Resep Menu Mpasi Untuk Bayi Lebih Sehat dan Berisi

Sahabat Hawa, bagi setiap wanita yang baru melahirkan bayinya tentu informasi seputar asupan gizi menjadi hal penting yang diutamakan bagi sang buah hati. Tepatnya setelah bayi memasuki usia 6 bulan dan mulai diperbolehkan untuk mengonsumsi Makanan Pendamping ASI (MPASI). Nah dalam membuat MPASI yang sehat dan bertekstur lembut.

Penting bagi ibu untuk menghindari asupan garam dan gula terutama jika bayi masih kurang dari 1 tahun. Sayur, buah dan berbagai bahan makanan alami MPASI sebenarnya sudah mengandung garam dan gula alami di dalamnya. Well, bicara soal MPASI berikut Hawa berikan beberapa menu sehat yang bisa mencukupi kebutuhan menu sikecil. Diantaranya :

1. Pure Buah (Alpukat, Pepaya atau Pisang)

avocado-banana-puree

Resep MPASI ini selain sehat sangat mudah dibuat. Alpukat, pisang, pepaya dan buah lain yang memiliki rasa manis, tidak terlalu asam serta teksturnya yang lembut. Cara membuatnya sangat mudah. Kamu bisa mengupas buah seperti biasa, mengambil daging buah terbaiknya dan menghaluskannya dengan cara diblender atau sekedar di penyet-penyet di dalam mangkok lalu diberikan pada buah hati.

2. Bubur Jagung Manis

593x389_0008_shutterstock_292590350

Kemudian, bubur jagung manis. Jika ingin membuat, sebaiknya pilih jagung muda yang masih segar lalu serut bijinya. Blender hingga halus dan tambahkan sedikit air. Masak hingga bubur jagung mendidih dan matang. Tak perlu menambahkan gula atau garam karena rasa jagung sudah sangat lezat dan manis. Kalau ingin jagung berasa lebih segar dan nikmat, kamu bisa menambahkan air jeruk peras khusus buat bayi.

3. Nasi Tim Ikan Salmon

photo

Khusus untuk menu yang satu ini, bisa dibilang kebutuhan protein pada bayi akan sangat mencukupi. Ikan yang baik buat buah hati usia di bawah 1 tahun adalah ikan salmon. Ikan salmon bisa dibuat sebagai menu tambahan di nasi tim. Cara membuatnya cukup mudah. Siapkan 1 sdm beras merah, 2 potong fillet ikan salmon, segenggam bayam hijau dan sejumput kacang merah. Bersihkan semua bahan.

Rebus beras merah bersama ikan salmon hingga matang dan teksturnya lembut. Rebus daun bayang dan kacang merah hingga matang serta empuk. Jika semua bahan telah matang, blender semua bahan dengan ditambahkan sedikit air. Blender hingga halus lalu berikan untuk menu MPASI di pagi dan sore hari.

4. Nasi Tim Ayam

271-resep-nasi-ayam

Tak hanya Salmon, ayam juga bisa diolah sebagai nasi tim. Cara membuatnya juga tak kalah mudah. Siapkan 1 sdm beras merah, setengah gelas santan, sepotong daging dada ayam kampung, 1 buah wortel, kaldu ayam dan sejumput kacang merah. Masak beras merah bersama santan dan kaldu ayam hingga setengah matang. Masukkan wortel dan kacang merah. Masak semua bahan hingga matang dan empuk.

Jika sudah matang, angkat lalu tiriskan. Blender semua bahan hingga halus lalu saring dan berikan sebagai MPASI sehat buat buah hati.

Sahabat, itulah beberapa menu MPASI Pilihan Hawa yang bisa kamu coba dirumah untuk diberikan kepada sibuah hati. Sebagai tambahan untuk variasi kamu juga bisa menggantinya dengan kacang hijau, kentang, ubi, wortel, kacang merah dan beberapa variasi sayuran dan buah yang mengandung nutrisi baik untuk sikecil. Selamat mencoba, semoga bermanfaat yah..

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Hawa Sahabat wanita Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s