Memijat Bayi, Perlu dan Baikah Untuk Tumbuh Kembangnya ?

Sahabat Hawa, bagi kamu yang sedang memiliki bayi pasti akrab dengan keinginan untuk memijat tubuh bayi yang mungkin disarankan oleh orang tua. Biasanya hal ini terjadi usai bayi jatuh atau setelah beberapa waktu si bayi terlalu banyak digendong usai melakukan perjalanan jauh contohnya. Tubuh bayi pada dasarnya memang masih lunak dan belum sekuat orang dewasa. Namun jika harus memijitnya apakah baik untuk tumbuh kembang bayi ?

Dilansir dari vemale.com memberikan pijatan pada bayi sebenarnya bukan suatu keharusan. Tapi semua kembali pada pilihan orang tua masing-masing. Dan sebenarnya bila dilakukan dengan benar, pijatan bisa memberi manfaat yang cukup luar biasa untuk bayi.

Blog-Baby-Massage-Feature-photo-740x347
Bayi Sebaiknya Dipijat Orang Tuanya Sendiri
Idealnya bayi dipijat oleh orang tuanya sendiri. Ketika orang tua memijat buah hatinya sendiri, momen ini bisa jadi waktu yang tepat untuk membangun kedekatan antar anak dan orang tua. Jadi sebenarnya tak perlu ke dukun bayi. Tapi kalau orang tua masih belum yakin atau tak tahu cara memberi pijatan yang aman pada bayi, tak ada salahnya untuk meminta bantuan dan bimbingan dari yang lebih ahli.

Bila Dilakukan dengan Benar, Pijatan Bisa Memberi Banyak Manfaat
Seperti yang dilansir oleh boldsky.com, pijatan bisa memberi banyak manfaat pada tubuh bayi. Mulai dari membuat bayi lebih rileks, membantunya tidur lebih nyenyak, dan memperlancar sirkulasi darahnya. Hanya saja memang butuh penelitian lebih lanjut soal manfaat-manfaat tersebut.

Memijat bayi harus dengan gerakan yang lembut. Jangan menekan atau memijat terlalu keras karena kulit dan tubuhnya yang masih belum berkembang sempurna. Dan pastikan juga tangan kita dalam keadaan bersih ketika memijat si kecil.

download

Jangan Menggunakan Sembarang Minyak untuk Memijat Bayi
Orang dewasa dipijat dengan bantuan minyak kelapa mungkin tak masalah. Tapi kalau untuk bayi, nggak bisa sembarangan menggunakan minyak. Pilih baby oil yang cocok untuk jenis kulit bayi. Saat memijat, perhatikan juga reaksi bayi. Kalau terlihat makin rewel dan nggak bisa tenang, perlu lebih diperhatikan soal minyak yang digunakan.

Perlu tidaknya bayi dipijat juga tergantung dari kondisi bayi. Ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu untuk memastikan aman tidaknya si kecil mendapat pijatan secara rutin.

Baca tips kehamilan dan cerita wanita lainnya di Aplikasi Hawa! Ayo download aplikasi Hawa di Google Play sekarang!

1Kalender-Pintar_600-x-600 (1)

Hawa Sahabat wanita Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s