Gejala Kehamilan, Usai Berhubungan Intim Yang Mudah Dirasakan

Siapa sih yang nggak menunggu kabar kehamilan, khususnya bagi kamu pasangan yang memang sedang menanti buah hati. Usai berhubungan intim, kabar yang paling kamu nanti adalah terjadinya kehamilan. Memang  perlu waktu beberapa hari atau minggu untuk melihat jelas penampakan pada gejala kehamilan tersebut. Tapi sebelum menggunakan testpack, tanda-tanda kehamilan biasanya sudah bisa terlihat dalam diri kita. Berikut beberapa gejalanya…

Kapan gejala hamil bisa terjadi setelah berhubungan intim?

Setiap orang punya gejala hamil yang berbeda-beda tergantung dari sensivitas tubuh setiap individual tersebut.  Ya, tiap individu mungkin akan mengalami hal ini pada waktu yang berbeda-beda. Bahkan gejala kehamilan yang terjadi pun bisa berbeda-beda antar wanita maupun antar kehamilan. Tak jarang, beberapa wanita juga ada yang tidak merasakan gejala apapun, sehingga ia tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil.

Diantara beberapa gejala kehamilan, yang paling umum dialami oleh wanita kebanyakan adalah gejala morning sickness, kelelahan, perubahan suasana hati, muntah, mual, payudara terasa penuh dan lebih sensitif, dan tentunya telat menstruasi. Gejala-gejala kehamilan ini bisa terjadi pada wanita selama lima atau enam minggu pertama kehamilan. Sekitar dua minggu sejak kamu telat menstruasi atau enam minggu sejak kamu mengalami menstruasi terakhir.

 meski gejala seperti, mual, muntah, pusing, kram perut, atau gejala mirip kehamilan lainnya yang terjadi setelah kamu berhubungan intim. Tapi, ini tidak selalu berarti kamu benar-benar hamil. Hal ini bisa saja terjadi disebabkan oleh hal lain selain kehamilan.

Untuk mengetahui bahwa kamu benar-benar sedang hamil atau tidak, cara terbaik adalah dengan melakukan tes kehamilan yang bisa kamu beli di apotek. Walaupun, begitu kamu harus menunggu beberapa waktu sampai melewatkan periode menstruasi  berikutnya untuk mendapatkan hasil yang paling akurat. Tes kehamilan ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah dengan test pack atau memeriksakan diri ke dokter.

313508_0

Gejala kehamilan yang paling banyak ditemui

1. Bercak darah atau kram perut

Beberapa hari setelah kamu melakukan hubungan intim, kamu mungkin menemukan bercak darah di celana atau mengalami kram perut sebagai gejala awal kehamilan. Bercak darah atau kram perut ini bisa terjadi karena telur yang sudah dibuahi sperma melakukan penempelan pada dinding rahim, disebut juga sebagai pendarahan implantasi. Hal ini bisa terjadi pada enam sampai dua belas hari setelah telur dibuahi. Selain bercak darah atau kram perut, keputihan dalam jumlah berlebih juga bisa terjadi. Hal ini karena terjadi penebalan dinding vagina. Sering kali kebanyakan ini dianggap sebagai proses menstruasi.

2. Terlambat menstruasi

Ini merupakan gejala kehamilan yang paling jelas dan dapat dengan mudah diduga sebagai tanda kehamilan. Namun, tidak semuanya adalah gejala dari kehamilan. Bahkan, kamu  masih bisa mengalami menstruasi saat kehamilan. Jadi, sebenarnya ini bukan merupakan patokan yang tepat untuk menentukan kamu hamil atau tidak. Untuk memastikannya, sebaiknya lakukan tes kehamilan setelah mendapatkan telat menstruasi.

3. Perubahan payudara

Diawal proses terjadinya kehamilan ,bahkan saat telur dibuahi oleh sperma, hormon-hormon di tubuhmu bisa langsung mengalami perubahan. Hal ini juga menyebabkan perubahan pada payudara.  Diataranya payudara terasa lebih sensitif, terasa nyeri, terasa penuh, dan lebih besar pada satu minggu atau dua minggu sejak pembuahan.

4. Kelelahan

Suatu hal yang wajar terjadi jika kamu merasa kelelahan. Di minggu-minggu awal kehamilan, bahkan satu minggu setelah pembuahan, ibu hamil dapat mengalami kelelahan. Hal ini bisa terjadi karena ada peningkatan hormon progesteron pada tubuh ibu hamil. Selain itu, penurunan kadar gula darah, penurunan tekanan darah, dan produksi darah yang lebih dari biasanya juga dapat menyebabkan kelelahan.

5. Morning sickness

Mual muntah diawal kehamilan biasanya terjadi pada pagi hari. Meski tidak semua wanita hamil mengalami situasi ini, namun ini bisa terjadi lantaran pengaruh hormon yang membuat perut kosong menjadi lebih lambat dari biasnya. Itula beberapa gejala kehamilan yang bisa kamu ketahui beberapa saat setelah hubungan seksual.  Meski begitu perlu diingat kamu harus sabar menunggu beberapa hari setelah jadwal menstruasi terakhirmu jika ingin tau lebih tepatnya.  Jangan berputus asa ya Sahabat Hawa, tetap semangat dan berpikir positif. Semoga bermanfaat.

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Hawa Sahabat wanita Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s