yang merujuk pada mengubah kebiasaan makan serangga sebagai sumber makanan alternatif bagi manusia. Nah, bagaimana menurutmu, apakah kamu tertarik mencoba memakan serangga-serangga ini?

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Hawa Sahabat wanita Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s