Hubungan Seks Setelah Keguguran, Kapan Sebaiknya Dilakukan ?

Kehilangan buah hati yang diharapkan oleh sebab keguguran memang suatu hal yang menyakitkan dan menganggu psikologi terutama bagi kaum perempuan. Emosi kesedihan bercampur pasca merasa kehilangan calon bayi sekaligus perasaan bersalah, ketakutan dan kemarahan. Setelah melewati masa tersebut kamu pasti ingin memulai penyembuhan dengan kembali berhubungan seks dengan pasangan agar kembali menghasilkan kehamilan. Namun binggung kapan harus melakukannya..

Banyak yang menanyakan, kapan waktu yang tepat untuk kembali berhubungan seks kembali pasca keguguran ? Beberapa dokter mungkin pernah menyarankan pada beberapa wanita yang pernah mengalami keguguran untuk kembali mencoba hamil setelah dua atau tiga bulan setelahnya. Namun, secara jelas saran ini dipatahkan dengan adanya penelitian bahwa tidak ada manfaat yang diketahui jelas selama menunggu sampai jangka waktu ini. Sebaliknya, ada beberapa masalah lain yang harus dipertimbangkan.

bigstock-Sad-woman-hugging-her-husband-30688547-800x450

Menurut International Society for Sexual Medicine, rahim dan leher rahim tetap membesar setelah mengalami keguguran. Kondisi ini membuat tubuh ibu lebih rentan terhadap infeksi. Untuk itu, disarankan seorang wanita menunggu sampai seluruh perdarahan terkait keguguran berhenti, ditulis dari Romper.

Jangka waktunya kira-kira dua minggu, sebelum melakukan hubungan seks lagi. Dari penelitian, sebanyak 8 persen dan 20 persen kehamilan mengakibatkan keguguran. Perlu dicatat, pengalaman mengalami keguguran bukan berarti memupuskan untuk memiliki momongan. Dalam suatu kesempatan Dr Jani Jansen dari Mayo Clinic, “Jika seorang wanita pernah mengalami satu keguguran, kemungkinan besar ia akan memiliki kehamilan yang sukses seperti wanita lain pada umumnya.”

Bagaimana Sahabat, apakah kamu masih menkhawatirkan kondisimu pasca melahirkan. Jangan khawatir ya dengan berdoa dan berusaha kamu akan kembali lagi mengalami kehamilan bahkan yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Soa hubungan seks, tak perlu dipaksakan lakukanlah ketika dirimu benar-benar siap secara seksual dan emosional untuk melakukannya. Karena dengan pikiran dan tubuh yang sehat maka kamu bisa dengan mudah memperoleh kehamilan. Semoga bermanfaat. 

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Hawa Sahabat wanita Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s