Rencanakan Kehamilan,Ayo Perbanyak Konsumsi Makanan Ini

Sahabat Hawa, penting bagi kamu yang saat ini sedang merencanakan kehamilan atau dalam masa kehamilan untuk mempersiapkan kesehatan bagi bayi yang nanti akan dilahirkan. Pada wanita sangat dianjurkan bagi kita agar selalu mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat, karena zat yang disebut juga sebagai vitamin B9 ini memiliki manfaat yang sangat penting, secara garis besar fungsi asam folat antara lain:

– Bekerja sama dengan vitamin B12 untuk membentuk sel darah merah yang sehat. Regenerasi sel-sel tubuh yang rusak.

– Membantu mengurangi risiko cacat sistem saraf pusat seperti spina bifida pada bayi yang belum lahir, makanya asam folat penting untuk ibu hamil guna mencegah kecacatan lahir.

Untuk mendapakan hal tersebut sebaiknya, kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat tinggi didalamnya. Diantaranya :

Bayam

Bayam

Sayuran berdaun hijau yang satu ini sangat mudah kita temukan di pasar sayuran, bayam yang terkenal kaya akan zat besi ini juga merupakan sumber asam folat yang baik. National Institutes of Health mencatat bahwa 1/2 cangkir bayam mengandung 100 mcg asam folat.

Brokoli

194014-fakta-brokoli

Brokoli juga merupakan sayuran yang sering kita temukan, namun tahukah anda dalam 100 gram brokoli mengadung 70 mikrogram asam folat, memang jumlahnya tak begitu banyak tapi cukup lumayan sebagai sumber alternatif.

Kubis atau Kol

8-manfaat-kubis-yang-tak-diketahui

Kandungan asam folat dalam kubis atau kol lebih tinggi dibandig brokoli, yakni dalam setiap 100 gram kubis mengandung 97 mikrogram asam folat.

Pisang

ilustrasi-buah-pisang

Pisang merupakan sumber dari banyak vitamin esensial dan mineral, termasuk asam folat. Asam folat ditemukan secara alami dalam buah pisang ini yang dikenal sebagai folat. Pisang memang bukan sumber asam folat yang utama, tetapi dianggap sebagai sumber yang baik.

Satu pisang ukuran sedang mengandung 24 mcg asam folat, atau 6 persen dari nilai harian yang direkomendasikan. Mengonsumsi lebih dari satu buah pisang setiap hari akan menyediakan sumber asam folat yang signifikan. Selain itu, pisang merupakan sumber vitamin B, vitamin A, vitamin C, kalsium, magnesium, mineral penting kalium dan lainnya.

Alpukat

manfaat buah alpukat

Alpukat yang seringkali dikonsumsi dalam bentuk jus, selain rasanya yang enak ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung asam folat sebanyak 90 mcg percangkirnya. Selain itu, alpukat juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan, dan merupakan sumber vitamin K dan asam lemak.

Sahabat itulah beberapa buah dan sayur yang mengandung asam folat tinggi dan diperlukan saat merencanakan kehamilan dan kelahiran. Sebagai tips tambahan selain dimasak makanan tersebut juga bisa kamu oleh sebagai jus dengan cara di mix beberapa campuran buah lain. Dengan begitu nutrisipun tercukupi dan kesempatanmu untuk mendapatkan kehamilan sehat kian besar. Selain itu jangan lupa untuk selalu berdoa dan menyerahkan pada yang Maha Kuasa ya, semoga bermanfaat Sahabat Hawa..

sumber : mediskus.com

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Hawa Sahabat wanita Indonesia

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s