5 Tips Menolak Cinta Tanpa Membuat ‘Si Dia’ Terluka

Sahabat Hawa, jatuh cinta adalah hal lumrah yang dialami oleh manusia. Bahagia memang rasnya jika cinta yang kita rasakan jatuh pada orang yang tepat sehingga rasa itupun berbalas dan berlanjut menjadi untaian kasih yang berujung pada tali asmara. Sayangnya, tidak semua orang merasakan hal yang sama. Banyak orang yang memendam cinta kepada orang lain namun ketika ia mencoba mengungkapkan perasaan itu nyatanya bertepuk sebelah tangan atau tak terbalaskan.

Bukan bahagia, sakit hatipun akhirnya harus ditelan paksa. Sahabat, peru diingat cinta itu tidak hadir secara tiba-tiba tapi harus dipupuk seiring dengan waktu yang berjalan. Rasa terpikat pada seseorang pada pertama kali kita memandangnya hanya dapat diartikan sebagai rasa suka atau kagum. Nah, untuk mencegah datangnya cinta yang terlalu dari seorang yang kagum akan dirimu tapi disatu sisi kamu tak bisa membalasnya.

Ada baikya kamu melakukan beberapa tips dibawah ini, agar rasa suka tak terlajur tumbuh menjadi rasa cinta yang pada akhirnya justru berakhir luka. Seperti apa ini dia …

1. Persiapkan Diri

Ketika ada seseorang yang menyatakan perasaan cinta padamu tapi kamu tidak tertarik atau masih fokus dengan urusan lainnya dalam hidup, kamu bisa menolaknya dengan baik-baik agar tidak menimbulkan rasa sakit hati. Dan saat kamu memilih untuk menolaknya kamu harus mempersiapkan segala sesuatu yang tidak terduga yang mungkin saja dilakukannya. Sebab perasaan yang ditolak akan membuat perasaan seseorang sakit dan hancur. Biarkan semuanya mengalir dengan apa adanya ketika itu, biarkanlah dia menyampaikan semua isi hatinya. Ia akan merasa lebih baik setelah mengeluarkan apa yang ia pendam selama ini.

2. Jangan Menunda Waktu Untuk Mengatakannya

Menunda-nunda mengatakannya untuk mencari waktu yang tepat adalah kesalahan. Menunda-nunda bukanlah cara terbaik untuk mengungkapkannya. Alangkah lebih baik jika kamu mengungkapkannya secara langsung. Bahkan secepat mungkin ketika sidia mulai menunjukan gerak-gerik rasa suka kepadamu. Seperti ketika ia bertanya apakah kamu sudah punya pasangan, jawab saja dengan jujur. Dan jik belum tapi kamu tak merasa tertarik katakan. “Belum punya sih, tapi saya sedang ingin fokus sekolah dah tak mau pikirkan hal itu dulu,”

Ingat Semakin kamu menunda-nunda maka semakin sulit untuk melakukannya. Ia mungkin akan merasa perasaan cintanya digantung.

15

3. Jangan Takut Oleh Rasa Gugup

Saat menolak seseorang, kamu mungkin akan merasa gugup. Rasa gugup tersebut mungkin akan membuat  kamu takut. Gugup saat menolak seseorang itu adalah hal normal. Jangan takut karena anda gugup, segeralah lakukan sebelum ia merasa lebih sakit hati.

4. Lakukan Secara Langsung

Dari pada lewat telfon atau sms, lebih baik katakan saja secara langsung. Dengan begitu juga kamu akan terhindar dari kesalah pahaman dalam berkata-kata. Mengatakannya secara langsung berarti itu tandanya anda menghargai dirinya. Ia pun akan tahu bahwa kamu serius dengan melihat langsung dari ekspresi kamu.

5. Tolak Secara Halus & Jangan Beri Harapan Palsu

Apapun itu alasannya, jangan sampai anda ungkapkan alasan mengapa anda menolaknya karena itu bisa saja menyakiti perasaannya. Ungkapkan penolakan yang akan anda lakukan dengan kata kata yang halus, sikap yang baik dan senyum yang ramah. Ingat jangan pula kamu menunda-nunda hanya karena takut merugi akibat menolaknya. Jik kamu tak suka katakan saja, memberikan harapan palsu justru malah akan menyakiti perasaanya melebihi apa yang ia rasakan kepadamu. Justru perasaan bersalah itunya yang nanti akan membebani pikiranmu. 

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Hawa Sahabat wanita Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s