Makin Gemuk Saat Menstruasi ? Ini Penyebab dan Solusinya!

Sahabat Hawa, pernah merasa nggak sih saat menstruasi nafsu makan kamu semakin bertambah. Dan kamu merasa ada yang berbeda dari tubuhmu yaitu sedikit bertambah gemuk. Perasaanmu saja atau benarkah demikian `? Ternyata bukan hanya kamu yang merasakan, hal ini semakin nyata lho setelah Ilmuwan Anna Druet, mengatakan bahwa beberapa wanita mengalami retensi gas dan sembelit karena progesteron yang menghambat pencernaan saat menstruasi.

Apa penyebab bertambahnya berat badan saat menstruasi?

Sebenarnya tidak begitu jelas mengapa kamu jadi makin gemuk saat haid, tapi umumnya karena perubahan hormon sebelum, selama dan setelah menstruasi. Atau justru mengalami diare yang disebabkan oleh senyawa mirip hormon bernama prostaglandin yang membuat kram rahim saat menstruasi. Tapi tenang, bertambahnya berat badan ini seringkali hanya sementara. Terkadang hormon estrogen atau hormon stres kortisol juga dapat menyebabkan garam dan air ditahan di dalam tubuh sehingga kamu makin berat.

Bagaimana cara mencegahnya?

Tapi jika kamu tak ingin makin berat selama menstruasi, cara mengatasinya adalah dengan makan sehat dan olahraga.

  • Yogurt atau kefir: Bakteri baik akan membantu pencernaan lancar dan mencegah kembung, sembelit atau diare. 
  • Bayam: Makan lah makanan tinggi magnesium seperti bayam karena bisa membantu meregangkan otot tegang dan meredakan kram otot selama menstruasi.
  • Cokelat: Makanan enak ini juga tinggi magnesium dengan jumlah 176 gr per 100 gr-nya. Bukan hanya bisa membuat otot rileks, tapi juga membantu membuat suasana hatimu tetap bahagia.
  • Air putih: Cukupi kebutuhan cairan tubuh, karena tubuh dehidrasi bisa memperparah kram. Minum air putih hangat di pagi hari dan selama menstruasi untuk mencegah kram.

Jadi jangan kaget ketika kamu menimbang berat badan saat menstruasi dan mengetahui berat badanmu jadi naik 2-3 kg, karena itu efek hormonal. Tapi kamu tetap bisa mengatasinya kok . Semoga bermanfaat..

Sumber : Vemale.com

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Hawa Sahabat wanita Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s